Zona Syariah, Portal Berita Islam – Hidup tidak selalu pergi dengan kebahagiaan. Terkadang, hari-hari juga dihiasi dengan kesedihan. Berbagai masalah muncul dan menimbulkan kecemasan. Mulai dari masalah keluarga, ekonomi, persahabatan, hingga pekerjaan.

Ada dua kemungkinan yang bisa terjadi jika hati merasa tidak tenang dan diliputi kecemasan. Pertama, perasaan ini dapat menjauhkan diri dari Tuhan. Kedua, perasaan itu sebenarnya semakin dekat dengan-Nya. Untuk mengetahui informasi selanjutnya bisa kunjungi doa Lapang Dada.

Sebagai manusia yang beriman, ujian ketidaknyamanan harus ditangani dengan tenang dan anggun. Salah satu cara yang paling ampuh adalah berdoa. Lantas bagaimana cara berdoa agar hati tenang dan tidak gelisah? Berikut ulasannya.

Kecemasan seringkali tidak muncul. Namun akibatnya, ada orang yang tiba-tiba jatuh sakit, melakukan tindakan melawan hukum, bahkan ada yang berani mengakhiri hidupnya karena tidak mendapatkan ketenangan hidup. Kalau sudah begini, sebaiknya kita kembali mengingat Allah SWT. Dia adalah hati dan perasaan yang paling mengembalikan. Kita harus memohon kepada-Nya dalam doa untuk ketenangan.

Allahumma inni sebagai aluka nafsaan bika muthma-innah, tu’minu biliqoo-ika ‘watardhoo bi qodhooika wataqna’u bi’athooika

Manfaatnya Jika Anda Bisa Lapang Dada

Meski begitu, jangan langsung mengecilkan diri dan merasa diri tidak berdaya, apalagi jika Anda sering mendapat ejekan, baik sindiran halus maupun terang-terangan dari orang-orang di sekitar Anda. Jika Anda bisa berpikir positif, maka usahakan untuk tidak terpancing oleh emosi saat Anda mendapat ejekan dari orang-orang di sekitar Anda.

Baca Juga:   Dоа Nаbі Sulaiman yаng Ѕеlаlu dіkаbulkаn Allаh dalam Al-Quran

Bebas Dari Dendam Terhadap Orang Lain

Beruntung, jika Anda bisa menjadi orang yang tidak menyimpan dendam, karena dendam mempengaruhi mood Anda bahkan akan membuat hati Anda semakin sempit karena terus termakan oleh sindiran orang lain. Tahukah Anda, dengan anggun, Anda tidak akan peduli dengan sindiran yang sampai ke telinga Anda.

Baca Juga: Doa Untuk Membalas Orang yang Menzalimi Kita

Nyatanya, Anda mengambil pelajaran berharga dari sindiran ini. Jika sindirannya positif, maka Anda akan menganggapnya sebagai pelajaran berharga untuk kelangsungan hidup Anda. Sebaliknya, jika sindiran berupa rangkaian kalimat negatif, maka Anda tidak perlu mengingatnya karena Anda toleran.

Hidup Lebih Ringan Dan Tenang

Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk bisa menikmati hidup dengan lebih ringan dan tenang. Salah satunya adalah dengan terbuka terhadap sindiran yang datang ke telinga Anda. Biasanya orang yang sibuk memikirkan perkataan orang lain, kemudian hidupnya menjadi resah dan kacau.

Bahkan tidur malam pun bisa membuat Anda tidak nyaman karena Anda tidak bosan memikirkan apa yang dikatakan orang lain. Ingat, tidak semua manusia di dunia ini menyukai kita sepenuhnya, jadi jangan repot-repot ketika orang lain mengejek kita dengan cela. Teruslah bergerak maju dan buat mereka sibuk dengan kalimat-kalimat buruk mereka.

Tidak Ada Beban Pikiran

Beban pikiran biasanya datang karena seseorang terlalu sibuk memikirkan apa yang dikatakan orang, akibatnya ia akan terus sibuk mempelajari perkataan setiap orang sehingga hidupnya semakin parah. Ingat, jangan isi pikiran Anda dengan ingatan tentang sindiran buruk orang lain. Buang dan bukalah hati Anda dalam menyikapinya.

Dengan itu beban pikiran lenyap. Tahukah Anda, hidup itu singkat dan singkat, jangan buang waktu hanya memikirkan kata-kata yang tidak pasti dari orang-orang di sekitar Anda, fokuslah pada peningkatan diri Anda dan terus sebarkan kebaikan sebanyak yang Anda bisa.

Baca Juga:   Doa Ulang Tahun untuk Ayah yang Sudah Meninggal

Anda Menjadi Lebih Fokus Untuk Menjalani Hidup

Orang yang tidak disibukkan dengan apa yang orang lain katakan biasanya akan memiliki kehidupan yang lebih mudah. Ini karena mereka fokus pada pilihan hidup mereka. Bersikaplah dermawan sebagai sikap terbaik dalam menanggapi orang yang sibuk menggoda Anda tanpa merasa bosan.

Nanti, para sarkastik akan lelah dengan perbuatannya. Lagi pula, tidak ada gunanya bertukar sindiran dengan mereka, karena hidup Anda akan semakin kacau di masa depan. Demikianlah ulasan tentang doa lapang dada semoga bermanfaat.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.