Dalam menjalin hubungan dengan orang lain, atau sering dikenal dengan beraktivitas sosial, pasti Anda pernah mengalami dihina. Dihina atau dijelek – jelekan memang sangat menyebalkan dan membuat diri kita merasa tidak nyaman. Membalas hinaan bukan pilihan tepat, lebih baik menyampaikan doa untuk orang yang menghina kita tersebut.

Mengapa lebih baik mendoakan? Karena hal – hal buruk, jika dibalas dengan keburukan juga, bisa menjadi masalah yang besar. Sebuah pertengkaran bisa saja terjadi dan mengakibatkan permusuhan. Sedangkan Rasullullah, selalu mengajarkan para umatnya agar bersabar dan mendoakan orang – orang yang membencinya.

Agar orang – orang tersebut, dapat bertobat dan berubah. Tidak lagi menjadi orang yang bersifat buruk dan suka menghina orang lain. Tapi berubah menjadi orang yang baik dan tak sembarangan dalam menilai. Dengan memberikan doa untuk orang yang menghina kita tersebut, Anda telah melakukan hal yang sangat mulia.

Ayat Yang Menyerukan Memberi Doa Untuk Orang Yang Menghina Kita

Mengenai kebiasaan menghina, sejatinya sudah ada ayat yang menjelaskan agar setiap manusia tidak menghina manusia lainnya. Dan ayat tersebut salah satunya dituliskan pada Al Quran Surat Al Hujurat ayat 11. Yang dapat Anda simak lafal dan artinya di bawah ini. Semoga bisa Anda pahami dan bermanfaat untuk kehidupan Anda.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَى أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا مِنْهُمْ وَلَا نِسَاءٌ مِنْ نِسَاءٍ عَسَى أَنْ يَكُنَّ خَيْرًا مِنْهُنَّ

Yang mana arti dari lafal tersebut ialah sebagai berikut. “Hai orang – orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik.

Baca Juga:   Makna Doa Sholat Idul Fitri, Bentuk Muhasabah Diri Setelah Puasa

Tapi dalam kenyataannya, masih saja banyak orang – orang yang iri dan dengki dalam kehidupan ini. Dan hal yang akan dilakukan oleh orang tersebut ialah menghina orang yang mendapatkan rezeki tersebut. Tapi Anda tidak bisa kembali melawannya dengan hinaan. Melakukan doa untuk orang yang menghina kita jauh lebih disarankan.

Memang hal tersebut sangat sulit untuk dilakukan. Tapi kita harus tetap bercermin pada apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Yang mana ia selalu saja sabar dan ikhlas ketika ia dihina serta dicaci oleh orang lain. Padahal Rasullullah adalah seseorang yang sangat mulia dan baik hatinya.

Apalagi kita yang hanya manusia biasa. Penuh dengan segala macam salah dan doa. Jelas jauh lebih banyak lagi orang – orang yang iri dan dengki pada kita. Serta berusaha untuk menghina dan menjelekkan kita. Oleh karena itu, wajib kita tahu mengenai doa untuk orang yang menghina kita.

Berikut Doa Untuk Orang Yang Menghina Kita

Ketika Rasullullah mengalami penghinaan dari sekelompok orang – orang, maka ia membaca sebuah doa. Yang mana berisi mengenai permintaan ampun pada Allah atas apa yang sudah dilakukan oleh sekelompok orang tersebut. Dan doa yang dilafalkan oleh Nabi Muhammad SAW ini dapat kita jadikan salah satu pilihan.

Sebagai doa untuk orang yang menghina kita. Maka simaklah ulasan mengenai lafal dari doa tersebut berikut ini. Yang mana memiliki artian seperti ini, “Ya Allah ampunilah kaumku, (mereka berbuat demikian) karena mereka tidak mengetahui”.

اللهم اغفر لقومي، فإنهم لا يعلمون

“Allahummaghfir li qaumi fa innahum la ya’lamun.”

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.