Zona Syariah, Portal Berita Islami Allah menciptakan manusia memiliki perasaan, baik itu mencintai ataupun membenci sesuatu. Perasaan cinta terhadap seseorang merupakan hal yang sangat membahagiakan. Namun, ada kalanya cinta menjadi perasaan atau pengalaman yang buruk dikarenakan oleh suatu keadaan. Sehingga ingin rasanya melupakan perasaan tersebut. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan berdoa meminta pertolongan kepada Allah SWT.  Berikut beberapa doa untuk melupakan seseorang.

Bacaan Doa Agar Mampu Melupakan Seseorang

Sebagian orang mungkin melupakan fakta bahwa doa memiliki kekuatan yang luar biasa. Sehingga saat ingin melupakan perasaan atau pengalaman burung dengan seseorang, maka cara yang paling ampuh adalah dengan berdoa. Seperti yang dianjurkan dalam surat Al A’raf ayat 55, “Berdoalah kepada tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang orang yang melampaui batas.”

Terkadang masalah bahasa dalam berdoa menjadi kendala bagi sebagian orang. Padahal meski tidak menggunakan bahasa Arab, Allah pasti akan mendengar doa para umatnya. Sehingga berdoa dengan menggunakan bahasa yang Anda kuasai pun juga bisa. Untuk itu, bacaan doa bisa disusun sesuai dengan kata kata sendiri. Berikut doa untuk melupakan seseorang yang bisa diamalkan:

“Ya Allah berikanlah hambamu ini kekuatan hati agar senantiasa bersabar di jalan kebenaran dan jalan yang Engkau ridhoi. Ya Allah, jangan biarkan ingatan ini bergantung pada masa lalu dan seseorang yang membuat aku jauh dari Mu, lalai ibadah kepada Mu, dan melupakan perintah Mu. Biarkan pikiran dan hatiku hanya tunduk kepada ajaran Mu, serta hanya berpasrah kepada Mu.”

Baca Juga:   Berikut Doa Agar Anak Cepat Jalan dan Tips Melatihnya

Kemudian juga bisa dengan menggunakan bacaan doa “Ya Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, jangan jadikan kami larut dalam kesedihan. Biarkanlah pikiran dan hati ini selalu tertaut kepada kebenaran dan kebaikan. Jangan jadikan seseorang yang ada di masa lalu kami menjadi penghalang untuk beribadah dan selalu mengingat Mu. Biarkanlah hambamu ini senantiasa mengingat Mu, bukan mengingat hal hal buruk dan yang membuat terpuruk.”

Selain itu, bacaan doa untuk melupakan seseorang juga bisa dengan “Ya Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, sesungguhnya Engkaulah yang mengatur hati kami. Kemudian Jagalah hati hamba Mu ini dari rasa dengki, ingatan yang buruk, kebencian yang mampu menyengsarakan hidup. Jangan biarkan hati dan pikiran kami mengingat hal hal yang menjadikan kami lalai beribadah dan taat kepada Mu.”

Amalan Untuk Menyeimbangi Doa Melupakan 

Agar bisa menyeimbangkan diri terhadap orang orang yang tidak menyenangkan atau membuat terpuruk dengan mengingatnya terus. Selain dengan doa, agama Islam juga memberikan perintah untuk menyikapi hal tersebut secara rasional dan tidak emosional. Pasalnya jika menyikapi dengan emosional akan membuat diri menjadi tidak adil serta akan mengingatnya terus menerus, sehingga tidak baik untuk kesehatan jiwa.

Untuk itu, agar bisa melupakan orang orang di masa lalu sebaiknya tidak membenci atau mencintai secara berlebihan, bisa memanfaatkan kesalahan orang lain, tidak mudah larut dalam emosi, serta senantiasa menggunakan akal dengan benar. selain itu, senantiasa amalkan doa untuk melupakan seseorang yang bisa dipanjatkan dalam shalat dan juga sujud dengan menggunakan kata kata yang baik, dan memasrahkan diri kepada Allah SWT.

Itulah beberapa bacaan doa yang bisa diamalkan untuk bisa melupakan orang orang serta pengalaman buruk di masa lalu. Namun bacaan doa tersebut juga bisa Anda rangkai dengan kata kata sendiri dengan menggunakan bahasa yang baik, halus, dan juga tulus hanya ditujukan kepada Allah SWT. Akan tetapi selain berdoa, jangan lupa untuk selalu berikhtiar dan berusaha.

Baca Juga:   Bacaan Doa Menghilangkan Judi yang Ampuh

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.