Zona Syariah, Portal Berita IslamiKewajiban menjalankan ibadah sholat memang diberlakukan untuk seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Tak hanya sholat wajib semata, seorang muslim pun bisa menunaikan sholat sunnah misalnya saja sholat hajat. Sholat ini seringkali ditunaikan bagi muslim yang sedang memiliki keinginan untuk segera dikabulkan. Untuk itu, berikut doa setelah sholat hajat yang mustajab.

Anjuran Menunaikan Sholat Hajat

Sebagaimana yang telah dijelaskan, bahwa sholat hajat menjadi salah satu perantara untuk mengabulkan keinginan umat muslim. Hal ini tidak lain karena terdapat sebuah hadits dari Rasulullah saw yang berbunyi, “Siapa yang berwudu dan sempurna wudunya, kemudian sholat dua rakaat (sholat hajat) dan sempurna rakaatnya, maka Allah berikan apa yang dia pinta cepat atau lambat.”

Tak hanya itu saja, tatkala anda melaksanakan sholat ini juga akan mendapatkan beberapa keutamaan. Diantaranya yakni mendapatkan pahala dari Allah swt, mendekatkan diri kepada Allah swt, mendapatkan perasaan yang tenang, dan rasa tawakal yang lebih kuat. Bila menghendaki sholat hajat, maka anda harus melakukan sebanyak 2 hingga 12 rakaat.

Doa setelah sholat hajat yang mustajab bisa dilakukan seusai sholat subuh hingga matahari terbit ataupun selepas waktu ashar hingga matahari terbenam. Namun waktu paling baik tatkala melakukan sholat hajat ialah malam hari, terutama di sepertiga bagian terakhir malam. Tata pelaksanaan sholat hajat pun sama halnya dengan sholat pada umumnya.

Doa Setelah Sholat Hajat

Perlu anda ketahui, jika usai menunaikan sholat hajat sebaiknya menyempatkan diri untuk membaca doa. Bahkan lebih baik lagi bila seusai salam, anda bersujud dengan maksud tadzallul atau merendahkan diri kepada Allah swt. Selagi sujud, anda bisa mengamalkan bacaan, “Subhanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula walaa quwwata illaa billahil ‘aliiyil ‘adzim.”

Baca Juga:   Doa agar Wajah Bercahaya dan Disukai banyak Orang

Kemudian melanjutkannya dengan membaca bacaan, “Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammad wa ‘alaa ali sayyidina Muhammad.” Kedua bacaan tersebut harus dibaca sebanyak sepuluh kali. Doa setelah sholat hajat yang mustajab terakhir yakni membaca doa keselamatan dunia dan akhirat baru dilanjutkan ke doa yang sesungguhnya.

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيمُ الْكَرِيمُ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، لاَ تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

“Laa ilaaha illallahul hakiimul kariimu subhaanallahi rabbil ‘arsyil ‘adzhiim. Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin asaluka muujibaati rahmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata min kulli birrin was-salaamata min kulli itsmin laa tada’ lii dzanban illa ghafartahu wa laa hamman illaa farrajtahu wa laa haajatan illaa hiya laka ridhon illaa qadhaytahaa yaa arhamar raahimiin.”

Usai membaca doa setelah sholat hajat yang mustajab di atas, selanjutnya anda bisa menyampaikan segala keinginan beserta hajat dengan menggunakan bahasa yang biasanya digunakan setiap hari. Hal ini tidak lain karena doa yang paling baik ialah doa yang dapat dimengerti baik itu bagi anda ataupun Allah swt. Sampaikan pula secara jelas dan tidak berbelit belit.

Agama Islam telah mengatur segalanya sebaik mungkin, sehingga tak ayal jika seorang muslim tak pernah kebingungan tatkala sedang alami musibah. Misalnya saja dengan menunaikan sholat hajat, yang seringkali ditunaikan tatkala seorang muslim sedang memiliki sebuah hajat atau keinginan yang harus dipenuhi. Dengan memperhatikan tata cara dan doanya secara benar, maka doa akan terkabul.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.