ZonaSyariah – Dalam melakukan segala hal memang membutuhkan usaha yang keras dan disertai dengan doa agar mampu mencapai hasil yang maksimal. Manusia dapat berusaha dengan maksimal, tetapi segala hasil dan keputusan diserahkan kembali kepada Tuhan. Oleh karena itu, doa memiliki kekuatan dan peran yang sangat besar. Jika sedang menghadapi ujian, sebaiknya amalkan doa untuk anak yang sedang ujian agar segala yang dihadapi lancar. Yuk simak selengkapnya di sini!

Contoh Doa Agar Ujian yang Dihadapi Lancar

1. Doa Agar Tidak Gelisah Saat Ujian

Gelisah saat memasuki ruang ujian adalah suatu hal yang wajar. Hal tersebut dapat terjadi atau dialami oleh semua orang, baik yang muda maupun tua. Tidak memandang usia ataupun jenjang yang sedang dijalani karena ujian adalah suatu hal yang mendebarkan. Sebelum ujian, tentu anda sudah belajar atau mempersiapkan diri dengan baik. Akan tetapi, anda tidak hanya dapat mengandalkan usaha karena terdapat doa yang bisa diandalkan agar tidak gelisah saat ujian.

Anda dapat membaca “Allahumma laa tada’lanaa damba illaa ghafartahu walaa ‘aibaa illaa ‘aibaa illaa satartahu walaa hamma illa farrajtahu walaa dainailla qadhaitahu walaakhaa jatammin khawaanijiddunyaa walakhirotihi lakaridhaa walana sholakhan illaa qadhaitahaa yaa arkhamarrokhimin.” Doa untuk anak yang sedang ujian ini menutupi kegelisahan hati, cacat diri, dosa, lunaskan hutang, dan menyelesaikan segala keperluan dunia dan akhirat seorang hamba.

2. Doa Memohon Kemudahan

Anda juga dapat meminta segala kemudahan atau kelancaran segala urusan yang dilakukan. Hal tersebut tentu harus diimbangi dengan usaha sebelumnya, lalu dapat meminta kelancaran. Doa ini dapat anda baca sebelum memasuki ruang ujian agar segala yang ada di hadapan menjadi lancar. Doa untuk meminta kelancaran ujian ini cukup mudah dihafal, yaitu “Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlan, wa anta taj’alul hazma idzaa syi’ta sahlan.”

Arti dari doa tersebut adalah ya Allah tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya. Hal ini menggambarkan kepasrahan seorang manusia yang hanya bisa berdoa dan berharap kepada Allah mengenai segala hal yang sedang dikerjakan. Selain itu, doa untuk anak yang sedang ujian ini jadi bukti bahwa manusia hanya dapat berusaha, lalu hasil dikembalikan kepada Tuhannya.

Baca Juga:   Doa Agar Mantan Minta Balikan dalam Hitungan Detik

3. Doa Menghadapi Ujian

Sebelum menghadapi ujian, sebaiknya anda membaca doa “Ash sholatu was salaamu ‘alaika yaa sayyidi yaa rosulalloh kudz biyadii qollat hillati adriknii.” Ayat tersebut memiliki makna Shalawat dan salam kepadamu, wahai junjunganku, wahai Rasulalloh, raihlah tanganku, telah habis daya upayaku, bimbing lah aku (menuju Allah). Doa ini cukup mustajab agar ujian yang anda hadapi dapat berjalan dengan lancar.

4. Doa Mohon Terhindar dari Keputusan Ujian yang Tidak Baik

Setelah melalui ujian, anda sebaiknya juga membaca doa ini agar hasil yang dicapai sesuai dengan keinginan. Bacaan doa untuk anak yang sedang ujian ini mudah, yaitu “Allahumma inni a’udzubika minjahdil balai wadarkis syaqoi wasuil qodhoi wasamaatati a’dai.” Terjemahannya Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari musibah yang sangat buruk, kebinasaan, qada yang jelek dan kehinaan dari musuh-musuh. Doa ini mengharap hasil ujian yang baik.

Setiap manusia tentu akan menghadapi ujian, minimal sekali dalam hidupnya. Oleh karena itu, sangat wajar jika anda merasa gelisah ataupun khawatir mengenai ujian yang akan dihadapi. Anda tentu sudah mempersiapkan ujian dengan baik, tetapi alangkah lebih jika anda juga membaca doa agar hasil yang dicapai sesuai dengan keinginan. Anda dapat mempraktekkannya untuk ujian yang akan datang, semoga bermanfaat!

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.