Doa untuk pengantin baru sejatinya menjadi hal yang paling penting tatkala sedang mengunjunginya. Karena dengan mendoakan kebaikan kepada pengantin, maka kebaikan tersebut juga akan kembali kepada yang mendoakan. Tidak hanya doa, harus pula memperhatikan adab saat mengunjungi pengantin baru. Berikut adab dan doa yang harus diketahui.

Adab-adab Mengunjungi Dan Doa untuk Orang Yang Baru Menikah

1. Tidak Membedakan Kasta

Ketika hendak menghadiri sebuah pernikahan tidak terlalu fokus kepada siapa yang mengundang. Selama undangan tersebut tidak menyalahi kaidah syariat agama, maka seorang muslim wajib untuk menghadiri sebuah walimah atau resepsi pernikahan. Sangat dilarang dalam agama untuk membedakan kaya atau miskin, karena termasuk bagian dari orang-orang yang sombong.

Dengan berniat untuk memenuhi undangan pernikahan maka itu lebih baik. Daripada memilih-memilih pernikahan mana yang harus dihadiri. Hukum dari menghadiri sebuah pernikahan adalah wajib. Selama pernikahan tersebut bebas dari perkara-perkara yang mengandung maksiat tanpa melihat orang yang mengundang berasal dari keluarga kaya atau miskin.

2. Datang Tanpa Menunda

Datang tanpa menunda termasuk dari adab yang harus dilakukan selain mengirimkan doa untuk pengantin baru. Sebuah walimah atau resepsi pernikahan hukumnya wajib untuk dihadiri tanpa menunda-nunda, apalagi ditunda untuk hal-hal yang sama sekali tidak mendatangkan manfaat.

Rasulullah juga sudah bersabda bahwa jika seseorang diundang, maka hendaklah untuk segera memenuhinya. Karena hal tersebut termasuk dari menghormati dari sang pemilik hajat. Termasuk dalam kaidah memuliakan saudaranya yakni dengan menghadiri undangan pernikahannya dengan segera.

Baca Juga:   Mengulik Aturan Bacaan Sholat Idul Fitri, Mulai Dari Niat Hingga Salam

3. Mendoakan Pengantin

Masih banyak orang yang berpikir bahwa menghadiri sebuah pernikahan sama halnya dengan pesta dan hura-hura semata. Padahal hakikatnya sebagai orang yang diundang hendaknya wajib mendoakan kebaikan kepada pengantin baru tersebut. Hal tersebut lebih bermanfaat dan bernilai pahala disisi Allah Subhanahu wa ta’ala.

Baca Juga : Doa Walimatul Ursy untuk Calon Pasangan Pengantin

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam pun sudah mengajarkan sebuah doa kepada umatnya yang memang khusus diberikan kepada mereka yang baru saja melangsungkan pernikahan. Adapun doa untuk pengantin baru yaitu “Barakallahu laka wa barakah ‘alaika wa jama’a bainakumma fii khair”.

4. Tidak Menghadiri Undangan Yang Penuh Maksiat

Agama Islam sudah mengajarkan tata cara menyelenggarakan sebuah pernikahan yang benar sesuai dengan sunnah. Maka, sebagai seorang muslim hendaknya untuk memperhatikan hal tersebut, bahwa ada beberapa kaidah penting ketika hendak menghadiri sebuah resepsi pernikahan.

Jika pernikahan tersebut campur baur tanpa adanya pemisah antara laki-laki dan perempuan. Ada baiknya, yang diundang untuk memilih tidak menghadiri pernikahan tersebut atau menundanya hingga para tamu tidak lagi ikhtilat atau campur baur. Karena Islam sangat melarang ikhtilat kecuali untuk hal-hal tertentu.

5. Membaca Bismillah Dan Duduk Ketika Makan

Membaca bismillah sebelum menyantap makanan yang disuguhkan pada resepsi juga termasuk dari adab yang harus diperhatikan selain memberikan doa untuk pengantin baru. Sebagaimana adab yang memang sudah dianjurkan oleh agama bahwa hendaknya harus mengucapkan basmalah sebelum makan agar terhindar dari gangguan setan.

6. Tidak Berdandan Terlalu Berlebihan

Hal satu ini masih jarang orang yang memperhatikan. Sejatinya, ketika hendak menghadiri sebuah pernikahan sangat dilarang untuk bertabarruj atau berdandan yang secara berlebihan. Akan dikhawatirkan menjadi fitnah bagi orang lain ketika melihat wajah yang dirias begitu cantik. Islam melarang keras mengenai hal ini.

Baca Juga:   Yuk Kenali Arti Mimpi Hamil Dalam Islam

Itulah beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan ketika mengunjungi sebuah resepsi pernikahan yang sesuai dengan sunnah. Selain mendoakan pengantin, ada baiknya untuk melaksanakan adab-adab tersebut, agar mendapatkan kebaikan serta pahala meski sedang mengunjungi sebuah resepsi pernikahan.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.