Seorang anak merupakan buah hati yang sangat berarti bagi setiap orang tua. Tiada hari tanpa memikirkan bagaimana nasib anaknya. Beberapa orang tua, memilih untuk mengirim anak – anaknya ke pesantren. Doa untuk anak yang sedang menuntut ilmu di pesantren diperlukan ketika memutuskan hal tersebut.

Dengan berada di pesantren, anak bisa belajar lebih mandiri. Selain itu juga seimbang belajarnya, antara agama dan dunia. Jadi orang tua akan merasa sudah memberikan arahan pada anak – anaknya agar tak sampai tersesat di jalan, serta selalu ada di jalan yang benar.

Sebuah doa, adalah salah satu pilihan yang tepat untuk dilakukan. Agar diri bisa lebih tenang ketika mengirim sang anak ke pesantren. Agar tak ada rasa khawatir berlebih, menyampaikan doa kepada Allah memanglah pilihan yang paling tepat. Dengan begitu orang tua bisa lebih tenang dan tak berpikir yang aneh – aneh mengenai anaknya.

Doa untuk anak yang sedang menuntut ilmu di pesantren, alangkah baiknya dengan memberikan doa – doa yang bisa membuat anak lebih tenang, tidak bersedih serta betah berada di tempat baru tersebut. Lalu doa apakah itu yang bisa untuk mengurangi rasa khawatir dari seorang ibu? Simaklah ulasannya berikut ini!

Inilah Doa Untuk Anak yang Sedang Menuntut Ilmu di Pesantren

Sebuah tangis, pastilah tercucur dari sang anak ketika ia dikirim oleh orang tuanya ke pesantren. Meski begitu, orang tua haruslah memberikan motivasi dan semangat pada anak – anaknya. Bisa dengan kalimat yang penuh doa, atau mungkin penuh kasih sayang. Salah satu contohnya seperti berikut ini!

Baca Juga:   Doa Untuk Mengetahui Jati Diri

“Nak, Demi Allah SWT. Ibu dan Bapak tidak sama sekali memiliki rasa benci padamu. Dan berniat untuk membuangmu jauh dari keliling kami. Tapi semua ini kami lakukan karena rasa sayang berlebih yang tak mau kalau kamu sampai tersesat di jalan yang tidak tepat. Sama sepertimu, kami pasti akan selalu merindu.”

“Berjuanglah nak, tak ada yang salah jika kamu sudah berusaha. Dan janganlah kamu merasa kesal di awal. Nikmatilah dahulu, setelahnya kamu akan tahu dengan pasti, apa yang membuat Ibu dan Bapak mengirimmu ke mari. Semoga kau bisa betah dan tak bersedih.”

Doa Agar Terhindar dari Rasa Khawatir Berlebih

Selain itu, orang tua bisa menyampaikan doa berikut ini, sebagai doa untuk anak yang sedang menuntut ilmu di pesantren. Yang insyaallah bisa memberikan Anda sebagai orang tua serta anak – anak ketenangan. Dan terhindar dari rasa khawatir berlebih.

Doa Untuk Anak yang Sedang Menuntut Ilmu di Pesantren

“Laa Takhaf Wa Laa Tahzan Innallaha Ma’ana”

Merupakan bunyi dari sebuah ayat Al Quran (9:40) yang memiliki arti bermakna, apalagi bagi anak yang sedang dikirim ke pesantren. Tempat asing yang tak dikenalnya, tetapi ia harus tetap kuat dan bersabar meski jauh dari orang tua.

Arti dari doa tersebut ialah berikut ini. “Janganlah kamu takut dan janganlah kamu bersedih hati. Sesungguhnya Allah ada bersama kita.”. Dengan disampaikannya doa tersebut, maka anak bisa lebih tenang dan ikhlas. Karena ia tahu, bahwa Allah selalu bersamanya. Di mana pun ia berada. Tanpa ada kecuali untuk hal tersebut.

Doa untuk anak yang sedang menuntut ilmu di pesantren ini juga sangat ampuh. Untuk memberikan rasa semangat yang tinggi pada anak. Agar ia bisa beripikir positif bahwa pesantren adalah tempat yang sangat menyenangkan dan mengasyikkan. Yang bisa membuatnya benar – benar betah untuk tinggal dan menuntut ilmu di sana.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.