ZonaSyariah – Al-Qur’an sebagai kitab suci yang dimiliki oleh umat Islam merupakan sebuah petunjuk yang memiliki beragam ilmu di dalamnya. Pada Al-Qur’an sendiri dapat ditemui banyak jenis surat di dalamnya. Setelah selesai membaca salah satu surat yang ada, tak sedikit pula yang akan membaca doa-doa tertentu. Misalnya ialah doa setelah membaca surat Al-Waqiah yang dipanjatkan kepada Sang Pencipta.

Beragam Doa yang Tersurat di Dalam Kitab Suci Al-Qur’an

Sebagai sebuah pedoman dan petunjuk, cakupan ilmu di dalam Al-Qur’an terbilang sangat luas. Mulai dari masalah aqidah, fiqih, dan juga adab serta akhlak seorang muslim. Semua ilmu tersebut juga terkandung di dalam surat surat yang tertulis di dalamnya. Hal inilah yang juga membuat seorang muslim selayaknya belajar mengaji dan mengkaji kandungan Al-Qur’an sejak di usia dini.

Selain mengandung banyak surat, pada Al-Qur’an sendiri kamu dapat menemui beragam doa di dalamnya. Doa doa tersebut diambil dari ayat tertentu yang memiliki artian tertentu pula. Seperti misalnya adalah doa untuk pembuka hati agar mempermudah urusan yang diambil dari salah satu ayat pada surat Al-Baqarah pada kitab suci ini. Setelah selesai membaca jenis surat tertentu, biasanya juga terdapat pula yang memanjatkan doa doa tertentu.

Salah Satu Surat di Al-Qur’an yang Membahas Mengenai Hari Kiamat

Contoh doa yang dimaksud adalah doa setelah membaca surat Al-Waqiah. Surat itu sendiri merupakan surat ke 56 di dalam kitab suci Al-Qur’an. Di dalam surat tersebut juga dapat ditemui ayat sejumlah 96 ayat. Jika diartikan dari namanya, surat tersebut memiliki arti sebagai hari kiamat. Tentu saja sebagai seorang muslim juga harus mengimani bahwa dunia ini adalah suatu hal yang fana dan akan mengalami kiamat di akhir zaman kelak.

Nama surat ini juga diambil dari ayat pertama yang ada di dalamnya. Kamu dapat menemui surat mengenai hari kiamat ini pada juz ke 27 pada kitab suci Al-Qur’an ini. Diketahui secara umum bahwa surat di dalam Al-Qur’an dapat dibedakan menjadi 2 jenis yang berbeda, yaitu surat Makkiyah dan Madaniyah. Sementara surat ini sendiri tergolong ke dalam jenis surat Makkiyah.

Baca Juga:   Doa Untuk Memikat Hati Pria Idaman

Doa yang Dibaca Setelah Selesai Membaca Salah Satu Surat di Al-Qur’an

Doa setelah membaca surat Al-Waqiah ini sendiri biasanya akan digabungkan dengan doa untuk surat tersebut dari Syekh Abdu Qadir Jaelani. Namun tentu saja dengan adanya doa yang banyak dipanjatkan oleh orang muslim ini, selayaknya juga tidak membuat esensi dari surat tersebut menjadi redup. Karena di dalam surat yang terkandung di dalam Al Qur’an ini memiliki banyak ilmu yang dapat diambil dan dipelajari.

Tak dapat dipungkiri pula bahwa terdapat banyak hadist yang juga membahas mengenai keutamaan membaca surat jenis ini pada waktu waktu tertentu. Tentu saja dari hadist hadist yang ada, juga selayaknya dapat dipilah dan dipilih oleh seorang muslim sesuai dengan derajat hadist tersebut. Namun tentu saja setiap orang yang membaca dan memanjatkan doa setelah membaca Al-Waqiah berharap menjadi lebih dekat dengan Sang Pencipta.

Terdapat banyak jenis amalan yang dapat dilakukan oleh seorang mukmin berkaitan dengan kitab suci yang dimilikinya. Di dalam Al-Qur’an sendiri juga terdapat banyak jenis surat yang membahas mengenai bidang ilmu tertentu, seperti aqidah dan fiqih. Salah satu jenis surat tersebut ialah surat yang membahas mengenai hari akhir atau disebut dengan hari kiamat jika dilihat dari kacamata Islam.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.