Menurut Hadis yang diriwayatkan: Al Uqaili, Ad Daraqutni dan Ibnu Asakir, Asrarul Marfuah Hadist ke-13 dalam Ihya Ulumiddin chapter 1 halaman 319 memaparkan kalaupun Doa nabi Khidir punya banyak fadhoilah dan keunggulan adalah mendapat seluruh kebaikan, terselamatkan dari semuanya jelek atau tragedi pula buat tempat menyetujui semua hajat.

Baca Juga : Doa Nabi Adam untuk Memikat Siti Hawa

Sementara soal Nabi Khidir sendiri diceritakan komplet dalam Al Quran Surah Al-Kahfi : 60-82. Dalam narasi itu Nabi Khidir berbicara dengan Nabi Musa yang tengah mengerjakan suatu perjalanan ketujuan laut. Dalam Kejadiannya Nabi Musa mau jadi pelajar dari Hamba Allah. ( banyak ulama ijtihad yang mengindentifikasi jika hamba Allah itu merupakan Nabi Khidir)

بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا يَسُوْقُ الْخَيْرَ إلَّا اللهِ بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا يَصْرِفُ السُّوْءَ إلَّا اللهُ بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ مَا كَانَ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ اللهِ بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِا للهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Bismillahi ma sya-allah la yasuqul khoiro illallah bismillahi ma sya-allah la yashrifus su-a illallah bismillah ma sya-allah ma kana min ni’matin fa minallah bismillah ma sya-allah la hawla wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adzim.

Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada yang mendatangkan kebaikan kecuali Allah. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada yang menyingkirkan keburukan kecuali Allah. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada kenikmatan melainkan dari Allah. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tiada daya untuk berbuat kebaikan kecuali dengan pertolongan Allah dan tiada kekuatan untuk menghindar dari perbuatan maksiat kecuali dengan perlindungan Allah yang maha tinggi dan maha agung.

Baca Juga:   Doa Agar Allah Menutupi Aib: Lengkap dengan Tulisan dan Bacaannya

Baca Juga : 6 Doa Hati Tenang Yang Kamu Wajib Tahu

Disebutkan dalam kitab Al-Bidayah wa Al-Nihayah bahwa Ibnu Abbas berkata;

من قالهن حين يصبح وحين يمسي ثلاث مرات، آمنه الله من الغرق والحق والسرق

Barangsiapa membaca doa di atas ketika pagi dan sore sebanyak tiga kali, maka Allah menyelamatkannya dari tenggelam, kebakaran dan pencurian.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.