Zona Syariah, Portal Berita Islami – Setiap kegiatan yang dilakukan oleh umat muslim ada doanya. Mulai dari makan, minum, tidur, sholat, keluar rumah, sampai doa membasuh tangan kiri. Semuanya termasuk surat-surat pendek yang biasanya akan menjadi hafalan untuk anak-anak kecil yang masih mengaji di masjid ataupun mushola.

Namun jika Anda pun merasa belum mampu mengenali surat ini, tidak usah merasa ragu dan khawatir. Pasalnya di bawah ini sudah ada penjelasan yang dapat membantu Anda untuk menghafal dan mengetahui arti atau makna dari suratnya. Silahkan simak penjelasannya secara terperinci.

Doa Membasuh Tangan Kiri yang Wajib Anda Ketahui

Doa membasuh tangan kiri saat wudhu merupakan hal wajib yang harus diamalkan dan dibaca. Seperti yang kita tahu bahwa wudhu sendiri menjadi salah satu rukun yang akan dilakukan oleh semua umat muslim ketika hendak melaksanakan sholat, baik yang wajib maupun sunnah.

Dalam berwudhu sendiri terdapat beberapa tata cara yang harus dilakukan dan itu harus berurutan karena jika tidak bisa menyebabkan tidak sah. Dalam hal ini niat dalam setiap urutannya dapat menambah kekhusyukan tersendiri. Bukan hanya itu saja manfaat lain adalah rasa syukur atas nikmat air dari Allah SWT.

Adapun doa membasuh tangan kiri saat berwudhu adalah :

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ تُعْطِيَنِيْ كِتَابِيْ بِشِمَالِيْ أَوْ مِنْ وَرَاءِ ظَهْرِيْ

“Allahumma laa tu’thini bi syimaali, wa laa min waraa’i dzahri”. Artinya adalah “Ya Allah, janganlah kau berikan kitab amalku (nanti di akhirat) pada tangan kiriku, dan jangan pula berikan dari balik punggungku”.

Baca Juga:   Doa Agar Istri Nafsu Sama Suami

Sebenarnya tidak hanya doa membasuh tangan kiri yang menjadi sunnah ketika berwudhu yang dapat diamalkan. Dengan mengamalkan dan membacanya wudhu yang Anda lakukan akan menjadi sempurna, karena memang umat muslim tidak hanya dituntut untuk melakukan kawajibannya namun juga hal sunnah.

Doa Wudhu Yang Wajib Diketahui Lainnya

Selain membahas doa membasuh tangan bagian kiri, Anda pun harus mengetahui beberapa doa wudhu lainnya. Dengan begitu Anda akan lebih khusyu dalam melakukan wudhu sebelum melakukan ibadah sholat. Berikut ini penjelasannya.

1. Saat membasuh telapak tangan

Allahumma ihfadh yadi min ma’ashika kullaha” yang artinya Ya Allah jagakanlah kedua tanganku dari semua perbuatan yang maksiat.

2. Berkumur

“Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika, allahumma asqini min haudli nabiyyika shallallahu’ alaihi wa sallam ka’san la adzma’a ba’dahu Abadan” yang artinya Ya Allah berikanlah pertolongan padaku untuk selalu mengingat dan bersyukut kepadamu.

Ya Allah berikanalah aku minuman dari telaga Kautsar Nabi Muhammad yang sangat menyegarkan sampai aku tidak merasakan haus untuk selama-lamanya.

3. Membersihkan lubang hidung

“Allahumma arihni raaihatal jannah, allahumma la tahrimni raihata ni’amika wa jannatika” yang artinya adalah Ya Allah izinkanlah aku mecium aroma wangi surga dan jangan halangi aku mencium wanginya nikmat-nikmatmu.

4. Ketika mengeluarkan air dari lubang hidung

“Allahumma inni a’udzu bika min rawaihin nar wa su’i dar” yang artinya adalah Ya Allah aku berlindung kepadamu dari busuknya aroma neraka dan dari buruknya tempat kembali.

5. Saat membasuh tangan kanan

“Allahumma a’thini kitabi biyamini, wa hasbini hisaban yasiran” yang artinya Ya Allah berikanlah kitab amalku nanti di akhirat pada tangan kananku dan hisablah aku dengan kisab yang paling ringan.

Baca Juga:   Mengirim Doa Yasin untuk Orang yang Sudah Meninggal

Demikianlah ulasan mengenai doa membasuh tangan kiri dan beberapa doa sunnah lainnya. Dengan adanya penjelasan ini Anda akan lebih mudah memahami makna dan suratnya. Semoga bermanfaat dan membantu.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.