Zona Syariah, Portal Berita Islami – Mengawasi seorang anak bukan perkara yang mudah terlebih jika mereka sedang marah atau rewel. Salah satu reaksi yang sering muncul adalah menangis. Sejatinya ada beberapa doa yang bisa anda gunakan untuk menenangkan si kecil. Doa apa sajakah itu? Yuk intip ulasan lengkap seputar doa agar anak berhenti menangis dan lebih tenang bersama sama.

Doa Agar Anak Tidak Menangis Dan Tenang

1. Surat Al Buruuj ayat 20-22

Al Quran merupakan pedoman hidup umat manusia, khususnya seorang muslim. Tidak heran jika ada banyak sekali ayat yang bisa anda lantunkan. Salah satu doa untuk menenangkan anak yang rewel dan menangis adalah QS Al Buruj ayat 20-22.

وَاللَّهُ مِنْ وَرَائِهِمْ مُحِيطٌ

بَلْ هُوَ قُرْآنٌ مَجِيدٌ ﴿﴾ فِي لَوْحٍ مَحْفُوظٍ﴾﴿

Jika ditulis dalam tulisan latin adalah sebagai berikut : “wallahu min wara-ihim mukhmaithun (20) bal huwa qur-aanun majeed (21) fii lawhon mahfuzh (22)”. Sedangkan artinya yaitu “padahal Allah (telah) mengepung mereka dari belakang (mereka) (20). Bahkan yang didustakan oleh mereka itu adalah Quran yang mulia (21). yang tersimpan dalam Lauh Mahfuzh (22)”

Doa agar anak berhenti menangis ini bisa anda panjatkan ketika anak rewel. Usahakan agar posisi anda dekat dengan si kecil agar mereka juga dapat mendengar doa yang anda panjatkan. Harapannya, lantunan tersebut juga dapat mempengaruhi mereka sehingga hatinya menjadi lebih lunak dan akhirnya bisa lebih tenang.

2. Surat At Takwir 20

Surat At-Takwir juga dapat anda gunakan sebagai doa untuk menenangkan si kecil agar mereka berhenti menangis. Adapun ayat dari Surat At Takwiir 20 adalah sebagai berikut:

Baca Juga:   Memahami Asmaul Husna: Ar-Rahman Artinya, Dalil & Keutamaannya

ذِىۡ قُوَّةٍ عِنۡدَ ذِى الۡعَرۡشِ مَكِيۡنٍ

“Dzii quwwatin ‘inda dzil ‘arsyi makiin”

yang artinya “yang memiliki kekuatan, memiliki kedudukan tinggi di sisi (Allah) yang merupakan pemilik (memiliki) ‘Arsy,”. Ayat tersebut menggambarkan jika anda adalah makhluk yang lemah sehingga meminta bantuan Allah, Sang Penguasa Arsy. Dengan doa agar anak berhenti menangis ini, diharapkan hati si kecil menjadi lebih tenang.

Sejatinya tidak ada ketentuan jelas berapa kali anda bisa memanjatkan doa tersebut. Terkabul atau tidaknya doa tentu hanya Allah yang tahu sehingga tidak ada salahnya jika anda terus mencoba. Disamping itu, amati pula sebenarnya apa yang membuat anak menjadi rewel. Coba untuk dengarkan keluhan si kecil, karena siapa tahu bisa anda selesaikan dengan segera.

Ketika anak sedang menangis, hindari untuk membentak mereka dengan nada yang tinggi. anda harus bisa mengajaknya berbicara dari hati ke hati. Jika anda juga terpancing emosi, maka anak akan semakin rewel. Tentu hal tersebut akan semakin merepotkan, terlebih jika anda sedang berada di tempat yang ramai.

3. Doa Lain

Doa agar anak berhenti menangis yang berikutnya adalah berupa doa doa pendek yang biasa anda tahu, yaitu Al Fatihah, Ayat kursi, Lak Falaq, Al Ikhlas. Doa doa tersebut akan membantu si kecil agar bisa tenang dan bahkan tertidur dengan nyaman. Kebanyak orang tua menggunakan doa tersebut ketika si kecil menjadi rewel dan menangis di malam hari.

Doa dikutip dari karya Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, Al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalaami Sayyid al-Abrar, (Surabaya: Kharisma, 1998), halaman 302:

سْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Baca Juga:   Yuk Simak Doa Tawasul Pendek Serta Tata Caranya

Bismillahirrahmanirrahim. Bismillâhilladzî lâ yadlurru ma’a ismihi syaiun fil ardli wa lâ fis samâ`i wa huwas sami’ul ‘alim

Artinya:

Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan menyebut asma Allah, Dzat yang dengan asma-Nya, tidak akan bisa membahayakan apapun yang ada di bumi dan langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Doa saja tentu tidak cukup sehingga anda perlu melakukan sebuah aksi yang dapat membuat buah hati merasa nyaman. Menggendong dan memeluk merupakan cara yang bisa anda coba. Langkah tersebut dapat menjadi ungkapan kasih sayang dan dukungan. Namun kembali lagi, itu semua tergantung koneksi antara anda sebagai orang tua dengan si kecil. 

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.

Write A Comment