Zona Syariah, Portal Berita Islami – Doa memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Salah satunya yakni doa nurbuat. Sejak dulu, banyak yang mempercayai bahwa doa ini bisa mendatangkan kekayaan. Lalu, bagaimana cara mengamalkan doa nurbuat untuk kekayaan?

Jika Anda bertanya cara mengamalkannya, maka Anda harus mengenal dahulu apa itu doa nurbuat, bagaimana doa serta tata caranya, dan khasiat selain untuk kekayaan. Berikut adalah penjelasan detail mengenai doa nurbuat:

Mengenal Doa Nurbuat

Umumnya, orang mengenal doa ini dengan sebutan doa Nubuwwah. Secara harfiah, nama doa ini tersusun atas 2 kata, yakni “Nurun” dan “An Nubuwwah”. Kedua kata tersebut berarti cahaya kenabian.

Menurut kepercayaan, doa nurbuat mempunyai banyak khasiat seperti menghadirkan kekayaan, menghindarkan diri dari santet, mendapatkan pengasihan, dan lainnya. Siapapun dapat mengamalkan doa ini dengan tujuan tertentu.

Lalu, apakah ada dalil yang mendasari untuk mengamalkan doa tersebut? Salah satu dasar yang dijadikan pegangan dalam hal ini yakni Nabi Muhammad pernah membaca doa nurbuat atas ajaran Jibril untuk kesembuhan cucunya (Hasan dan Husain) yang sedang sakit mata. 

Meski begitu, hingga detik ini, masih muncul perdebatan terkait hukum mengamalkannya. Ini karena doa tersebut bukanlah perintah langsung dari Rasulullah. Selain itu, pendahulu juga sudah memberi beberapa tambahan pada doa nurbuat.

Sebenarnya, Anda boleh membaca dan mengamalkan doa tersebut mengingat tidak adanya anjuran atau larangan khusus. Anda harus ingat bahwa doa itu sangat beragam. Jadi, Anda bebas memilih dan mengamalkannya sesuai kebutuhan.

Baca Juga:   Mendalami Makna Niat Sholat Idul Fitri, Shalat Sunnah pada 1 Syawal

Jika Anda berniat untuk mengamalkannya dengan tujuan khusus, Anda harus meminta pendampingan atau pengawasan orang yang ahli dalam bidangnya. Hal ini untuk menghindari kesesatan dan sejenisnya. Yang pasti, Anda harus memikirkan dulu niat tersebut secara bijak dan matang.

Doa Nurbuat dan Artinya

Terkait perselisihan untuk mengamalkan doa nurbuat, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui bagaimana bunyi atau bacaan doa nurbuat yang sesungguhnya. Berikut adalah doa nurbuat beserta terjemahannya:

اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ ، وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ ، وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ ، وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّآمَّاتِ ، وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ ، عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ ، عَيْنِ الْقُدْرَةِ والنَّاظِرِيْنَ ، وَعَيْنِ الْاِنْسِ وَالْجِنِّ ، وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنَ ، وَمَا هُوَ اِلاَّ ذِكْرٌ لِلْعَالَمِيْنَ ، وَمُسْتَجَابُ لُقْمَانَ الْحَكِيْمِ ، وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُو الْعَرْشِ الْمَجِيْدِ ، طَوِّلْ عُمْرِيْ ، وَصَحِّحْ اَجْسَادِيْ ، وَاقْضِ حَاجَتِيْ ، وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ ، وَحَبِّبْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ ، وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ ، مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَي الْكَافِرِيْنَ ، وَقُلْ جَآءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ ، اِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوْقًا ، وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَاهُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ ، وَلَايَزِيْدُ الظَّالِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ ، وَسَلَامٌ عَلَي الْمُرْسَلِيْنَ ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya:

“Ya Allah yang Maha Kuat, yang memiliki anugerah, yang merupakan zat yang Maha Mulia, yang menguasai banyak kalimat sempurna dan doa yang mustajab, penjamin Al Hasan dan Al Husain dari jiwa yang hak, pandangan yang penuh kuasa, serta orang-orang yang melihat dari pandangan para jin, manusia dan juga setan”.

Baca Juga:   Doa Sebelum Berhubungan agar Dapat Momongan

Sesungguhnya orang yang kafir itu adalah orang yang menjerumuskan kamu dengan pandangan dari mereka, ketika mendengar Al Quran dan mereka pun berkata, “ Sesungguhnya Muhammad adalah orang yang gila. Al quran hanyalah peringatan untuk setiap umat. Wahai yang Dia yang memperkenankan melalui Al quran yang sangat agung. Sulaiman dan juga Daud dan Dia yang Maha Pengasih, sebagai Pemilik Arasy yang Mulia.

