Zona Syariah, Portal Berita Islami – Setiap aktivitas akan lebih mudah dan lancar jika disertai doa, begitupun saat hendak bepergian atau keluar rumah. Ya, saat keluar rumah, kita harus berdoa agar urusan berjalan dengan baik. Bahkan, anak TK pun harus terbiasa dengan ini. Lalu, bagaimana doa keluar rumah untuk anak TK?

Doa khusus anak ini sangat mudah dipahami dan dihafalkan, Jadi, sebagai orang tua, Anda harus menuntunnya hingga mencontohkannya sehari-hari. Berikut adalah penjelasan mengenai doa keluar rumah beserta adabnya:

Doa Keluar Rumah untuk Anak TK

Ada banyak doa yang memang harus diajarkan oleh orang tua pada anaknya. Salah satunya yakni doa pendek saat hendak keluar rumah. Berikut adalah keluar rumah yang cukup ringkas dan mudah di hafal anak:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

(Bismillah, tawakkaltu ‘alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah)

Doa tersebut cukup umum dan paling sering dilafalkan. Maka, Anda bisa mengajarkannya pada anak mengingat mudah ditiru dan dihafal.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

(Allaahumma innii a’uudzu bika an adhilla au udholla, au azilla au uzalla, au azhlima au uzhlama, au ajhala au yujhala ‘alayya)

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu, jangan sampai aku sesat atau disesatkan (setan atau orang yang berwatak setan), berbuat kesalahan atau disalahi, menganiaya atau dianiaya (orang), dan berbuat bodoh atau dibodohi.” (HR Abu Dawud Nomor 5094, Nasai 5486, Ibnu Majah 3884, dan dishahihkan Al Albani)

Baca Juga:   Doa Agar Orang yang Menyakiti Kita Celaka Menurut Islam

Itulah doa keluar rumah yang juga disebut dengan doa isti’adzah. Maksud dari doa di atas yakni ketika seseorang berada di luar rumah, tentu akan berhadapan dengan orang lain dalam urusan apapun.

Dalam hal ini, adakalanya orang akan tersesat, terjatuh, terperangkap, bahkan sampai bertengkar hebat. Sebagai orangtua pasti tak ingin buah hatinya mengalami hal demikian. Maka, anak perlu terbiasa mengucap doa agar selalu selamat saat berada jauh dari rumah.

Doa Minta Pertolongan Saat di Luar Rumah

Kenapa harus mengajarkan doa ini? Well, saat keluar rumah, anak tak cukup jika sekedar mengucap salam, melenggang pergi, dan urusan beres. Adakalanya anak akan mendapat masalah dalam perjalanan atau aktivitasnya. Sehingga, doa sangat diperlukan.

Hal ini tentu memiliki tujuan, yakni memohon agar sang anak selalu dalam perlindungan Allah. Dengan begitu, dia dapat melaksanakan aktivitas luar rumah dengan baik tanpa gangguan dan ancaman.

Berikut adalah doa meminta pertolongan saat di luar rumah:

Rabbighfir lii wahab lii mulkan laa yanbaghii li ahadin min ba’di ba’adi innaka antal wahhaab.

Doa Naik Kendaraan Saat Keluar rumah

Sebagaimana dijelaskan bahwa mengendarai kendaran pun pun butuh doa dan keberkahan. Berikut adalah doa ketika hendak pergi ke luar rumah:,  

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

(subhaanalladzii sakhkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa robbinaa lamunqolibuun.)

Membaca doa ketika sedang berada di kendaraan memiliki banyak manfaat atau faedah. Tak hanya orang dewasa, anak pun harus bersedia membacanya demi kebaikan bersama. Manfaat tersebut antara lain:

Mendapat perlindungan dari ancaman atau bahaya, misalnya perampokan, kecelakaan, begal, dan hal lain yang dapat mengganggu perjalanan.

Baca Juga:   Arti Al-Malik: Dalil, Makna, Keutamaan, dan Cara Mengamalkannya

Diberi keselamatan oleh Allah. Karena terhindar dari bahaya, maka kita akan sampai ke tujuan dalam keadaan selamat.

Perjalanan menjadi berkah. Dengan berdoa, Allah akan senantiasa melimpahkan keberkahan selama perjalanan. Misalnya, kita akan bertemu orang baik saat ada hal buruk menimpa, dan lain sebagainya.

Itu hanyalah sekilas manfaat dari berdoa ketika berkendara. Ada banyak manfaat lainnya yang akan didapat jika selalu menerapkannya.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.

Write A Comment