Sebuah doa adalah perantara manusia untuk meminta pertolongan kepada Sang Pencipta. Ada doa yang langsung terkabul dan ada juga yang tidak langsung terkabul. Nah, salah satu upaya yang bisa Anda lakukan agar doa menjadi mustajabah yaitu melakukan amalan doa yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Nah, di bawah ini ada 6 amalan doa yang bisa membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin terjadi.

1. Surat  Al Fatihah

Amalan doa yang pertama yaitu dengan membaca surah Al-Fatihah. Anda hanya perlu membaca penggalan ayat berikut ini.

Amalan Doa Yang Tidak Mungkin Menjadi Mungkin

Ayat dari surah Al-Fatihah tersebut memberikan makna kepasrahan kepada Allah SWT. serta sebagai bentuk pengakuan dan penyerahan diri seorang hamba kepada Allah SWT. 

2. Surat Al Ikhlas

Selain membaca surat Al-Fatihah, surat Al-Ikhlah juga menjadi salah satu amalan doa yang tidak mungkin menjadi mungkin. Surat ini adalah surat ke-112 yang terdiri dari 4 ayat.

Kelebihan surat Al Ikhlas yaitu mendapatkan pahala seperti membaca sepertiga Al Quran. Ulama’ juga menyampaikan bahwa surat ini bisa membuat doa menjadi cepat terkabul, dosa terampuni, dan membuka pintu surga.

3. Ayat Kursi

Ayat kursi berisi tentang martabat Allah yang Al-Hayyu dan Al-Qoyyum. Nah, dengan membaca ayat kursi sesering mungkin, maka keinginan atau hajat Anda akan menjadi cepat terkabul. Oleh karena itu, amalkan doa ini untuk membuat doa menjadi lebih mustajabah.

4. Surat Al Baqarah: 285-286

Selain membaca surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, dan ayat kursi, amalan doa yang tidak mungkin menjadi mungkin lainnya yaitu dengan membaca surat Al-Baqarah ayat 285-286. Hal ini berdasarkan dengan hadits Nabi Muhammad SAW. yang berbunyi:

Amalan Doa Yang Tidak Mungkin Menjadi Mungkin

Nah, berdasarkan dengan hadits di atas, maka mulai sekarang mulailah untuk membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqaroh jika ingin doa cepat terkabul.

5. Perbanyak Membaca Istighfar

Amalan doa yang tidak mungkin menjadi mungkin yaitu juga bisa dengan membaca istighfar. Istighfar bisa membuat masalah Anda menjadi lebih mudah dan keinginan juga lebih mudah terkabul.

Amalan Doa Yang Tidak Mungkin Menjadi Mungkin

Maka dari itu, biasakanlah untuk selalu membaca istighfar agar permasalahan Anda menjadi lebih mudah atas izin Allah SWT.

Baca Juga:   Cara Mengamalkan Doa Nurbuat untuk Kekayaan

6. Mengingat Allah dengan Dzikir

Semakin Anda sering mengingat Allah SWT, maka seharusnya Anda semakin jauh dari perbuatan yang dilarang. Pasalnya, salah satu penghambat terkabulnya doa adalah karena sering berbuat kemaksiatan.

Oleh karena itu, seringlah mengingat Allah SWT denga cara memperbanyak dzikir. Berdzikir juga bermanfaat untuk selalu berhuznudzon terhadap ketentuan Allah SWT dan membuat hati menjadi lebih tenang. Jadi, dzikir juga bisa menjadi amalan doa yang tidak mungkin menjadi mungkin.

7. Membaca Sholawat Nabi

Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW bisa membuka pintu langit, selain bisa memuliakan dan mendoakan Rasulullah. Terbukanya pintu langit ini menjadi faktor cepat terkabulnya doa kita.  

Tapi, jangan lupa untuk selalu membaca doa dengan penuh keikhlasan dan dengan hati yang tulus. Selain itu, berdoalah dengan sikap yang baik dan rendah hati agar doa kita cepat terkabul.

8. Faktor Terhambatnya Doa

Ada beberapa hal yang menyebabkan belum terkabulnya doa Anda. Pertama, bisa jadi ada penghalang untuk terkabulnya suatu doa karena Anda memutus tali silaturrahmi, mengonsumsi minuman dan makanan haram, atau lalim ketika berdoa.

Bersikap lalil maksudnya adalah berdoa untuk keburukan orang lain atau doa yang berisi perbuatan dosa lainnya. Selain itu, sebuah doa tidak terkabul karena bisa jadi Allah SWT sedang menangguhkan doanya agar Anda dipalingkan dari keburukan.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.