Zona Syariah – Bagi seorang muslim tentu menginginkan perlindungan dari Allah dan juga terhindar dari berbagai keburukan yang ada. Terlebih saat seseorang tengah dihadapkan dengan kejadian yang menimbulkan kekhawatiran dan rasa takut yang mendalam. Tak hanya diri sendiri saja, keinginan untuk melindungi keluarga juga merupakan isi dari untaian doa yang diucapkan. Seperti misalnya ialah doa keselamatan keluarga dan juga diri sendiri seperti di bawah ini. Berikut doa keselamatan keluarga dan diri sendiri

Doa untuk Keselamatan dan Perlindungan Keluarga

Dalam ajaran agama Islam, tentu seorang muslim akan diajarkan untuk memohon perlindungan hanya kepada Allah Swt semata. Sementara dengan meminta kepada selain Allah tentu akan menyebabkan seseorang terjerumus ke dalam sebuah dosa kesyirikan. Tentu saja kesyirikan tersebut juga harus dipertanggung jawabkan di dunia akhirat kelak. Salah satu cara memohon pada Sang Pencipta ialah melalui sebuah doa yang dipanjatkan oleh hamba-Nya.

Seperti misalnya adalah doa yang diperuntukkan untuk meminta dan memohon keselamatan serta perlindungan untuk keluarga. Bacaan doa tersebut ialah :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

“Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.”

Arti dari doa tersebut ialah, “artinya ya Allah. Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari segala yang menyedihkan dan menyulitkan, dari rasa lemah dan malas, dari rasa bakhil dan penakut, dari lilitan hutang, dan dari penindasan orang orang.”

Dengan doa ini diharapkan akan membaut keluarga menjadi selamat, sejahtera, dan mampu mengatasi kesulitan hidup yang siap datang kapan saja.

Doa untuk Keselamatan untuk Diri Sendiri

Tak hanya meminta keselamatan dan perlindungan bagi pihak keluarga saja, Anda juga dapat meminta perlindungan untuk diri sendiri. Karena tak dapat dipungkiri bahwa setiap saat tentu terdapat marabahaya yang mengintai diri seorang manusia. Dengan mengamalkan doa untuk keselamatan diri sendiri dan doa keselamatan keluarga ini diharapkan akan menghindarkan diri dari marabahaya tersebut.

Baca Juga:   Bacaan Doa Agar Suami Minta Terus Kepada Istrinya

Doa memohon perlindungan untuk diri sendiri memiliki bacaan yaitu :

مَنْ نَزَلَ مَنْزِلاً ثُمَّ قَالَ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ. لَمْ يَضُرُّهُ شَىْءٌ حَتَّى يَرْتَحِلَ مِنْ مَنْزِلِهِ ذَلِكَ

“U’iidhukumaa bi kalimaatillaahi t taammati min syarromaa kholaq.”

Jika diartikan maka doa tersebut akan berupa, “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan apa yang diciptakan-Nya”. Dari doa doa yang dipanjatkan ini diharapkan akan membantu Anda untuk terhindar dari marabahaya yang ada.

Doa Memohon Perlindungan untuk Anak Bayi

Selain diri sendiri dan juga keluarga secara umum, anda pun dapat berdoa untuk memohon perlindungan untuk anak bayi di keluarga yang dimiliki.  Bacaan dari doa tersebut ialah, “Bismillahi allohumma janibnaasy syaitoona wajannab sayitoona maa rojatanaa.” Doa ini juga dapat Anda panjatkan untuk bayi yang baru lahir ke dunia karena mereka sendiri akan sering diganggu oleh jin dan bangsa yang lainnya.

Sama halnya doa keselamatan keluarga, doa untuk anak bayi yang baru lahir ini juga memiliki arti atau makna di dalamnya. Arti dari doa tersebut ialah, “Dengan menyebut nama Allah. Ya Allah hindarkan kami dari setan. Jauhkanlah setan dari anak yang telah Engkau karuniakan kepada kami.” Dengan doa yang dipanjatkan ini diharapkan akan membantu si kecil terlindungi dari marahabaya yang ada, seperti misalnya adalah dari gangguan jin di sekitarnya.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh seorang hamba dalam meminta perlindungan kepada Allah adalah dengan melalui sebuah doa. Mulai dari doa untuk diri sendiri, keluarga, maupun untuk anak bayi yang baru dilahirkan di dunia. Dengan doa yang dipanjatkan kepada Sang Khalik, diharapkan akan membantu menghindarkan diri dan sanak kaluarga dari maharabaya yang siap datang kapan saja.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.