Zona Syariah, Portal Berita IslamiKetika orang yang terkasih dalam hidup kita sedang terbaring sakit, sebagai pasangan kita tentu akan merasakan rasa sakit yang sama. Sebagai pasangan, kita juga tentu tidak ingin menyaksikan hal tersebut terjadi.

Satu – satunya cara yang bisa dilakukan selain memberi support untuknya juga bisa memohonkan doa kepada Allah SWT agar dia yang sedang sakit Allah angkat penyakitnya sesegera mungkin. Lantas, seperti apa doa untuk kekasih yang sedang sakit islami? Berikut doanya!

Doa Untuk Kekasih yang Sedang Sakit Islami

Rasa sakit adalah ujian yang Allah kasih untuk hambanya. Oleh karena itu, kesembuhan juga hanya Allah yang dapat berikan untuk hamba yang sedang Allah uji tersebut.

Jika ada anggota keluarga, sanak saudara bahkan kekasih yang sedang sakit, dianjurkan agar Anda mendoakan kesembuhan untuknya. Salah satu doa untuk orang yang sedang sakit dan pernah Rasulullah SAW bacakan adalah :


اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Tulisan latin : Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya :

“Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena hanya Engkau yang Maha pemberi kesembuhan. Tak ada yang dapat menyembuhkan segala penyakit kecuali Engkau dan sembuhkanlah yang tiada rasa nyeri”

Ada juga doa lainnya yang berbunyi :


أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

Tulisan latin : As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.

Artinya :

“Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan arasy yang megah supaya menyembuhkanmu dari segala penyakit”

Doa ini bisa Anda ucapkan di hadapan orang yang sedang sakit sembari memegang salah satu bagian tubuh (biasanya tangan) sebanyak 7 kali.

Versi doa untuk kekasih yang sedang sakit islami selanjutnya adalah doa yang bisa Anda lakukan dengan secara langsung menyebut namanya. Doanya sebagai berikut :

Baca Juga:   Arti Al-Aziz Asmaul Husna: Dalil, Makna, dan Keutamaannya

dilakukan oleh Rasulullah SAW yang menjenguk Sa’ad bin Abi Waqqash.

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Tulisan latin : Allāhummasyfi (nama orang yang sakit, misalnya Sa’dan). Allāhummasyfi Sa’dan. Allāhummasyfi Sa’dan.

Artinya :

“Tuhanku, sembuhkanlah (orang yang Anda sebut namanya)”

Doa ini juga menjadi doa yang Rasulullah SAW ucapkan ketika menjenguk Sa’ad bin Abi Waqqash yang sedang sakit. Rasulullah SAW membaca doa tersebut di hadapan Sa’ad bin Abi Waqqash yang sakit. Jadi doa tersebut bisa ditujukan untuk siapa saja yang sakit, tidak hanya kekasih melainkan juga teman atau saudara.

Jika orang tersebut sembuh dari sakitnya, Anda bisa memintakan doa agar rasa sakit yang sama tidak menimpanya lagi. Doanya sebagai berikut :

لَا بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Tulisan latin : Lā ba’sa thahūrun insyā’allāhu.

Artinya :

“Semoga tidak apa – apa (sembuh dari sakit), semoga suci dengan kehendak Allah”

Doa di atas tidak hanya menjadi doa untuk kekasih yang sedang sakit islami saja. Melainkan doa di atas juga dapat Anda ucapkan ketika sedang menjenguk orang yang sedang sakit, ketika orang tua atau kerabat bahkan saudara sakit dan bisa dijadikan doa untuk teman yang sakit.

Semoga siapa saja yang sedang sakit segera Allah angkat penyakit yang ada dalam dirinya dan Allah sembuhkan dia segera. Semoga doa – doa di atas juga bermanfaat dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari – hari ketika ada kekasih atau keluarga yang sakit.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.