Zona Syariah, Portal Berita Islami – Jin dan setan tidak berhenti-hentinya mengusik umat manusia, seringkali masalah itu mempunyai imbas berbahaya. Supaya terbebas dari hal tersebut, seharusnya kamu sering-sering membacakan ayat pengusir jin untuk jaga keamanan diri dan rumahmu!

Jin terbagi dalam banyak tipe, ada yang bagus dan ada juga yang jahat. Jin jahat berikut yang sering mengusik manusia.

Beda hal dengan setan, setan pada intinya merupakan makhluk yang mempunyai arah untuk menyimpang manusia.

Sebagaimana dikisahkan oleh Ibnu Mas‘ud, pada malam itu, Nabi saw. didatangi jin Ifrit yang membawa obor api di tangannya. Ada pula yang berpendapat bahwa Nabi saw. didatangi jin Ifrit pada malam isra-mi’raj. Kala itu, beliau kemudian membaca ayat-ayat Al-Quran. Namun, tak ada reaksi apa-apa kecuali jin itu semakin mendekat. Maka malaikat Jibril menawarkan kepadanya, “Maukah jika aku ajarkan kepadamu beberapa kalimat yang jika engkau membacanya, maka ia akan jatuh tersungkur dan obornya akan mati?” (HR. Malik, an-Nasa’i, ath-Thabrani, dan yang lain).

Kemudian malaikat mengajarkan beberapa kalimat. Setelah Nabi saw. membacanya, jin Ifrit itu langsung tersungkur dan obornya pun padam. Berikut adalah doa yang diajarkan malaikat Jibril kepada Nabi saw. untuk mengusir jin tersebut.  

Doa Mustajab Membakar Dan Mengusir Jin

Berikut ini adalah doa pengusir jin yang diajarkan malaikat jibril kepada nabi saw

1. Surah As-Saffat Ayat 7

Surah As-Saffat merupakan surah ke-37 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 182 ayat.

Dinamakan demikian karena surat ini berarti barisan-barisan, sebagaimana malaikat berdiri bersaf-saf atas nama Allah Swt.

وَ حِفْظًا مِّنْ كُلِّ شَیْطٰنٍ مَّارِدٍ

Wa hifzhom ming kulli syaithoonim maarid

Artinya: “Dan (Kami) telah menjaganya dari setiap setan yang durhaka.”

Baca Juga:   Doa Nabi Adam untuk Memikat Siti Hawa Mustajab

2. Doa Nabi Sulaiman

Diceritakan bahwasanya Allah mengajarkan Nabi Sulaiman doa untuk membuat jin dan hewan tunduk kepadanya. Doa tersebut adalah surah An-Naml ayat 30-31:

بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ , اَلَّا تَعْلُوا عَلَىَّ وَاْتُونِى مُسْلِمِيْنَ

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Penyayang. Janganlah kamu berlaku sombong kepadaku, dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.”

Ayat untuk menyingkirkan jin ini dapat dipakai untuk hadapi masalah jin atau menyingkirkan jin dari badan.

3. Surah As-Saffat Ayat 7

Surah As-Saffat merupakan surah ke-37 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 182 ayat.

Dinamakan demikian karena surat ini berarti barisan-barisan, sebagaimana malaikat berdiri bersaf-saf atas nama Allah Swt.

وَ حِفْظًا مِّنْ كُلِّ شَیْطٰنٍ مَّارِدٍ

Wa hifzhom ming kulli syaithoonim maarid

Artinya: “Dan (Kami) telah menjaganya dari setiap setan yang durhaka.”

4. Surah Al-Fatihah

Doa menyingkir kan setan dan jin yang paling simpel dan gampang dibacakan ialah surah Al-Fatihah. Seperti kita kenali, surah Al-Fatihah ialah ummul Quran atau induk dari semua isi Al-Qur’an.

Disamping itu, surah Al-Fatihah sebagai surah As-Safiyah yang bermakna pengobatan dan keselamatan.

Dengan begitu, kamu dapat membacakan surah ini bila ingin meminta bantuan ke Allah Swt.

5. Surah Al-Mu’minun Ayat 97-98

Surah Al-Mu’minun merupakan surah ke-23 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 112 ayat.

Arti dari surah ini adalah orang-orang yang beriman.

