Sholat sunnah merupakan salah satu macam sholat yang bisa dilakukan. Yang dianjurkan untuk Anda lakukan karena bisa membawa banyak berkah serta pahala. Biasanya sholat sunnah memiliki tujuan dan fungsinya masing – masing. Dalam setiap sholat sunnah, ada doa yang harus dibaca. Doa setelah sholat awwabin salah satunya.

Lalu seperti apa sih sholat awwabin ini? Dan apa sebenarnya tujuan serta fungsinya? Agar tak banyak pertanyaan yang semakin bergejolak dalam otak Anda, maka simaklah ulasannya berikut ini dengan baik dan pahami maksudnya.

Apa Itu Sholat Awwabin?

Sholat Awwabin ialah salah satu sholat sunnah yang memiliki keutamaan besar di dalam pelaksanaannya. Sholat sunnah awwabin ini dilakukan dalam pertengahan sholat fardu. Yaitu sholat fardu maghrib dan isya. Dan sholat sunnah awwabin ini juga dijelaskan dalam beberapa hadist. Berikut ini beberapanya!

تَتَجَافَى جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

Yang mana ayat di atas memiliki arti seperti berikut ini! “Lambung mereka terletak jauh dari tempat tidurnya, sedangkan mereka tengah berdoa kepada Tuhannya dengan adanya rasa takut serta harapan, dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.” (QS. As-Sajdah : 16).

Dan ayat tersebut ini telah diriwayatkan dari Anas, Ikrimah, Muhammad Ibnul Munkadir, Abu Hazim, dan Qatadah. Bahwa maksud dari ayat tersebut adalah menunggu di antara dua sholat, yakni sholat maghrib dan isya. Dan diriwayatkan dari Anas pula bahwa maksudnya ialah untuk menunggu datangnya sholat isya.

Yang mana memiliki sanad yang jayyid atau baik menurut riwayat dari Ibnu Jarir. Jadi, seperti itulah isi dari ayat yang berhubungan dengan sholat sunna awwabin. Yang menyatakan kebermanfaatannya untuk menunggu waktu sholat isya setelah melaksanakan sholat maghrib.

Baca Juga:   Kumpulan Doa Agar Orang Segan Melihat Kita

Niat Sholat Sunnah Awwabin

Nah, setelah mengetahui seperti apa sih sholat sunna awwabin tersebut, mari kita simak ulasan mengenai niat sholat sunnah awwabin. Karena hal ini sangat penting dan wajib kita ketahui sebelum mengetahui mengenai doa setelah sholat awwabin.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, sholat sunnah awwabin ini dapat dilakukan hingga 20 rakaat. Yang mana berisi sebanyak enam rakaat, empat rakaat, atau bahkan dua rakaat. Dan termasuk dalam beberapa sholat sunnah yang sangat dianjurkan karena memiliki kebermanfaatan yang besar.

Lalu seperti apa sih niat yang harus diucap sebelum melakukan sholat sunna awwabin ini? Agar tak sampai kita salah dalam proses pelaksanaannya. Maka simaklah ayat berikut ini. berisi niat dari sholat sunnah awwabin.

اُصَلِّى سُنَّةً الأَوَّابِينَ رَكَعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

“Ushalli sunnatal awwabiina rak;ataini lillahi ta’aalaa.”

Yang mana memiliki arti berikut ini. “Saya di sini berniat melaksanakan sholat awwabin sebanyak dua rakaat karena Allah SWT”. Ayat yang berisi niat sholat sunnah awwabin di atas ialah untuk yang dilakukan sebanyak dua rakaat. Lalu seperti apa sih doa setelah sholat awwabin itu?

Berikut Doa Setelah Sholat Awwabin

Nah, untuk Anda yang sudah melaksanakan sholat awwabin dalam menunggu datangnya sholat isya, dapat membaca doa setelah sholat awwabin berikut ini. Yang akan dijelaskan pula mengenai arti dari doa tersebut.

Doa Setelah Sholat Awwabin

“Allahumma inni astawdiuka imani fi hayati wa inda mamati wa bada mamati fahfadzhu alayya innaka ala kulli syai-in qodir.”

Yang mana artinya : “Ya Allah, saya titipkan iman ini baik ketika saya masih hidup, pada saat saya meninggal, dan setelahnya. Jagalah iman tersebut untuk hamba, sesungguhnya Kau lah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.