Zona Syariah, Portal Berita IslamiAnak adalah anugerah yang diberikan oleh Allah SWT dalam sebuah pernikahan. Ya, setelah menikah salah satu hal yang diinginkan oleh pasangan suami istri adalah mendapatkan rezeki berupa hadirnya seorang anak.

Jika Allah telah memberikan kepada Anda baik itu anak laki – laki atau pun perempuan, ketika dia lahir baiknya Anda mengucapkan doa untuk kelahiran anak sebagai rasa syukur Anda telah menghadirkannya di tengah – tengah kehidupan rumah tangga Anda.

Seperti apa doa untuk kelahiran anak? Berikut ini doanya!

Doa untuk anak yang baru lahir

Doa untuk kelahiran anak yang pertama adalah doa yang ditujukan orang yang menjenguk bayi baru lahir kepada bayi dan orang tuanya. Doa tersebut berbunyi :

“Barakallahu laka fil mauhubi laka wasyakarta al-wahiba wa balagha asyuddahu wa ruziqta birrahu”

Artinya :

“Semoga berkah bersamamu atas anugerah yang Allah beri untukmu. Kamu harus bersyukur pada Sang Pemberi karena sampai kesenangan yang diberikan-Nya dan semoga diberikan rizki atas kebaikan-Nya”

Orang tua dari bayi harus menjawab balik doa tersebut dengan doa ini :

 “Barrakallahu laka wa baraka’alaika wa jazakallahu khairan wa razaqallahu mitslahu au ajzalallahu tsawabaka.”

Artinya :

“Semoga kamu diberkahi oleh Allah, semoga keberkahan Allah tercurah padamu, semoga Allah membalas segala kebaikanmu dan Allah memberikan rizki serta menyegerakan pahala untukmu”

1. Doa atas kelahiran anak perempuan

Untuk anak perempuan yang baru lahir, doanya sebagai berikut :

Baca Juga:   Tata Cara Doa Membasuh Tangan Kiri Saat Wudhu

 “U’iidzuki bikalimaatillahit tammati min kulli syaithanin wa hammatin wa min kulli ‘ainin lammah.”

Artinya :

“Aku memohon perlindungan terhadap Allah dengan kalimat – kalimat Allah yang sempurna dari semua setan, binatang beracun yang mematikan, serta dari segala pandangan mata yang membawa kejelekan, keburukan atau bahaya”

2. Doa atas kelahiran anak laki-laki

Selain anak perempuan baru lahir, anak laki – laki yang baru lahir pun perlu didoakan. Doa untuk kelahiran anak laki – laki sebagai berikut :

 “U’iidzuka bikalimatillahit-tammati min kulli syaithanin wa hammatin wa min kulli’ainil lammah.”

Artinya :

“Aku memohon perlindungan dengan kalimat – kalimat Allah yang sempurna dari semua setan, binatang beracun mematikan, serta dari segala pandangan mata yang membawa kejelekan, keburukan atau bahaya”

Doa untuk kelahiran anak agar ia senantiasa beriman, bertaqwa dan beramal soleh

 “Rabbana hablana min azwajina wa zurriyatina qurrota a’yun waj’alna lil muttaqina imama.” (Q.s Surah Al-Furqon: 74)

Arti dari doa tersebut adalah :

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, isteri – isteri kami, dan keturunan kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang – orang yang bertaqwa” (Qs. Al-Furqon : 74)

Doa agar anak baru lahir pintar dan menjadi pribadi yang bermanfaat

Doa ini bisa orang tua panjatkan ketika anak baru saja lahir agar dia kelak menjadi orang yang bermanfaat dan berguna. Doanya sebagai berikut :

 “Allahumma-la’ quluba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.”

Arti dari lafal tersebut yaitu :

“Ya Allah, penuhilah hati anak – anak kami dengan cahaya dan hikmah, jadikan mereka hamba – hamba-Mu yang layak menerima nikmat dan perbaikilah diri mereka dan umat melalui kehadiran mereka”

Baca Juga:   9 Doa Pembuka Pintu Rezeki: Bacaan Doa Meminta Rezeki Yang Berlimpah

Itulah ucapan doa untuk kelahiran anak yang bisa Anda ucapkan dalam menyambut kelahiran sang buah hati tercinta. Anda juga bisa mendoakan kelahiran anak saudara Anda atau teman Anda dengan doa di atas.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.