رَّبِّ اَعُوْذُ بِكَ مِنْ هَمَزٰتِ الشَّیٰطِیْنِۙ وَ اَعُوْذُ بِكَ رَبِّ اَنْ یَّحْضُرُوْنِ

Robbi a’uuzu bika min hamazaatisy-syayaathiin wa a’uuzu bika robbi ay yahdhuruun

Artinya: “Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari bisikan-bisikan setan dan aku berlindung pula kepada-Mu ya Tuhanku, agar mereka tidak mendekati aku.”

6. Ayat Kursi

Ayat kursi dijumpai sebagai ayat pengusir jin dan setan juga sekaligus ayat yang paling ditakuti oleh setan dan jin. Ini karena ayat kursi memiliki kandungan makna meminta pelindungan ke Allah Swt.

Baca Juga:   Doa agar Mantan Menghubungi Kita Lagi

Seperti diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radiyallahu’anhu, barang siapakah yang membaca ayat kursi saat akan tidur, maka memperoleh pelindungan dari malaikat atas perintah Allah.

Maka ayat kursi sebagai doa menyingkir kan jin jahat dan sehat jahat yang memang sungguh ampuh.

Jadi, ayat kursi merupakan doa mengusir jin jahat dan sehat jahat yang memang benar-benar ampuh.

Berikut bacaan ayat kursi:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Dia yang hidup kekal, lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya; tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

7. Al Falaq

Meskipun cuman terdiri dari 5 ayat, Al Falaq memiliki kandungan makna yang luar biasa. Bahkan juga, surat ini kerap dipakai sebagai ayat pengusir setan

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

Latin: qul a’ụżu birabbil-falaq. Min syarri mā khalaq. Wa min syarri gāsiqin iżā waqab. Wa min syarrin-naffāṡāti fil-‘uqad. Wa min syarri ḥāsidin iżā ḥasad.

Baca Juga:   Doa agar Terhindar dari Fitnah Dajjal

Artinya: Katakanlah, ‘Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.’

Dilansir dari sumber Islam NU, berikut adalah doa yang diajarkan malaikat Jibril kepada Nabi saw didatangi jin ifrit.

 أَعُوذُ بِوَجْهِ اللَّهِ الْكَرِيمِ، وَبِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ الَّتِي لَا يُجَاوِزُهُنَّ بَرٌّ وَلَا فَاجِرٌ مِنْ شَرِّ مَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاءِ، وَمِنْ شَرِّ مَا يَعْرُجُ فِيهَا. وَمِنْ شَرِّ مَا ذَرَأَ فِي الْأَرْضِ، وَمِنْ شَرِّ مَا يَخْرُجُ مِنْهَا، وَمِنْ شَرِّ فِتَنِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ، وَمِنْ شَرِّ طَوَارِقِ اللَّيْلِ، وَمِنْ شَرِّ كُلِّ طَارِقٍ إِلَّا طَارِقًا يَطْرُقُ بِخَيْرٍ يَا رَحْمَنُ.

A‘udzu biwajhillahil karim, wabikalimatillahit-tammatil-lati la yujawizuhunna barrun wa fajirun, min syarri ma yanzilu minas-sama’i, wa min syarri ma ya‘ruju fîha, wa min syarri ma dzara’a fil-ardhi, wamin syarri ma yakhruju minha, wa min syarri fitanil-laili wan-nahari, wamin syarri thawariqil-laili, wamin syarri kulli tharinin illa thariqan yathruqu bi khairin, ya rahman

Artinya: Aku berlindung dengan dzat Allah yang maha mulia, dengan kalimat-kalimat-Nya yang sempurna, yang tidak ada orang baik dan juga orang durhaka yang melampuainya, dari keburukan yang turun dari langit dan keburukan apa pun yang naik ke langit; dari keburukan apa saja yang masuk ke bumi dan keburukan apa saja yang keluar dari bumi; dari keburukan fitnah-fitnah siang dan malam; dari keburukan petaka-petaka malam; dari keburukan setiap petaka yang datang, kecuali petaka yang datang membawa kebaikan, wahai Zat yang maha penyayang.  

Berikut adalah doa mustajab ketika diganggu oleh jin, semoga apa yang kalian baca bermanfaat untuk kalian dan mampu menghadapi gangguan jin yang mengganggu manusia. Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.