Zona Syariah – Suatu peristiwa atau kegiatan pada umumnya harus ditaati sedemikian rupa agar dapat berjalan dengan baik dan lancar dalam hal dapat dilaksanakan setelah pembacaan atau penutupan juga harus dibaca. Jika seorang muslim mengadakan acara dan kegiatan, ia harus membaca doa di akhir acara atau di awal acara.

Doa Penutup Adalah Dalam suatu acara biasanya diakhiri dengan permintaan maaf dari pembawa acara dan memiliki kata atau tindakan, salah satunya adalah ucapan terima kasih atau doa penutup. Saat membaca tentunya kita berharap ilmu dan wawasan yang kita peroleh dari sebuah acara bisa dipraktekkan dan bisa dikerjakan atau bisa bermanfaat sesuai dengan keimanan yang kuat.

Dalam doa penutup acara ini memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa yang telah kita perbuat, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Bahasa majelis adalah tempat duduk, dimana kata majelis digunakan untuk menunjukkan berbagai jenis pertemuan antar kelompok atau orang yang memiliki minat yang sama.

Dalam bahasa Indonesia khususnya yang beragama Islam saat mengadakan suatu acara pasti diadakan doa penutup suatu kegiatan dan hanya dibacakan di akhir kegiatan. Sebagai puji syukur dan puji syukur, bisa menyelesaikan pelajaran dengan membaca inti doa akan bermanfaat agar kita tidak rugi dan menjadi tidak berguna atas apa yang telah kita lakukan.

Adab Saat Berdoa

Dari pembahasan di atas, kami juga akan memberikan tata cara atau tata krama saat kita berdoa dan memuji Allah SWT, diantaranya sebagai berikut:

  • Kita harus mengabdikan diri untuk sholat atau kita harus sholat dengan sungguh-sungguh dan selalu berharap semoga Allah SWT segera mengabulkannya.
  • Saat berbicara atau berdoa harus dicatat dan ditafsirkan dan di stabilkan artinya.
  • Angkat tangan dan telapak tangan di depan dada atau di tengah dada.
  • Berdoa menghadap kiblat.                
  • Jangan terburu-buru saat membaca doa.
Baca Juga:   Doa Agar Suami Tidak Bisa Berhubungan Badan dengan Wanita Lain

Prioritas Doa Di Akhir Acara

Dalam mengucapkan doa di akhir acara atau kegiatan kita bisa menghapus dosa-dosa yang sengaja kita lakukan atau tidak, disini kita juga akan mengutamakannya.

  • Dengan berdoa di penghujung acara, diharapkan anda mendapatkan ilmu dan wawasan dari pertemuan acara tersebut dan berguna untuk kedepannya.
  • Allah SWT akan memudahkan kita mencapai surga-Nya dan Allah tidak murka kepada hamba-hamba-Nya.
  • Jika kita berdoa pasti akan mengalami hal-hal yang baik.
  • Bisa memperkuat iman.
  • Bisa menenangkan jiwa.

Bacaan Doa Penutup Untuk Acara Seminar

Hadirin sekalian sekalian yang hadir, marilah kita menundukkan kepala, sejenak munajat kepada Allah, semoga kita selalu diberkati oleh-Nya dan semua yang kita lakukan dicatat sebagai pahala di sisi-Nya. Amiiin. Audzubillahiminasy syaithannirrajim. Bismillahirrahmaanirrahiim. Segala puji bagi Allâh, Tuhan semesta alam.

Hamdan yuwafi ni’amahu wayukafi mazidah. Ya rabbana lakal hamdu kama yanbaghii li jalali wajhika wa’azimi sultanik. Allahumma Sali ‘ala saidina muhammadin wa’ala ali sayidana Muhammad. Rabbana zalamna anfusana wa dalam lam tagfirlana wa tarhamna lanakunana minal khas. Rabbana wa la tahmil ‘alina ishran kamaa hamaltahu’ alal lazina min qablina.

Allahumma Ya Allah. Hari ini kami telah selesai melaksanakan seminar internasional, seminar ini sangat bermanfaat bagi kami, untuk itu ya Allah tanamkan rahmat dan kandungan Anda pada kami, agar kami dapat ikut ambil bagian dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Dengan berakhirnya kegiatan ini, semoga ANDA dapat melimpahkan kekuatan dan ilmu yang luas kepada kami dan memahami kami dengan segala sesuatu yang kami dengar dan lihat. Ya Allah ya Tuhan kami. Jadikan semua yang kami lakukan sebagai tindakan ibadah di sisi Anda.Ya Allah oh Tuhanku beri kami banyak ilmu dan mudahkan kami untuk memahaminya. Demikianlah ulasan tentang doa penutup acara seminar semoga bermanfaat.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.