Zona Syariah, Portal Berita Islami – Diterima kerja merupakan impian dan dambaan semua orang. Namun kian tingginya jumlah angka kelulusan siap kerja serta terus bertambahnya jumlah angkatan kerja setiap tahunnya, kian membuat tingkat persaingan kerja semakin tinggi.

Disisi lain ketersediaan lapangan kerja juga sangat sedikit atau tidak sebanding dengan jumlah angkatan kerja maupun pencari kerja sehingga membuat banyak para lulusan baik sarjana hingga tamatan sekolah menengah atas harus menganggur dan terus mencari peluang kerja.

Sementara itu, dari sisi perusahaan yang melakukan rekrutmen tenaga kerja juga amat selektif dalam menentukan calon tenaga kerjanya, mulai dari jenis lulusan, tingkat kompetensi hingga pengalaman yang dimiliki.

Ikhtiar Mencari Kerja

Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang mau berusaha termasuk dalam berusaha mencari kerja, karena itu merupakan bagian ikhtiar mencari kerja yang halal dan diridhoi oleh Allah SWT terlebih untuk menafkahi keluarga.

Bahkan sejatinya, Allah SWT telah menjamin rezeki bagi setiap umat muslim dari sejak mereka lahir ke dunia.

Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk terus melakukan ikhtiar dalam mencari kerja tanpa harus memandang jenis pekerjaan karena masih banyak orang yang cenderung memilih dalam hal pekerjaan. 

Mereka hanya mementingkan pekerjaan yang sesuai dengan minatnya, jam kerja yang fleksibel hingga gaji yang besar, sementara di sisi lain perusahaan juga memiliki beban kerja baik tugas dan tanggung jawab kepada karyawannya secara maksimal untuk memperoleh keuntungan.

Carilah pekerjaan yang sesuai kebutuhan, dan jika terbuka kesempatan lowongan kerja yang sesuai kompetensi, segeralah melamar sembari terus berdoa kepada Allah SWT agar lamaran pekerjaan yang diajukan bisa direalisasikan.

Baca Juga:   Amalkan Doa Untuk Melupakan Seseorang yang Mustajab

Doa Supaya Diterima Kerja

Selain berikhtiar mencari kerja, Islam juga mengajarkan umat muslim untuk terus beribadah dan berdoa kepada Allah SWT, bahkan Allah SWT menganggap hamba-Nya yang tidak pernah berdoa kepada-Nya sebagai hamba yang sombong.

Doa adalah sebuah pengharapan, karenanya, berdoa juga menjadi sebuah kebutuhan apalagi berdoa kepada Sang Pencipta yang telah menentukan takdir hamba-Nya, termasuk rezeki, maut maupun jodoh.

Doa pula menjadi suatu yang tak terpisahkan ketika seseorang sedang melamar kerja dan berharap agar diterima kerja sesuai dengan kebutuhan dan bisa memberikan kesejahteraan untuk dirinya maupun keluarga.

Berikut beberapa doa supaya diterima kerja agar mendapat restu dan ridha dari Allah SWT:

Doa agar Cepat Mendapat Kerja

Salah satu doa yang kerap dibaca oleh umat muslim khususnya agar mendapat kerja adalah berikut ini:

“Alloohummaghfir lii dzanbii, wa wassi’ khuluqii, wa thoyyib lii kasabii, wa qonni’nii bimaa rozaqtanii, wa laa tadz-hab qolbii, ilaa syai-in shorroftahu ‘annii”.

Artinya: Ya Allah, ampunillah dosaku, muliakanlah akhlakku, berikanlah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku bersyukur saat menerima apapun yang Engkau anugerahkan kepadaku, dan janganlah Engkau buatku mengingat sesuatu yang telah Engkau palingkan dariku.

Doa dari Surat Thaha

Selain doa diatas, ada juga doa yang diambil dari surat Thaha ayat 25-28 yang dibaca sebelum mengikuti tes atau saat hendak mengikuti wawancara panggilan kerja.

Berikut doanya:

قَالَ رَبِّ ٱشْرَحْ لِى صَدْرِى

وَيَسِّرْ لِىٓ أَمْرِى

وَٱحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِى

يَفْقَهُوا۟ قَوْلِى

Latin (QS Thaha: 25-28):

“Robbisyroh li shodri wa yassir li amri wahlul ‘uqdatan min lisani yafqohu qauli”.

Doa ini memiliki arti: 

“Ya Allah, ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku”. 

Baca Juga:   Sudah Tahu Urutan Tahlil? Yuk Simak Doa Sebelum Baca Yasin Yang Sering Terlewat

Ayat dalam Surat Thaha ini bermakna sebuah pengharapan dari seorang hamba Allah SWT yang memohon agar selalu mendapatkan dan diberikan berbagai kemudahan dan kelancaran dalam segala urusan termasuk ketika melamar kerja agar dilancarkan jalannya.

Amalan agar Segera Mendapat Kerja

Selain doa supaya diterima kerja, terdapat juga amalan khusus agar segera mendapat kerja dan sudah banyak diterapkan oleh masyarakat yang mengharapkan agar mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Berikut amalannya:

Berzikir

Setelah shalat Ashar, lakukan zikir khusus dengan membaca: “subhanallahi wabihamdihi” yang dibaca setidaknya dibaca atau dilafalkan 100 kali setelah shalat. Kemudian lanjutkan dengan membaca dzikir “subhanallahi wabihamdihi. Subhanallahil’adzim” yang dibaca setelah shalat Maghrib sebanyak 100 kali.

Dengan zikir ini, umat muslim diharapkan dapat selalu bersyukur dan bermaksud mengagungkan keesaan Allah SWT sebagai pemilik langit dan bumi beserta seluruh isinya.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.

Write A Comment