Ketika hendak berpergian, alangkah baiknya jika kita menyampaikan doa terlebih dahulu kepada Allah SWT. Apalagi kalau mau pergi ke sekolah untuk mencari ilmu. Yang merupakan perbuatan mulia dan sangat bermanfaat untuk diri sendiri. Agar bisa mengetahui dan memahami banyak hal. Simaklah doa berangkat sekolah berikut!

Sebelum menuju ke pembahasan mengenai doa yang tepat dibacakan sebelum berangkat sekolah, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai ayat yang menyerukan untuk mencari ilmu sebanyak – banyaknya. Seperti apa itu ayatnya?

Ayat Yang Menyerukan Untuk Mencari Ilmu

Mencari ilmu merupakan hal mulia yang wajib dilakukan oleh siapapun. Apalagi jika ia adalah seorang umat muslim. Nah, yang perlu Anda tahu, ilmu tak hanya dapat diperoleh dari pendidikan formal saja, tetapi juga pendidikan non formal. Bisa sekolah, pondok, les, atau pun tempat yang lainnya. Bahkan dari pengalaman orang lain maupun diri sendiri.

Berikut ini adalah ayat yang menyerukan setiap umat muslim untuk mencari banyak ilmu. Yang diambil dari hadist Anas bin Malik mengenai sabda Rasullullah SAW. Simaklah lafal dari ayat tersebut beserta artiannya.

طَلَبُ العِلْمْ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَوَاضِعُ العِلْمِ عِنْدَ غَيْرِ أَهْلِهِ كَمُقَلِّدِ الخَنَازِيْرِ الجَوْهَرَ وَاللُؤْلُؤَ والذَهَبَ. رواه ابن ماجه وروى البيهقي

Artinya ialah, “Menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim, akan tetapi bagi yang meletakkan ilmu untuk seseorang yang tak layak seperti menaruh permata, mutiara dan emas kepada seekor hewan (babi).” (HR. Ibnu Majah dan Baihaqi)”.

Setelah Anda mengetahui seperti apa ayat yang menyeruhkan kewajiban untuk mencari banyak ilmu, maka Anda juga perlu mengetahui seperti apa sih doa berangkat sekolah yang tepat untuk Anda ucapkan. Yang nantinya bisa memberikan banyak manfaat pada Anda dan membuat perbuatan baik tersebut jauh lebih berkah.

Baca Juga:   Doa agar Terhindar dari Fitnah Dajjal

Berikut Doa Berangkat Sekolah Dengan Tujuan Belajar

Ketika akan pergi bersekolah, alangkah baiknya Anda membaca doa sebelum berpergian terlebih dahulu. Agar nantinya Anda diberikan keselamatan dan kelancaran dalam menjalankan kegiatan tersebut serta diberikan berkah untuk setiap yang ada di dalamnya.

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

“Bismillaahi tawakkaltu’alalloh laa haula walaa quwwata illaa billaah”. Yang mana memiliki arti sebagai berikut, “Dengan menyebut nama Allah SWT, aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dari-Mu”.

Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui seperti apa sih doa berangkat sekolah yang bisa diucapkan setelah membaca doa di atas? Nah, setelah membaca doa di atas, alangkah baiknya untuk Anda membaca doa berangkat sekolah yang bertujuan untuk meminta berkah dan ilmu yang bermanfaat. Simak doanya berikut ini!

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

“Robbi zidnii ‘ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-sholihiin”. Yang memiliki arti berikut, “Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya. Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang soleh”. Kemudian dilanjut dengan lafal berikut ini!

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا

“Rodlitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla Robbi zidni ilman nafi’a warzuqni fahma”. Dengan arti berikut ini, “Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu, berikanlah aku pengertian yang baik”.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai doa berangkat sekolah yang bisa digunakan oleh Anda. Yang sangat baik maknanya dan juga cocok diucapkan sebagai doa agar Anda mendapatkan berkah dari ilmu yang bermanfaat.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.