Zona Syariah, Portal Berita Islami – Mendidik anak menjadi sosok yang tangguh dan pemberani bukan perkata yang mudah. Anda perlu melatih mental mereka agar tidak cengeng. Namun perlu diingat bahwa cara mengajari anak tidak bisa disamakan dengan orang dewasa. Anda pun perlu menggunakan doa agar usaha anda diijabah oleh Allah. Berikut adalah doa agar anak tidak cengeng dan penakut, simak bersama sama!

Doa Agar Anak Tidak Cengeng

Sebagai orang tua, sudah kewajiban anda untuk mendidik anak menjadi pribadi yang tangguh dan berakhlak baik. Oleh karena itu, anda perlu mengajarkan mereka beberapa doa yang bisa membuatnya tidak gelisah atau takut. Salah satu doa yang bisa anda ajarkan kepada mereka adalah “A‘dzu bi kalimtillhit tmmti min ghadhabih, wa ‘iqbih, wa syarri ‘ibdih, wa min hamazati shaytan wa an yahdhurn.”

Doa yang satu ini memiliki arti bahwa kita sebagai manusia memohon perlindungan kepada Allah yang maha sempurna dari berbagai hal seperti siksaNya, murkaNya, dan gangguan setan. Anda bisa mengajarkan doa tersebut sekaligus menjelaskan arti dari ayat tersebut. Tekankan pula bahwa doa akan senantiasa menjauhkan diri kita dari hal hal yang buruk.

Doa lain yang bisa anda ajarkan kepada si kecil adalah “Allahumma inna naj’aluka fi nuhurihim wa na’udzubika min syururihim.” Doa agar anak tidak cengeng dan penakut ini didapat dari sebiah hadis sehingga tidak ada lahanya jika hendak diamalkan. Arti dari ayat tersebut adalah Kita semua yang memohon kekuatan atau perlindungan demi menghadapi orang orang yang jahat atau berniat buruk.

Baca Juga:   Amalan Doa Nabi Sulaiman untuk Kekayaan Melimpah Ruah di Dalam Al Quran

Doa Agar Anak Tangguh Namun Lembut

Selain membuat mereka menjadi sosok yang tangguh, jangan lupa untuk memohon kepada Allah agar si kecil menjadi pribadi yang penurut. Hal ini penting, karena takutnya di kecil malah menjadi anak yang terlalu keras. Anda sebagai orang tua harus senantiasa memberikan doa doa yang baik demi membentuk akhlak si kecil. Beberapa doa yang dimaksud adalah ayat kursi, al insyirah, dan surah taha.

Penggalan dari surat Toha yang sesuai dalam pokok bahasna doa agar anak tidak cengeng dan penakut adalah ayat 1 sampai 5. Ayat yang dimaksud adalah sebagai berikut:

۝طه

۝ مَآ أَنزَلْنَا عَلَيْكَ ٱلْقُرْءَانَ لِتَشْقَىٰٓ

 ۝إِلَّا تَذْكِرَةً لِّمَن يَخْشَىٰ

 ۝تَنزِيلًا مِّمَّنْ خَلَقَ ٱلْأَرْضَ وَٱلسَّمَٰوَٰتِ ٱلْعُلَى

 ۝ٱلرَّحْمَٰنُ عَلَى ٱلْعَرْشِ ٱسْتَوَىٰ

Penggalan surat Taha ayat 1 sampai 5  tadi jika ditulis dalam bentuk latin menjadi thaaha (1) mā anzalnā ‘alaikal-qur`āna litasyqā (2) illā tażkiratal limay yakhsyā (3) tanzīlam mim man khalaqal-arḍa was-samāwātil-‘ulā (4) ar-raḥmānu ‘alal-‘arsyistawā (5). Penggalan ayat tersebut kembali mengingatkan bahwa Allah menurunkan Alquran sebagai peringatan mutlak dari Sang Pencipta.

Esensi dari doa ini adalah untuk menanamkan kepada si kecil bahwa tidak ada hal yang menakutkan selain ancaman dan peringatan yang ada di Al Quran. Ayat tersebut juga membuat anak menjadi sosok yang tidak keras kepala dan berakhlak sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Al Quran. Doa ini penting untuk anda bacakan bersamaan dengan doa agar anak tidak cengeng dan penakut.

Anda sebagai orang tua juga ada baiknya untuk berdoa secara rutin untuk kebaikan sang anak. Hal ini penting karena doa anda sangat mujarab, terutama seorang ibu. Anda bisa membentuk akhlak anak dengan lebih mudah jika disertai dengan ridho dari Allah. Gunakan pula waktu waktu mujarab untuk berdoa agar apa yang anda inginkan bisa tembus langsung pada Allah.

Baca Juga:   Ini Doa Memanggil Ikan Saat Mancing agar Memperoleh Tangkapan yang Banyak

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.

Write A Comment