Kehidupan manusia memang tidak terlepas dari suka dan duka, seperti ada orang yang suka dengan kita ada juga tidak suka. Jika ada orang yang tidak suka dengan kamu, maka ada amalan doa agar orang segan melihat kita.

Selain itu, amalan doa ini juga bermanfaat untuk menambah kewibaan seseorang. Semua orang pasti suka jika tampil berwibawa, bukan? Nah, berikut kumpulan doa agar orang segan melihat kita.

Membaca Al-Fatihah, Ayat Kursi, dan Dzikir Allahul Kafi

Amalan doa yang pertama yaitu dengan membaca surat Al-Fatihah sebanyak 7 kali. Selanjutnya, kamu juga perlu membaca ayat kursi sebanyak 21 kali. Kemudian, baca juga dzikir Allahul Kafi sebanyak 7 kali. Bacalah amalan doa ini setelah kamu selesai melaksanakan sholat fardhu.

Dzikir Allahul Kafi :

doa agar orang segan melihat kita

Bacalah dengan khusyu’ dan rendah hati serta meminta pertolongan Allah SWT. Perlu kamu ingat bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah atas kehendak Allah SWT, jadi kamu harus melibatkan Allah SWT di setiap urusan kehidupan, agar hidup selamat, tentram, dan damai.

Membaca Q.S Al-Fiil ayat 1

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَٰبِ ٱلْفِيلِ

Amalan doa agar orang segan melihat kita juga bisa dengan membaca Q.S Al-Fiil [105] ayat 1. Jika kamu membaca doa ini, maka orang yang benci atau tidak suka dengan kamu akan menjadi tunduk dan akan merasa segan. Cara mengamalkannya adalah dengan membayangkan wajah yang tidak suka dengan kamu.

Manfaat Doa dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain ada doa agar orang segan melihat kita, manfaat doa secara general banyak sekali untuk kehidupan sehari-hari. Sebuah kitab yang berjudul ‘Terapi Penyakit Hati’ karangan Ibnu Qayyim Al Jauziyyah, menyebutkan bahwa doa adalah obat yang memiliki banyak manfaat.

Dalam kitab tersebut, dituliskan bahwa doa bermanfaat untuk mencegah datangnya musibah, menghilangkan musibah, menangkal cobaan dan malapetaka, serta doa sebagai senjata orang mukmin.

Baca Juga:   Mujarab, Ini Doa Nabi Sulaiman untuk Memancing Ikan

Ada 3 kategori tentang keterkaitan doa dan musibah yang menimpa. Pertama, musibah bisa ditangkal jika kamu berdoa dengan kuat. Kedua, seseorang bisa terus mendapat musibah jika kekuatan doa lebih lemah dari musibah. Namun, musibah tetap menjadi lebih ringan.

Ketiga, jika doa dan musibah sama-sama kuat, maka musibah bisa ditolak. Hal ini dijelaskan dalam sebuah kita bernama Al-Hakim yang mana tertulis hadits Nabi Muhammad SAW.

Selain beberapa manfaat di atas, ada 3 manfaat lainnya dari berdoa setiap hari. Apa sajakah itu? Berikut manfaat doa dalam kehidupan sehari-hari.

1. Pola pikir menjadi lebih luas

Berdoa juga bermanfaat untuk membuat pola pikir kamu menjadi lebih luas dan kuat. Hal ini karena seseorang percaya bahwa segala sesuatu bisa terjadi dengan berdoa. Dengan demikian, orang yang berdoa akan memikirkan cara untuk mengatasi permasalahan yang ada. 

2. Meredakan stres

Berdoa bisa meringankan stres kamu. Hal ini karena doa bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan damai. Berdoa juga dapat membuat kamu merenungkan dan mengevaluasi apa yang sudah terjadi.

3. Berfikir positif

Terkadang, manusia bisa saja berfikir hidup ini tidak adil. Namun, jika kamu berdoa, maka pikiran kamu akan menjadi lebih positif dan suasana hati akan menjadi semakin baik. Berdoa juga bisa meningkatkan rasa syukur seseorang terhadap Allah SWT.

Nah, itulah ulasan tentang kumpulan amalan doa agar orang segan melihat kita serta manfaat dari berdoa dalam kehidupan sehari-hari.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.