Zona Syariah, Portal Berita Islami – Di beberapa daerah, mandi bunga atau mandi kembang masih menjadi bagian dari tradisi dan terus dilestarikan hingga saat ini, seperti pada saat prosesi pernikahan hingga mandi bunga untuk membuka aura.

Bahkan agar terlihat lebih afdol, sebelum prosesi mandi bunga juga, biasanya dilakukan dengan diiringi doa khusus terlebih dahulu, agar mandi bunga bisa lebih mujarab. Doa mandi kembang 7 rupa menurut Islam adalah sebuah doa yang dilakukan saat mandi kembang untuk membersihkan diri secara spiritual.

Tips Mencerahkan Wajah dalam Islam

Dalam agama Islam sendiri, pada dasarnya tidak ada dalil khusus yang mengatur tentang mandi bunga. Islam justru menawarkan tips atau cara agar wajah lebih cerah dan berseri-seri dan tidak diperkenankan mengubah atau bahkan menanam sesuatu di bagian tubuh yang sudah diberikan oleh Allah SWT terlebih jika memiliki tujuan yang cenderung musyrik.

Dalam Islam, cara mencerahkan wajah lebih mengarah kepada ibadah sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT, seperti rajin Shalat agar wajah terlihat lebih indah, cerah dan berseri. Selain itu, hilangkan sifat dengki sehingga membuat raut wajah terlihat lebih kusam dan kusut akibat tidak pernah ada kedamaian di hatinya.

Selalu tersenyum, ingatlah, senyum adalah bagian dari ibadah. Dengan selalu memberikan senyum kepada orang lain, wajah akan terlihat lebih baik karena senyum adalah sebaik-baiknya riasan.

Berwudhu juga menjadi cara paling efektif agar wajah terlihat lebih cerah, selain mampu membersihkan kotoran dan najis. Wudhu juga membuat wajah siapa pun terlihat lebih bercahaya dan cerah.

Baca Juga:   Doa Nabi Sulaiman Memanggil Burung Walet

Panduan Mandi Bunga Buka Aura

Mandi bunga untuk membuka aura, tujuannya sebenarnya adalah untuk membangun sugesti khusus agar penampilan terlihat lebih baik, khususnya kepada lawan jenis, atau bahkan untuk membangun kewibawaan.

Mandi bunga bisa dimulai dengan beberapa cara, berikut panduannya:

  • Siapkan air bersih dalam ember atau gentong
  • Siapkan bunga atau kembang tujuh warna
  • Siapkan air garam

Proses selanjutnya adalah mencampur tujuh rupa bunga ke dalam air kemudian sebelum masuk ke kamar mandi, terlebih dahulu dilakukan pembacaan doa yang kemudian dilanjutkan dengan membasuh seluruh tubuh mulai dari kepala hingga ke mata kaki secara merata. 

Setelah prosesi mandi bunga selesai, sebaiknya dilanjutkan dengan membasuh tubuh dengan air garam. Air garam selama ini kerap dianggap sebagai medium untuk menetralisir aura maupun energi negatif yang selama ini menyelimuti aura.

Bunga yang Disarankan Saat Mandi Bunga Buka Aura

Jenis bunga yang paling disarankan saat mandi bunga buka aura diantaranya adalah bunga melati, mawar, lili, kenanga, anggrek, bunga krisan serta bunga wijaya kusuma. Bunga-bunga ini dianggap memiliki kaitan erat untuk membangun aura dalam tubuh agar lebih keluar.

Salah satu jenis bunga yang bahkan harus ada dalam proses mandi bunga untuk membuka aura adalah bunga melati, wijaya kusuma dan bunga mawar. Bunga ini kerap dikaitkan dengan berbagai ritual-ritual khusus.

Tips Mandi Bunga untuk Buka Aura

Tips mandi bunga untuk membuka aura idealnya dilakukan semata-mata hanya untuk membuang kesialan atau energi negatif dalam tubuh serta tetap berserah diri kepada Allah. Selain itu,  disarankan pula untuk mandi bunga pada malam hari atau bisa juga mandi di aliran sungai.

Hindari hal-hal yang bersifat musyrik yang menjurus ke hal-hal yang menduakan Sang Pencipta karena rezeki, jodoh dan maut merupakan kehendak mutlak dari Sang Pencipta, sedangkan mandi bunga untuk membuka aura hanya dijadikan sebagai perantara dari tujuan atau niat untuk membuka aura.

Baca Juga:   Doa Nabi Khidir Bismillahi Masya Allah

Manfaat Mandi Bunga

Manfaat mandi bunga secara khusus memang sangat baik untuk tubuh selain karena kandungan dari bunga yang digunakan untuk mandi juga memiliki aroma yang sangat wangi dan bisa membuat tubuh lebih harum dan segar.

Doa Mandi Bunga untuk Buka Aura

Pada umat muslim, mandi bunga umumnya lebih banyak menggunakan doa yang dipakai saat hendak mandi besar atau mandi junub yang bertujuan untuk mensucikan kembali tubuh dari najis atau hadas dan kotoran. 

Proses pembacaan doa dilakukan sebelum masuk ke kamar mandi, dengan membaca niat: Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbari fardhol lillaahi ta’aalaa. Setelah itu dilanjutkan dengan membasuh kedua telapak tangan kemudian mengambil wudhu seperti hendak shalat lalu dilanjutkan dengan membasuh seluruh tubuh dengan air bunga.

Sedangkan, beberapa kepercayaan lain, memiliki doa mandi bunga untuk membuka aura yakni: 

رَبَّنَآ اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَاۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Robbana at-mimlana nurrona waghfirlana innaka ala kulli syai’in qadir yang kemudian dilanjutkan dengan membasahi tubuh dengan air bunga.

Doa khusus pada saat hendak melakukan mandi bunga ini, oleh beberapa masyarakat diyakini sangat efektif untuk membangun aura menjadi energi yang positif dan terlihat baik oleh siapapun yang melihatnya.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.

Write A Comment