Zona Syariah, Portal Berita Islami – Menopause bisa jadi salah satu momok yang menakutkan bagi kaum perempuan. Meskipun sebenarnya, menopause adalah sebuah fase alami yang terjadi pada kaum perempuan seiring kian bertambahnya usia.

Penyebab menopause adalah karena indung telur sudah kian sedikit menghasilkan hormon khusus bagi kaum perempuan yang membuat indung telur tidak bisa melepaskan sel telur seperti ketika usia remaja, dengan begitu menstruasi atau haid pun ikut terhenti.

Tak sedikit kaum perempuan yang mencari cara agar tetap awet muda, baik dengan mengkonsumsi obat-obatan, ramuan herbal bahkan mempercayai tindakan yang menjurus kepada hal yang musyrik seperti dengan memasang susuk untuk mengejar nafsu duniawi agar terlihat sempurna dan awet muda.

Ingin Kembali Haid

Dalam konteks kaum perempuan yang ingin bisa kembali haid, lebih didasari karena faktor ingin menambah keturunan atau bahkan ingin memiliki anak meski usia sudah tidak lagi memungkinkan sehingga mencari berbagai cara agar bisa kembali haid secara normal sebagai tanda kesuburan bagi kaum perempuan.

Beberapa perempuan dewasa bahkan membuat ramuan-ramuan herbal khusus atau menjalani terapi medis melalui saran dokter agar indung telur bisa menghasilkan sel telur seperti ketika masih berusia muda.

Menopause dan Haid dalam Islam

Dalam perspektif Islam, baik menopause maupun haid adalah sebuah fase yang normal terjadi pada kaum perempuan, yang mengindikasikan bahwa perempuan tersebut sudah beranjak remaja ketika mengalami haid pertama kali.

Sedangkan, menopause sendiri menjadi pertanda bahwa usia perempuan tersebut sudah tidak lagi muda dan amat rentan jika memilih memaksakan diri agar bisa hamil dengan resiko yang mungkin terjadi seperti keguguran atau bahkan mengalami pendarahan.

Baca Juga:   Doa Untuk Anak yang Sedang Menuntut Ilmu di Pesantren

Selain karena faktor usia, terdapat beberapa kasus tertentu yang membuat perempuan mengalami menopause justru di masa remaja, hal ini amat mungkin terjadi karena faktor medis hingga munculnya gejala stress atau bahkan pola makan dan pola hidup yang tidak sehat.

Oleh karena itu, hanya mukjizat dari Allah SWT saja yang bisa membuat perempuan menopause bisa haid secara alami lagi atau bisa juga melalui rekayasa medis yang tentu saja sepenuhnya menjadi kekuasaan Allah SWT untuk menentukan keberhasilannya.

Doa agar Cepat Haid

Meski tak ada doa untuk menopause supaya haid lagi, namun dalam Islam juga terdapat doa khusus yang mengajarkan kaum perempuan agar bisa cepat haid dengan mengharapkan ridha Allah SWT sepenuhnya, karena semua niat dan usaha tanpa ridha Allah SWT maka hanya akan jadi percuma semata.

Meskipun sejatinya, doa ini tidak secara spesifik mengharapkan kekuasaan Allah SWT agar bisa lebih cepat haid. Namun, doa yang diambil dari kitab suci Al-Qur’an Surat Al-Anbiya ayat ke-83 sebagaimana yang dimohonkan oleh Nabi Ayyub ketika meminta kesembuhan penyakit yang ia alami.

Selain itu, doa ini juga kerap direkomendasikan oleh para alim ulama jika ada kaum perempuan yang mengharapkan agar bisa lebih cepat haid, karena sejatinya Allah SWT Maha Mengetahui dan Maha Memiliki Kehendak.

Berikut doanya:

وَاَيُّوْبَ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗٓ اَنِّيْ مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَاَنْتَ اَرْحَمُ الرّٰحِمِيْنَ ۚ

“Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin.”

Artinya: “Ya Allah, ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.”

Doa Meminta Kesembuhan dari Penyakit

Doa lain yang juga diriwayatkan dalam hadits shahih Bukhari adalah doa meminta kesembuhan dari penyakit, yang berbunyi seperti berikut ini:

Baca Juga:   Doa agar Rezeki Suami Mengalir Deras

“Allahumma Rabban nasi, adzhibil ba’sa isyfi anta asy-syafi la syifa’a illa syifauka syifaan la yughadiru saqman.”

Artinya: “Ya Allah Tuhannya manusia, hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkanlah. Engkau dzat Yang Maha Menyembuhkan, tak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dariMu, yaitu kesembuhan yang tak meninggalkan rasa sakit.”  

Berdoa Secara Langsung

Meski demikian sebagai umat muslim yang taat dan selalu beribadah kepada Allah SWT tak ada salahnya menyampaikan doa secara langsung khususnya ketika usai menjalankan shalat lima waktu atau seusai menjalani shalat malam atau shalat Tahajud di sepertiga malam yang diyakini cepat di dengar oleh Allah SWT.

Terlebih ketika si perempuan yang sudah memasuki masa menopause yang tidak bisa lagi memiliki anak namun sangat menginginkan keturunan yang diridhai oleh Allah SWT.

Anda bisa memanjatkan doa untuk menopause supaya bisa haid lagi, agar tujuan memiliki keturunan bisa tercapai atas izin Allah SWT, karena bagi Sang Maha Pencipta tidak ada yang tidak mungkin jika Allah SWT telah berkehendak.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.

Write A Comment