zona Syariah, Portal Berita Islami – Sejatinya dalam agama Islam, tak ada doa khusus yang dipanjatkan saat ayah atau orang tua yang sudah meninggal berulang tahun. Karena, Islam sendiri tak mengenal istilah atau pun perayaan ulang tahun. 

Sedangkan, doa kepada orang tua yang sudah meninggal wajib hukumnya bagi seorang anak sebagai wujud baktinya kepada orang tua. Sehingga, doa untuk orang tua seharusnya dilakukan kapan pun khususnya ketika usai menjalankan ibadah.

Doa Ulang Tahun untuk Ayah yang Sudah Meninggal

Doa ulang tahun untuk ayah atau orang tua yang sudah meninggal, umumnya sama dengan kepada orang tua baik yang sudah meninggal atau pun yang masih dalam keadaan sehat. Tujuan doa untuk orang tua bagi yang masih hidup adalah diberi kesehatan, kemudahan dalam berusaha atau mencari rezeki untuk memberikan nafkah bagi keluarganya.

Sedangkan bagi orang tua yang sudah meninggal, tujuannya agar orang tua mendapat ampunan, dilapangkan kuburnya serta dijauhkan dari siksa kuburnya.

Karena doa dari anak yang sholeh kepada orang tuanya adalah yang paling cepat sampai dan diijabah oleh Allah SWT dan juga bagi si anak yang mendoakan, akan menjadi pahala yang besar.

Dan, doa khusus yang dikirimkan yakni: 

رَّبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

“Rabbighfirli, wa liwalidayya, warhamhuma kama robbayani shaghiraa”

Yang memiliki arti: Ya Allah, ya Tuhan ku, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tua ku. Sayangilah keduanya, sebagaimana layaknya mereka (orang tua) menyayangi ku saat aku kecil.

Baca Juga:   Amalkan Doa Untuk Melupakan Seseorang yang Mustajab

Doa agar Orang Tua yang Sudah Meninggal Diberi Ampunan

Selanjutnya, doa yang lebih khusus ditujukan agar orang tua yang sudah meninggal mendapatkan ampunan dari azab kuburnya adalah:

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

“Robbanaghfirlii wa li walidayya walilmu’miniina yauma yauumul hisaab”

Doa yang dikutip dari Al-Qur’an Surat Ibrahim ayat 41 yang berarti: Ya Allah, Ya Rabbku, berilah ampunan untuk ku dan kedua orang tua ku dan juga seluruh orang mukmin pada saat terjadinya hari penghitungan nanti.

Doa ini sebaiknya, dibacakan setelah menjalankan shalat wajib atau bahkan saat menjalankan shalat malam (tahajud).

Doa agar Orang Tua yang Sudah Meninggal Masuk Surga

Selain itu, terdapat pula doa agar orang tua yang sudah meninggal masuk surga, sebagai wujud bakti seorang anak kepada orang tuanya yang telah berjasa melahirkan hingga membesarkannya dengan penuh kasih sayang.

Doa ini juga sebaiknya dibacakan saat usai menjalankan shalat wajib 5 waktu maupun saat usai menjalankan shalat tahajud atau pun shalat dhuha.

Berikut doanya:

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

“Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khathaya kamaa yunaqqats-tsawbul abyadhu minad danas. Wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wa zawjan khairan min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.”

Doa ini memiliki arti yang sangat panjang, yang bermaksud agar Allah sebagai Sang Pencipta memberikan ampunan, rahmat, serta memuliakan, meluaskan jalan masuk orang tua hingga membersihkan dosa kedua orang tua agar kembali bersih dan suci serta agar Allah berkenan memasukkan kedua orang tua ke surga dan dilindungi dari siksa kubur dan panas serta sakitnya api neraka.

Baca Juga:   Doa Nabi Sulaiman untuk Mengusir Semut yang Jarang Orang Tahu

Amalan untuk Berbakti atau Meringankan Dosa Orang Tua yang Sudah Meninggal

Setidaknya terdapat tiga amalan sebagai wujud bakti seorang anak kepada orang tua untuk meringankan dosa orang tua yang sudah meninggal, yakni:

Berdoa dan Memohon Ampunan untuk Orang Tua

Seorang anak yang soleh dan berbakti kepada orang tuanya akan selalu memohon doa dan ampunan agar orang tuanya terbebas dari siksa kubur, dan masuk ke surga serta meminta ampun atas dosa-dosa yang dilakukan oleh orang tua.

Bersedekah Atas Nama Orang Tua

Seorang anak juga bisa memberikan sedekah dengan mengatasnamakan orang tua pada saat memberikan sedekah tersebut, sehingga pahalanya tak hanya mengalir untuk anak tapi juga untuk kebaikan orang tua di dalam kubur.

Menjaga Silaturahmi

Meski orang tua sudah meninggal, seorang anak juga tetap wajib menjaga silaturahmi dengan keluarga, baik untuk dengan keluarga ibu maupun keluarga ayah serta kerabat orang tua lainnya, karena silaturahmi merupakan ciri dari seorang muslim.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.

Write A Comment