Maka panjangkanlah umurku, sehatkanlah tubuhku, tunaikanlah segala yang kuperlukan, dan perbanyaklah harta dan anakku, jadikanlah aku orang yang terhindar dari segala permusuhan dari anak-anak adam yang masih hidup.

Pastikan ketetapan atau azab untuk orang-orang yang kafir. Karena sesungguhnya Engkau adalah yang Maha Kuasa akan segala sesuatu.

Maha suci Tuhanmu, yaitu Maha yang memiliki kebesaran, dari apapun yang (mereka) gambarkan yaitu orang-orang kafir, dan melimpahlah kesejahteraan pada para Rasul, dan segala puji Bagi Allah pemilik Alam Semesta. 

Cara Mengamalkan Doa Nurbuat untuk Kekayaan

Seperti penjelasan awal, doa ini pun bisa digunakan sebagai sarana untuk menarik kekayaan dari arah manapun. Bagaimana caranya? Anda cukup membacanya setiap malam hari kamis malam (malam jumat) sebanyak 100x.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebelum membaca doa nurbuat, Anda bisa mengikuti tata cara sebagai berikut:

  1. Tawassul

Wasilah (Al-Fatihah) ini ditujukan kepada :

  • Nabi Muhammad (1x)
  • Waliyullah, Syuhada’, ‘Alim ulama’, dan malaikat (1x)
  • Syekh Majdudin Al-Karmani (Khodam Doa Nurbuat) (1x)
  • Syekh Abdul Qadir Jailani, Syekh Qori, Syekh Somandari, Syekh Madi,  dan Syekh Ahmad Al Falatil Bauni (1x)
  1. Al Ikhlas (3x)
  2. Al Falaq (1x)
  3. An Naas (1x)
  4. Shalawat Nabi (21x)
  5. Doa Nurbuat

Selain cara di atas, ada juga cara lain. Anda bisa membaca doa tersebut sambil menanam kunyit. Anda harus menanamnya di tempat yang aman agar tidak ada orang yang mengetahuinya.

Baca Juga:   Doa Puter Giling Untuk Pencuri

Well, semua cara di atas akan sia-sia jika Anda hanya melakukannya sekali saja. Semua butuh keseriusan dan ketekunan. Artinya, Anda harus istiqomah mengamalkannya agar Allah segera mengijabah hajat tersebut.

Keutamaan Doa Nurbuat Selain untuk Mendatangkan Kekayaan

Selain untuk menarik rezeki, doa nurbuat pun memiliki banyak keutamaan. Artinya selain mengetahui cara mengamalkan doa nurbuat untuk kekayaan, Anda pun harus mengamalkannya untuk mendapatkan manfaat lain. Diantaranya yakni: 

Mengingatkan akan keagungan Allah

Dalam bacaan doa Nurbuat, Anda akan menemukan beberapa lafadz yang menyampaikan keagungan Allah. Dengan membacanya, maka Anda senantiasa mengingat dan mengagungkanNya. Maka, Anda akan merendah dan selalu taat kepada Allah.

Mendapat pengasihan

Dalam doa tersebut terdapat lafadz yang menunjukkan permohonan agar dihindarkan dari orang jahat atau musuh. Artinya, doa tersebut membantu Anda agar mendapatkan pengasihan dari banyak orang. 

Mendapat perlindungan dari gangguan sihir, jin, dan semacamnya

Anda juga akan mendapat perlindungan dari gangguan setan, jin, sihir, santet, dan sejenisnya. Anda bisa membacanya secara rutin agar tidak terjerumus dan tersesat terlalu jauh

Bertemu dengan nabi dalam mimpi

Banyak pula yang berpendapat bahwa dengan mengamalkan doa ini, Anda akan bertemu dengan Baginda Rasul dalam mimpi. Bagaimana caranya? Anda bisa membacanya secara rutin setiap sebelum tidur sebanyak 100x.

Meskipun Anda telah mengamalkannya namun tidak pernah bermimpi bertemu nabi Muhammad, Anda tetap mendapatkan manfaat lainnya. Misalnya, mendapat ketenangan hati, mengingat Allah, serta mendapat kemudahan rezeki.

Itulah beberapa keutamaan serta cara mengamalkan doa nurbuat untuk kekayaan. Satu hal yang harus anda ingat yakni istiqomah.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.

Write A Comment