Perkembangan dan pertumbuhan anak perlu dipantau dengan baik oleh anda selaku orang tua. Namun ada kalanya, si kecil mengalami sedikit keterlambatan dalam masa perkembangannya sehingga dapat membuat anda kalau orang tua merasa was was. Salah satu kemampuan yang rentan tertinggal adalah kemampuan berbicara. Berikut adalah doa agar anak bisa bicara yang perlu anda amalkan.

Doa Anak Agar Cepat Berbicara

Berikut ini adalah urutan Doa Anak Agar Cepat Berbicara

1. Surah Taha 25-28

Anak akan secara alami belajar berbicara ketika usianya menginjak 6 bulan. Namun perlu anda ingat bahwa setiap anak memiliki waktunya sendiri sendiri. Rentang usia untuk belajar berbicara adalah sampai 2 tahun. Jika di usia tersebut belum ada perkembangan, maka anda perlu berkonsultasi pada dokter. Namun di samping itu, anda juga perlu berdoa kepada Allah SWT.

Doa pertama yang bisa anda coba adalah Surah Taha ayat 25-28 :

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Latin:

“Robbisrohli Sodri Wa Yassirli Amri Wahlul Uqdatan Min Lisani Yafqahu Qauli”.

Ayat tersebut memiliki arti yang kurang lebih memohon kepada Allah untuk diberikan dada yang lapang dan memohon agar dimudahkan seluruh urusan serta dilepaskan seluruh kekakuan yang ada di lidah agar orang lain dapat mengerti apa yang anda maksud.

2. Doa Agar Keinginan Cepat Terkabul

Doa agar anak cepat bisa bicara saja tentu masih kurang. Anda juga bisa memanjatkan doa khusus agar doa anda lebih cepat terkabul. Adapun doa yang bisa anda panjatkan adalah sebagai berikut:

Baca Juga:   Doa Agar Anak Mau Minum Susu Formula dan Tips Membujuknya, Bunda Harus Tahu!

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِأَنِّي أَشْهَدُ أَنَّكَ أَنْتَ اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ الأَحَدُ الصَّمَدُ الَّذِي لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Lafadz dalam tulisan latin : Allaahumma innii as’aluka bi annii asyhadu annaka antallaahu, laa ilaaha illaa anta ahadus shamad, alladzi lam yalid wa lam yulad, wa lam yakullahuu kufuwan ahad. Artinya adalah anda memohon pertolongan kepada Allah dan bersaksi bahwa Allah adalah Tuhan Yang Maha Esa, tempat manusia bergantung yang tidak melahirkan maupun dilahirkan, serta tidak ada yang menyamai-Nya.

3. Asmaul Husnah

Setelah membaca doa agar anak cepat bicara dan doa agar keinginan terkabul, anda bisa lanjutkan dengan melafadzkan asmaul husnah. Anda bisa lakukan setelah sholat dan kemudian saat menidurkan si kecil. Sebagian orang percaya bahwa Asmaul Husna dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak secara optimal.

Rajin membacakan Asmaul Husna juga akan membuat hati anda menjadi lebih tenang dan senantiasa mengingat kuasa dari Allah. Selama anda melakukannya dengan istiqomah, maka harapannya kebaikan dari asma asma Allah dapat mendorong kemampuan buah hati agar bisa segera berbicara dengan lancar. Kendati demikian, anda tetap perlu berkonsultasi pada dokter.

Langkah konsultasi ini akan dinilai sebagai wujud usaha oleh Allah. Seperti yang ada tahu, bahwa Allah tidak akan mengubah suatu kaum jika tidak dibarengi dengan usaha. Adapun pernyataan ini sesuai dengan apa yang tertulis dalam Surat Ar-Rad ayat 11. Selain itu, rangsang pula si kecil sembari memanjatkan bacaan doa agar anak cepat bicara.

Anda sebagai orang tua juga tidak boleh patah semangat jika anak mengalami keterlambatan berbicara dan tak perlu khawatir terkait tumbuh kembangnya tidak ada yang terlambat berkembang. Anda harus percaya bahwa si kecil akan bisa berbicara dengan segera. Gunakan pula permainan permainan sederhana yang dapat menstimulasi dan melatih kemampuannya dalam berbicara, salah satunya adalah sesering mungkin meminta anaknya untuk mengulangi apa yang telah anda katakan dan makan makanan yang dapat menstimulasi anak agar menjaga kesehatan terkait tumbuh kembangnya. Bentuk usaha batin semacam ini tentu akan berhasil jika rutin. 

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.

Write A Comment