Zona Syariah, Portal Berita IslamiAqiqah yaitu menyembelih satu ekor kambing selaku bentuk rasa sukur pada Allah SWT atas lahirnya seseorang bayi. Di implementasi aqiqah, bisa dikerjakan dengan memangkas rambut serta tiup ubun-ubun bayi sembari membacakan doa.

Melaksanakan aqiqah hukumnya adalah sunah muakad. Berarti direkomendasikan buat diselesaikan buat masing-masing muslim, baik laki laki ataupun wanita dan orang yang dapat atau mungkin tidak dapat.

Apabila bayinya yaitu laki laki, jadi sunah buat disembelihkan dua ekor kambing. Dan seandainya bayi itu semacam kelamin wanita, hewan aqiqahya cukup seekor.

Doa Mencukur Rambut Bayi dan Meniup Ubun-Ubunnya

Dikutip dalam buku Doa-doa Terbaik Sepanjang Masa Karya Achmad Zaky, jika saat kita cukur rambut bayi di saat aqiqah, karena itu kita disarankan untuk membaca doa berikut;

Doa Mencukur Rambut Bayi

رُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillhi robbil ‘alamin. Allahumma nurus samawati wa nurusy syamsyi wal qamari. Allahumma sirrullahi nurun nubuwwati rosulullahi shollallahu ‘alaihi wa sallama wal hamdu lillahi robbil ‘alamina.

Artinya : Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasululullah Saw, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Doa Meniup Ubun-Ubun Bayi

اللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Allâhumma innî u’îdzuhâ bika wa dzurriyyatahâ minasy syaithânir rajîm

Artinya:”Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk,”.

Baca Juga:   Doa Nabi Adam untuk Memikat Siti Hawa Mustajab

Berikut adalah kumpulan doa mencukur rambut bayi, jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.