Zona Syariah, Portal Berita IslamiIslam selalu mewajibkan semua umatnya untuk berdoa dalam hal apapun, baik yang sepele hingga besar. Tujuannya supaya kegiatan yang dilakukan ataupun harapan yang diinginkan bisa terkabul serta membawa keberkahan. Tak terkecuali doa untuk saudara kandung.

Dimana kita pasti menginginkan saudara kandung selalu dalam perlindungan dan mendapatkan yang terbaik. Nah, bagi yang sudah tahu hal ini bukanlah persoalan sulit, namun bagi mereka yang belum akan cukup membingungkan. Tak perlu berlama-lama lagi berikut ini penjelasannya.

Sekumpulan Doa Untuk Saudara Kandung dan Keluarga Lainnya

Keluarga merupakan rumah yang paling berharga, karena disanalah tempat kita dibesarkan dan menimba kasih sayang. Maka dari itu tentu kita menginginkan bukan hanya saudara yang dilimpahkan kebahagiaan namun juga keluarga besar.

Oleh karenanya lah selain doa untuk saudara kandung ada pula beberapa doa lain yang bisa diamalkan setiap hari. Dengan begitu semoga keluarga selalu diberikan perlindungan oleh Tuhan YME.

1. Doa agar selalu berlimpah kasih sayang

Doa Untuk Saudara Kandung

Doa untuk saudara kandung yang pertama adalah harapan selalu berlimpah kasih sayang. Jadi dengan adanya doa ini diharapkan mampu menjadi tombak agar saudara-saudara kita selalu utuh dan harmonis.

Waalqoitu Alaika maqabbatammanai, walitusna’a alaaini.

Artinya : Dan aku telah tanamkan dari kemurahanku perasaan  kasih sayang orang kepadamu dan supaya kau dibela dan dipelihara dengan pengawasanku.

2. Doa kebahagiaan untuk dunia dan akhirat

Doa Untuk Saudara Kandung

Berbicara mengenai doa untuk saudara kandung, tidak akan luput dari secercah harapan untuk dunia dan akhirat. Doa yang dilafalkan adalah sebagai berikut.

Baca Juga:   Arti Al Mukmin Asmaul Husna: Dalil, Makna, dan Keutamaannya

Robbana Attina Fiddunia Hasanah, wafil’a hirati hasanatau waqina adhabannar.

Artinya : Ya Allah berikanlah kami kebaikan di dunia dan akhirat serta peliharalah kami dari siksa api neraka.

3. Doa keselamatan dunia dan akhirat

Doa Untuk Saudara Kandung

Bahagia di dunia saja rasanya tidak cukup, karena bagaimanapun akan ada kehidupan di akhirat. Seperti yang sudah ditulis dalam Al-quran dan hadist bahwa kehidupan akhirat sangat berbeda dengan duniawi.

Oleh karenanya amalkan doa ini jika ingin saudara beserta keluarga besar mendapatkan keselamatan di dunia dan di akhirat.

Allahumma Inni As’aluka salamatanfiddaini wa afiyatan pijasadi wayizajatan fil ilmi wabarokatan firozqi wataubatanqoblalmauti warahmatanindzalmauti wama firotan ba’dal mauti Allahumma Huwan Alainafi sakaratul mauti wannajata minannari wal afwa indzahisabi.

Artinya : Ya Allah sesungguhnya kami memohon Kepadamu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, keberkahan rezeki, limpahan ilmu, taubat sebelum datangnya maut atau kematian, dan ampunan setelah datangnya maut. Mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami perlindungan dari api neraka dan ampunan ketika hisab.

4. Doa agar keluarga rajin beribadah

Doa agar keluarga rajin beribadah

Terakhir adalah doa yang meminta supaya keluarga dan saudara kandung rajib beribadah. Dengan doa ini bisa mendatangkan keberkahan pada ibadah. Berikut ini doanya.

Robbaj Alni Mukimasholati wamin duriati robbana wataqobbal dhua’a.

Artinya : Ya Tuhanku jadikanlah aku beserta turunanku termasuk orang-orang yang tetap mendirikan sholat, Ya Allah kabulkanlah semua doa-doaku.

Tentunya dari doa ini dapat membuat keluarga terketuk pintu hatinya untuk tetap mempertahankan ibadahnya. Sehingga keluarga pun tidak hanya mendapat kebahagiaan dunia yang fana melainkan juga amalan untuk kehidupan di akhirat nanti.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa doa untuk saudara kandung dan juga keluarga yang bisa kita pelajari dan amalkan. Doa-doa itu tidak hanya berguna untuk diri sendiri melainkan orang lain yang ada di sekitar kita. Semoga dapat memberikan manfaat dan keberkahan ilahi.

Baca Juga:   Doa Agar Pencuri Kepanasan Mustajab

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.