Zona Syariah, Portal Berita Islami Bagi umat muslim hukum dari menuntut ilmu pengetahuan adalah wajib, meskipun ia akan menghembuskan napas terakhir. Namun saat belajar ilmu pengetahuan, selain berusaha dan berikhtiar jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah SWT. Pasalnya akan percuma jika belajar ilmu pengetahuan, tetapi tidak mendapatkan ridho dari Allah SWT. Untuk itu, berikut doa doa menuntut ilmu yang perlu kamu tahu agar saat belajar mendapatkan ridho Allah.

Kumpulan Doa Yang Dipanjatkan Pada Saat Mencari Ilmu Pengetahuan

1. Doa Saat Mencari Ilmu atau Saat Menghadapi Ujian

Dalam ajaran islam, ilmu yang bermanfaat merupakan amal jariyah yang tidak akan putus meskipun orang tersebut telah meninggal. Oleh karena itu, agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat sangat dianjurkan selalu berdoa. Bacaan doa saat mencari ilmu bermanfaat yang  dapat diamalkan dalam kehidupan sehari hari berbunyi

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahhumma inni as aluka ilman naaafi’an wa ‘amalam mutaqobbalaa’ wa rizqona’waasi’an wa ilal khoiri qorribna’a wa ‘anisy syarri ba’idnaa.”

Arti dari bacaan doa tersebut adalah “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, amal perbuatan yang diterima, rizki yang lapang, dan dekatkanlah aku pada perilaku yang baik serta jauhkanlah aku dari perbuatan yang jelek”. Apabila kamu selalu membaca doa menuntut ilmu atau akan ujian tersebut secara rutin, jika menghendaki Allah akan mempermudah jalan saat belajar  berbagai ilmu pengetahuan.

Baca Juga:   Doa Yasin untuk Memisahkan Suami dari Selingkuhannya

2. Doa Sebelum Belajar

Agar ilmu pengetahuan yang dipelajari bisa diserap dengan baik serta bermanfaat, maka ada baiknya sebelum belajar meminta ridho terlebih dahulu kepada Allah SWT. Dimana bacaan doa yang dapat dipanjatkan berbunyi “Yaa robbi zidni ‘ilman warzuknii fahma” yang memiliki arti “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizki akan kepahaman.” Jangan lupa sebelum membaca doa untuk mengucap basmalah terlebih dahulu.

Selain doa pendek, doa panjang ini juga bisa dipanjatkan sebelum belajar. Doa tersebut berbunyi

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabilmuhammadin nabyyaw warosulla, robbi zidni ngilma warzukni fahma

Artinya “Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

3. Doa Sesudah Belajar

Seperti halnya doa menuntut ilmu sebelum belajar, saat sesudah belajar pun juga perlu berdoa. Bacaan doanya

3. اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي ، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي ، وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Aallahhumma innii astaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin.”

Artinya “Ya Allah, sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikan kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu wahai Tuhan seru sekalian alam.”

Doa sesudah belajar juga bisa dengan memanjatkan

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma arinal haqqan warzuqnat tibaa’an. Wa arinal baathila baa thilan warzuqnaj tinaabahu

Baca Juga:   Amalkan Doa Ini Sebelum Tidur untuk Membuat Orang yang Anda Cintai Selalu Mengingat Anda

Artinya “Ya Allah tunjukkan kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya”. Jangan lupa dalam memanjatkan doa menuntut ilmu tersebut didahului dengan bacaan basmalah.

Itulah beberapa bacaan yang bisa dipanjatkan pada saat menuntut ilmu pengetahuan, terutama ketika belajar agama Islam. Seperti yang diketahui, segala pekerjaan akan menjadi berkah jika diawali dan diakhiri dengan doa. Sehingga saat melakukan pekerjaan apapun, jangan lupa untuk berdoa. Semoga dengan selalu berdoa, kita menjadi pribadi yang selalu bertindak baik untuk memperoleh pahala dan ridho Allah SWT dan terhindarkan dari perbuatan yang dilarang oleh-Nya. Wallahu a’lam bis shawab.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.