Membaca doa adalah salah satu hal yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. berdoa juga terhitung sebagai ibadah, sehingga orang yang membacanya akan mendapatkan pahala. Sama halnya ketika seseorang membaca bacaan doa ismul adzom.

Doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca ketika kamu memiliki suatu hajat yang ingin terkabul. Jadi, pas sekali dibaca ketika sedang memiliki suatu keinginan atau sedang memiliki masalah yang sukar diselesaikan. Lantas, bagaimana bacaan doa ismul adzom? Berikut penjelasan lengkapnya.

Bacaan Doa Ismul Adzom

Doa ini juga dikenal sebagai doa untuk mengabulkan semua hajat manusia, yang tentunya atas kehendak Allah SWT. Tidak hanya itu saja, doa ini juga membuat ujian dan cobaan seseorang menjadi lebih mudah.

Bukan hanya dibaca ketika memiliki hajat tertentu, tapi doa ini juga dianjurkan untuk dibaca setiap waktu, baik ketika kamu memiliki hajat atau tidak. Hal ini karena tidak ada salahnya kita berdoa kepada Allah SWT, selagi meminta dengan cara yang baik dan rendah hati.

Ada sebuah kitab yang bernama Al-‘Uddah lil Kurabi wasy Syiddah. Kitab ini merupakan karangan imam Dhiya’uddin al-Maqdisi. Apa sih isi dari kitab tersebut? salah satu ini dari kitab tersebut adalaah macam-macam versi doa doa ismul adzom Rasulullah SAW.

Berikut salah satu doa yang ada di kitab Al-‘Uddah lil Kurabi wasy Syiddah karangan imam Dhiya’uddin al-Maqdisi. Dalam kitab ini tertulis bahwa doa ini adalah riwayat Ibnu Abbas RA. Dalam riwayat tersebut, dikisahkan bahwa Rasulullah SAW. membaca doa ketika ada cobaan atau ujian sulit yang beliau hadapi.

Doa Ismul Adzom Penarik Rezeki

Selain berisi bacaan doa, kitab Al-‘Uddah lil Kurabi wasy Syiddah juga menjelaskan kapan doa ini dibaca, yakni ketika Rasulullah SAW. sedang memiliki masalah yang sulit untuk dihadapi.

Baca Juga:   Doa Nabi Adam untuk Memikat Siti Hawa Mustajab

Selain menjelaskan hal tersebut, imam Dhiya’uddin al-Maqdisi juga mengumpulkan banyak sekali riwayat hadits tentang doa-doa yang dibaca Rasulullah SAW. saat sedang menghadapi ujian dan cobaan yang berat.

Berikut doa pengkabul hajat lainnya yang dibaca oleh sahabat Rasulullah SAW.

Doa Ismul Adzom Penarik Rezeki

Di dalam doa di atas, ada bacaan yang berisi tentang permohanan dikabulkannya hajat kepada Allah SWT. dengan menggunakan nama Allah yang Agung atau ismul adzom.

Makna Doa Ismul Adzom

Doa ismul adzom berisi makna tentang nama yang diangungkan atau ‘Ismul Adzom’, yakni Allah SWT. Makna yang lebih mendalam dari doa ini adalah bahwa hanya kepada Allah SWT manusia bisa meminta pertolongan dan tidak ada selain Dia. Salah satu hadits yang mengisahkan tentang doa ini yaitu sebagai berikut.

Doa Ismul Adzom Penarik Rezeki

Kamu bisa mengambil kesimpulan dari hadits di atas bahwa makna doa ini yaitu doa-doa yang dipanjatkan oleh hamba Allah SWT akan terkabul jikalau manusia tersebut memohon dengan ikhlas serta rendah hati.

Hal ini karena pada dasarnya, semua manusia  membutuhkan pertolongan Allah SWT karena manusia hanya makhluk yang lemah. Oleh karena itu, sebaiknya sebagai manusia tidaklah boleh bersikap sombong dan harus selalu rendah hati.

Selain itu, selalu ingatlah Allah SWT dalam setiap aktivitas apapun agar kehidupan menjadi lebih mudah dan berkah. Berdoa juga membuat hati dan pikiran menjadi tidak gelisah dan lebih tenang.

Tapi, kamu harus ingat bahwa dengan berdoa bukan berarti tidak perlu berusaha. Usaha tetap wajib dilakukan sambil memanjatkan doa kepada Allah SWT. Sekian penjelasan tentang bacaan doa ismul adzom, semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.