Setiap manusia pasti memiliki cobaan dan masalah hidup masing-masing sesuai dengan porsinya. Tidak hanya cobaan dan ujian, setiap manusia juga memiliki keinginannya masing-masing. Nah, jika kamu sedang memiliki hajat, maka berdoalah kepada Allah SWT. dengan doa ismul adzom Rasulullah SAW.

Doa ini adalah doa yang bisa mengabulkan segala keinginan atau hajat manusia. Selain itu, doa ini juga mampu untuk mempermudah segala ujian dan cobaan yang kamu alami saat ini.

Bahkan, kamu juga dianjurkan untuk mengucapkan doa ini ketika tidak sedang memiliki keinginan apapu. Pasalnya, berdoa adalah hal yang harus kita lakukan agar sifat tinggi hati tidak ada dalam diri kita, karena hanya Allah SWT. sajalah yang maha tinggi dan maha segalanya.

Hanya Dia lah yang bisa membantu manusia dan makhluk seisi bumi ini. Oleh karena itu, membiasakan diri untuk selalu berdoa adalah hal yang baik. Setidaknya, berdoalah setiap kamu selesai melaksanakan sholat, ya.

Doa Ismul Adzom Menurut Kitab Al-‘Uddah lil Kurabi wasy Syiddah

Ada sebuah kita yang ditulis oleh imam Dhiya’uddin al-Maqdisi. Kitab ini bernamaAl-‘Uddah lil Kurabi wasy Syiddah yang berisi tentang berbagai versi doa pembuka Rasulullah SAW. dan para sahabatnya atau yang disebut juga doa ismul adzom Rasulullah.

Kitab ini juga menjelaskan bahwa doa ismul adzom Rasulullah juga dibaca ketika Rasulullah sedang memiliki perkara yang sulit. Penulis kitab ini juga mengumpulkan riwayat hadits yang berisi doa-doa yang Rasulullah SAW baca ketika mengalami ujian dan cobaan yang berat.

Mau tahu salah satu doa yang ada di kitab ini? Nah, kitab ini menuliskan salah satu riwayat yang berasal dari Ibnu Abbas RA. Riwayat ini mengisahkan bahwa Nabi Muhammad SAW. membaca suatu doa ketika beliau sedang dalam kesulitas, berikut doanya.

doa ismul adzom Rasulullah

Selain doa di atas, kitab ini juga berisi doa lain yang dibaca oleh salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW. Doa ini ditulis berdasarkan salah satu riwayat yang menceritakan bahwa Rasulullah SAW pernah mendengarsahabatnya membaca suatu doa lalu dibenarkan oleh Rasulullah SAW.

Doa Ismul Adzom Lainnya

Nah, berikut doa lainnya yang ditulis dalam kitab Al-‘Uddah lil Kurabi wasy Syiddah

Di dalam doa tersebut berisikan permohanan kepada Allah SWT. yang Maha Agung dengan menggunakan ismul adzom atau nama Allah yang Agung.

Baca Juga:   Doa Agar Mantan Kembali Kepada Anda

Sebelum kalian berdoa, jangan lupa untuk selalu tulus dan sopan santun ketika berdoa. Hal ini sesuai dengan perintah Allah SWT. dalam Q.S Al-A’raf: 55-56.

Makna Doa Ismul Adzom Rasulullah

Doa ismul adzom Rasulullah SAW. ini memberikan makna tentang ‘Ismul Adzom’ atau nama yang diangungkan, yakni Allah SWT. Doa ini mengandung makna bahwa hanya kepada Allah SWT lah tempat manusia meminta pertolongan, karena Dia lah yang Maha Agung.

Terdapat pula hadits yang mengisahkan tentang doa ismul adzom Rasulullah ini, berikut haditsnya.

Doa ismul adzom Rasulullah SAW

Nah, dari hadits di atas juga dapat diambil kesimpulan bahwa makna dari doa ini adalah Allah SWT akan mengabulkan semua doa-doa hambaNya jika mereka memohon dengan tulus dan menyebut nama Allah SWT yang agung.

Karena pada dasarnya manusia hanyalah makhluk yang lemah dan membutuhkan pertolongan Allah SWT untuk mengatasi permasalahan atau keinginan apapun. Oleh karena itu, doa ini juga mengajarkan kepada umat muslim untuk selalu melibatkan Allah SWT dalam setiap aktivitas apapun dengan cara berdoa kepadaNya.

Dengan berdoa, maka urusan menjadi lebih mudah. Selain itu, hati juga menjadi lebih tenang dan tidak gelisah. Kamu tidak akan mendapatkan satu kerugian apapun jika berdoa kepada Allah SWT. Namun, perlu diingat bahwa usaha tetap penting dilakukan sembari berdoa kepada Allah SWT.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.