ZonaSyariah – Salah satu bulan yang ditunggu oleh umat Islam di dunia adalah bulan Ramadhan. Pada bulan penuh berkah tersebut, juga akan dilakukan peribadahan khusus yang telah dikenal oleh banyak orang. Ibadah yang dimaksud di dalam pembahasan ini adalah ibadah puasa. Selama satu bulan penuh, umat Islam akan melakukan ritual tersebut dengan beragam cerita dan persiapan di baliknya. Lalu bagaimana bacaan doa keramas mau puasa yang biasa dipanjatkan?

Ritual Ibadah Puasa yang Dilakukan Oleh Umat Islam

Jika diartikan secara umum, maka puasa dapat diibaratkan sebagai bentuk menahan diri dari makanan maupun minuman dalam kurun waktu tertentu selama 1 hari. Tak hanya makan dan minum saja, orang yang berpuasa juga tidak diperkenankan melanggar ketentuan yang membatalkan puasa. Waktu untuk melakukan ritual ibadah ini sendiri adalah dari mulai terbitnya sang fajar hingga terbenamnya matahari.

Pada setiap daerah juga akan memiliki waktu yang berbeda dalam melakukan puasa. Namun secara umum ibadah tersebut akan dilakukan sekitar 14 jam di Indonesia. Hal ini dikarenakan waktu terbit dan terbenamnya matahari di daerah Indonesia relatif sama sepanjang tahun. Sementara di negara dengan 4 musim, muslim di daerah tersebut dapat berpuasa hingga 18 jam selama 1 hari karena waktu siang yang lebih lama daripada negara Indonesia.

Tata Cara untuk Melakukan Keramas Sebelum Berpuasa

Agenda keramas disertai dengan doa keramas mau puasa adalah salah satu hal yang akan dilakukan oleh umat Islam. Tentu saja hal tersebut juga harus dilakukan dengan tata cara tertentu. Tata cara ini juga cenderung mirip dengan tata cara mandi wajib yang lainnya. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan berniat terlebih dahulu selayaknya jenis peribadatan yang lainnya.

Barulah kemudian, membasuh tubuh secara keseluruhan dengan menggunakan air. Pilihan waktu dalam melakukan salah satu peribadahan ini adalah menjelang bulan Ramadhan. Misalnya adalah pada sore atau malam hari saat akan berpuasa Ramadhan keesokan harinya. Dengan ritus ibadah ini juga menggambarkan upaya seorang muslim dalam mensucikan dirinya untuk menyambut ibadah puasa yang akan dilakukan.

Baca Juga:   Tata Cara Sholat Jenazah Disertai Doa untuk Mayit Laki Laki dan Keutamaannya

Doa yang Dipanjatkan Sebelum Melakukan Keramas

Doa keramas mau puasa tentu juga layak untuk kamu ketahui sebelumnya. Dengan doa yang dipanjatkan dengan niat yang mendalam tentu diharapkan akan memberikan banyak kebaikan setelahnya. Niat sendiri adalah suatu hal yang biasa dilakukan oleh seorang muslim dalam melakukan peribadatan tertentu. Mulai dari ibadah wajib seperti sholat dan puasa di bulan Ramadhan. Setelah melakukan keramas ini, kamu pun dapat menjalankan ibadah yang lainnya.

Niat yang dipanjatkan sebelum melakukan keramas ini adalah, “Nawaitu guslal lidhukullissyiami romdhoona hadihisanati sunatallillahi ta’ala.” Doa atau niat ini sendiri dapat diartikan berupa, “Aku berniat mandi sunah bulan Ramadhan karena Allah Ta’ala”. Dengan keramas yang dilakukan ini tentu akan membantu tubuh terhindar dari adanya najis yang masih melekat. Dengan doa keramas mau puasa ini, kamu dapat melakukan tata cara yang selanjutnya.

Jika dikulik lebih dalam, terdapat berbagai hal yang dapat kamu persiapkan saat hendak memasuki bulan Ramadhan. Salah satunya adalah dengan melakukan ibadah berupa membersihkan diri untuk menyambut bulan suci tersebut. Namun tentu saja, bentuk ibadah kepada Sang Pencipta ini juga harus diiringi dengan niat yang ikhlas. Tak hanya itu, tata cara yang benar tentu akan menjadi salah satu hal yang layak untuk kamu perhatikan dalam melakukan hal ini.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.