Zona Syariah, Portal Berita IslamiBayi yang meninggal apakah perlu didoakan? Tentu saja! Walaupun sudah tidak bernyawa, bayi yang meninggal perlu didoakan dan ada doa untuk bayi yang meninggal dan dapat Anda baca setiap selesai sholat. Doa Anda untuk bayi yang meninggal tidak akan tertolak dan bayi tersebut tentunya dapat menjadi ladang amal dan penolong Anda di akhirat kelak ketika hari pembalasan tiba.

Lantas seperti apa doa untuk bayi yang meninggal? Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan informasinya untuk Anda!

Doa Untuk Bayi yang Meninggal

Ada beberapa ayat dalam al-qur’an yang membahas tentang bayi meninggal. Sebagian ulama juga menganggap ayat tersebut sebagai salah satu doa untuk bayi yang meninggal yang dapat dibaca usai sholat. Beberapa ayat tersebut diantaranya :

الْمَالُ وَالْبَنُونَ زِينَةُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَالْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ خَيْرٌ عِنْدَ رَبِّكَ ثَوَابًا وَخَيْرٌ أَمَلًا

Artinya :

“Harta serta anak – anak merupakan perhiasan dunia, namun amalan yang kekal lagi saleh adalah jauh lebih baik mendatangkan pahala di sisi Tuhan dan lebih baik agar ia menjadi harapan di akhirat” (Q.s al-kahfi : 46)

Sementara ayat lain dalam surah Al-Furqan ayat 74 menyebut :

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya : “Dan orang – orang berkata “Ya Tuhan kami, kepada kami dan istri – istri kami tolong anugerahkan keturunan sebagai penyenang hati (kami) dan jadikan bagi kami imam bagi orang – orang yang bertaqwa” (Q.s Al-furqan : 74)

Ya, anak memang menjadi sebuah kebanggaan untuk kehidupan dunia. Anak juga menjadi penyejuk hati di kala sempit ataupun sedih. Karena itu banyak pasangan yang sangat mendambakan kehadirannya. Bahkan banyak cara yang ditempuh oleh orang yang belum dikaruniai anak agar segera diberikan keturunan oleh Allah SWT.

Baca Juga:   Bacaan Doa Ratib Al Haddad Lengkap Full Download

Menjadi suatu hal yang wajar jika kemudian Rasulullah SAW bersabda bahwa orang tua yang kehilangan anaknya ketika ia belum baligh akan mendapatkan balasan berupa surga. Hal ini diartikan juga oleh banyak ulama sebagai salah satu bentuk penghiburan dari Allah SWT yang mengalami kehilangan anak di waktu usianya masih belum baligh.

Ada beberapa hadist juga (keshahihannya masih dipersoalkan) bahwa anak kecil yang masih belum baligh perlu didoakan orang tuanya. Doa untuk bayi yang meninggal tersebut berbunyi :

اَللّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًا لِوَالِدَيْهِ وَذُخْرًا وَشَفِيعًا مُجَابًا اَللّهُمَّ ثَقِّلْ بِهَا مَوَازِيْنَهُمَا وَأَعْظِمْ بِهِ أُجُورَهُمَا وَأَلْحِقْهُ بِصَالِحِ سَلَفِ اْلمُؤْمِنِينَ وَاجْعَلْهُ فيِ كَفَالَةِ إِبْرَاهِيْمَ وَقِهِ بِرَحْمَتِكَ عَذَابَ جَهَنَّمَ

Artinya : “Ya Allah, jadikanlah dia (bayi yang meninggal) sebagai simpanan dan pemberi syafaat yang dikabulkan. Ya Allah, beratkanlah timbangan pahala keduanya dengan (kematian) dan besarkanlah pahala keduanya dengan (kematian). Ikutkan ia dengan orang shalih dan beriman terdahulu. Jadikanlah pula ia dalam jaminan Ibrahim. Pelihara ia dan berikan rahmat-Mu dari siksa jahannam”

Doa tersebut dapat menjadi doa sekaligus penguat untuk Anda yang mengalami ditinggalkan bayi Anda yang baru lahir atau bayi Anda yang masih belum baligh. Selain doa hadist tersebut, ayat – ayat dalam surah Al-furqan dan Al-kahfi juga dapat menjadi doa.

Untuk Anda yang bayinya meninggal, semoga Allah senantiasa menguatkan Anda dan menjadikan bayi tersebut sebagai ladang pahala bagi Anda dan keluarga. Itulah beberapa hadist dan doa untuk bayi yang meninggal menurut para ulama. Semoga menjadi ulasan yang bermanfaat.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.