Zona Syariah, Portal Berita IslamiBelum banyak orang yang memahami dengan baik keutamaan serta doa setelah membaca surat Al-Mulk. Surat yang memiliki 30 ayat dan terletak pada juz 29 ini memiliki segudang manfaat bagi siapapun yang mampu membacanya pada malam hari. Berikut manfaat membaca dan doa setelah membaca Al-Mulk.

Manfaat Membaca Surat Al-Mulk

Berikut ini adalah Manfaat membaca Surat Al-Mulk yang perlu kalian ketahui diantaranya:

1. Terhalang Dari Siksa Kubur

Surat yang memiliki 30 ayat ini sudah dikenal sebagaian khalayak sebagai surat yang dapat menghalangi pembacanya terkena siksa kubur. Hakikatnya, mendapatkan manfaat ini jika mampu membaca dan juga merenunginya. Tidak lupa, serta dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagaimana sebuah hadist yang diriwayatkan oleh An-Nasa’i, “Barangsiapa membaca surat Tabarokalladzi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah Subhanahu wa ta’ala menghindarkannya dari azab kubur, (pent.)” maka, seorang hamba yang bisa beristiqomah membacanya setiap malam akan terhindar dari siksa kubur.

Tidak sekedar membacanya, pembacanya juga harus merenungi dan mengamalkan apa yang terkandung dalam surat tersebut di kehidupan sehari-hari. Karena, tidak akan ada artinya, jika seorang hamba hanya membacanya namun tidak mengerti makna yang terkandung dari surat yang sering dibaca. Hal ini menjadi keutamaan dan doa setelah membaca surat Al-Mulk.

2. Mendapatkan Syafaat

Allah menjanjikan sebuah syafaat bagi seorang hamba yang rutin menghidupkan harinya dengan membaca Al-Qur’an. Sejatinya, senantiasa merutinkan diri untuk membaca Al-Mulk setiap malam sama halnya dengan membaca Al-Qur’an setiap hari. Dengan begitu, pembacanya akan mendapatkan keutamaan memperoleh syafaat pada hari kiamat.

Baca Juga:   Mujarab, Ini Doa Nabi Sulaiman untuk Memancing Ikan

Pentingnya menghidupkan Al-Qur’an setiap harinya untuk senantiasa mengingatkan seorang hamba bahwa untuk terus meraih keutamaan dari Al-Mulk dan membaca Al-Qur’an itu sendiri. Walaupun hanya terdiri dari 30 ayat namun, jika dilakukan secara rutin maka sama halnya dengan membaca Al-Qur’an setiap hari. Dengan atas izin Allah, seseorang bisa mendapatkan syafaat Al-Qur’an.

3. Mendapat Pahala Amalan Istiqomah

Allah Subhanahu wa ta’ala menyukai amalan yang terus-menerus walaupun sedikit. Dalam artian, hamba tersebut istiqomah untuk melalukan suatu amalan meskipun dalam sudut pandang manusia merupakan hal yang sepele. Sama halnya dengan keutamaan dan doa setelah membaca surat Al-Mulk.

Jika seorang hamba mampu merutinkan untuk membaca Al-Mulk pada setiap malamnya, maka akan mendapatkan pahala istiqomah di hadapan Allah Ta’ala. Walaupun 30 ayat tetapi tidak membiasakan diri untuk rutin membacanya. Tentu akan terasa sangat berat. Untuk itu, perlu membuat diri terus terbiasa untuk membaca Al-Mulk ketika malam tiba.

4. Menjauhkan Diri Dari Perbuatan Maksiat

Setiap hamba pasti memiliki impian untuk bisa jauh dari yang namanya maksiat. Namun, hal ini kerap kali menjadi poin tersulit untuk dilakukan, karena sering terlena dengan hawa nafsu yang ada. Membaca surat Al-Mulk secara rutin mampu menjadi benteng untuk seorang hamba agar tidak mudah terjerumus dalam lubang kemaksiatan.

Hal ini dapat diraih, jika hamba tersebut mampu merenungi dan memaknai dengan baik arti demi arti dari ayat surat Al-Mulk. Maka hamba tersebut pun bisa mendapatkan keutamaan dan doa setelah membaca surat Al-Mulk dengan sempurna. Walaupun tidak ada hamba yang tidak luput dari dosa, setidaknya terdapat usaha untuk terus menjauhkan diri dari perbuatan maksiat.

Demikianlah hal-hal yang perlu diketahuai setelah membaca surat Al-Mulk. Surat yang memiliki 30 ayat tersebut ternyata memiliki banyak keutamaan dan juga doa setelah membacanya. Seorang hamba akan mendapatkan keutamaan yang sudah dijabarkan di atas jika mampu untuk merutinkan membaca Al-Mulk pada malam hari tiba.

Baca Juga:   Arti Al Mushawwir Asmaul Husna: Dalil & Cara Meneladaninya

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.