ZonaSyariah – Apakah anda pernah disakiti oleh suami? Hal tersebut banyak terjadi, terutama jika suami anda adalah orang yang temperamental. Tidak hanya ucapannya, tetapi juga terkadang perbuatan yang dilakukan suami menjadi hal yang sangat menyakitkan. Oleh karena itu, sebelum menikah tentu harus memahami bahwa mengendalikan emosi itu sangat penting. Akan tetapi, amalan dan doa untuk suami yang selalu menyakiti hati istri ini juga patut anda ketahui. Yuk cek di sini!

Doa agar Suami Menyadari Kesalahannya

Semua istri memang dituntut untuk selalu berbakti kepada suaminya. Hal tersebut tertuang jelas dalam surat An-Nisa ayat 34 yang menyatakan bahwa wanita shalehah adalah wanita yang taat kepada Allah. Hal itu berarti ia juga mampu memelihara dirinya, meskipun suaminya tidak ada karena Allah telah memelihara mereka. Wanita yang baik tentu mengetahui kewajibannya kepada suaminya kelak, bahkan hal ini menjadi pengetahuan dasar sebelum anda menikah.

Jika suami melakukan kesalahan, itu adalah hal yang wajar. Akan tetapi, ada doa yang bisa anda lafalkan agar suami memahami kesalahannya. Doa untuk suami yang selalu menyakiti hati istri ini bermakna bahwa anda memohon bimbingan kepada Allah SWT agar dapat memetik hikmah dari setiap kejadian yang menimpa keluarga anda. selain itu, anda juga memohon agar dapat menahan amarah dan dilapangkan hati agar dapat saling memaafkan kesalahan masing masing.

Amalan yang Dapat Istri Lakukan 

Jika anda ingin suami menyadari kesalahannya, istri harus selalu muhasabah atau introspeksi diri. Setiap hal di dunia ini adalah sebab akibat, sehingga bisa jadi sikap suami anda akibat dari sikap atau dosa dosa anda di masa lalu. Selain itu, anda juga harus menyadari kesalahan yang anda perbuat karena pastinya anda memiliki salah kepadanya. Setiap masalah tidak seharusnya melimpahkan semua kesalahan kepada suami karena menyatukan dua orang memang tidak mudah.

Baca Juga:   Doa agar Orang yang Kita Cintai menjadi Jodoh

Amalan kedua yang dapat anda lakukan adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT, selain dengan doa untuk suami yang selalu menyakiti hati istri. Menjadi pihak yang disakiti tentu juga ada sisi keuntungannya sebab doa orang yang teraniaya menjadi doa yang dikabulkan Allah. Akan tetapi, tentu anda tidak boleh mendoakan yang buruk kepada suami karena hal itu tidak membuatnya menyadari kesalahan yang telah diperbuatnya di masa lalu.

Amalan kedua yang dapat anda lakukan adalah menahan amarah agar masalah yang dihadapi dalam rumah tangga tidak semakin memanas. Orang yang tidak dapat menahan amarah adalah orang yang merugi besar karena biasanya amarah membuat anda bersikap di luar kendali. Jika suami sedang berada di titik emosi paling tinggi, sebaiknya anda bersikap seperti air yang dapat meredam emosinya dan mendoakan yang terbaik. 

Amalan yang paling penting untuk membuat suami sadar atas kesalahannya adalah mengasihi suami anda. setiap amarah atau masalah tidak akan pernah selesai jika salah satunya masih dengan ego tertingginya. Oleh karena itu, doa untuk suami yang selalu menyakiti hati istri dapat diimbangi dengan memberikan kelembutan dan kasih sayang kepadanya. Dengan begitu, anda dapat menyelesaikan masalah bersama suami relatif lebih cepat.

Masalah yang menimpa setiap rumah tangga adalah suatu hal yang biasa. Hal itu dikarenakan menyatukan dua orang yang berbeda memang tidak mudah. Selain itu, setiap rumah tangga tentu memiliki cobaan dengan cara datangnya masalah itu. Oleh karena itu, anda diuji seberapa jauh dan kuat anda dalam menghadapinya. Cara yang tepat adalah mengamalkan beberapa amalan tersebut dan diimbangi dengan doa agar suami sadar kesalahannya.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.