Zona Syariah, Portal Berita Islami – Tersakiti? Siapa yang mau. Tentu saja tidak akan ada yang menjawab keinginan. Namun situasi sulit dalam hidup selalu datang seperti itu. Terkadang kita bahkan merasa disakiti oleh tetangga dan teman terkadang keluarga malahan. Sekarang ini adalah doa agar mereka yang menyakiti kita akan menyesal dan minta maaf.

Meskipun Allah melarang kita untuk mendoakan orang lain sehingga terluka atau kena musibah, namun khusus bagi yang dirugikan atau dianiaya oleh Allah, Allah mengijinkannya. Maka ketika seseorang dianiaya dan disakiti dan dia berdoa agar Orang Yang Menyakitinya itu terkena musibah, Allah akan mengabulkannya.

Allah SWT berfirman, Allah bahwa tidak suka dengan orang yang mengatakan sesuatu hal buruk kepada seseorang dengan berkata jelas, tetapi orang yang dianiaya, dia mungkin menyebutkan kejahatan dan Allah Maha Mendengar dan Mahatahu. (148: an-Nisa )

Jadi meskipun ada orang yang kafir atau jahat, kita tetap harus adil. Jangan berlebihan dan menyalahgunakannya. Karena doa orang yang teraniaya walaupun kafir dan jahat tetap dikabulkan oleh Allah SWT.

Doa Agar Orang Lain Menyesal Sebagai Berikut

Bila perkara yang dihadapi terasa berat, ada baiknya berserah diri kepada Allah SWT. Selain itu, juga dapat melafalkan doa berikut ini:

حَسْبِيَ اللهُ لِدِيْنِيْ حَسْبِيَ اللهُ لِدُنْيَايَ حَسْبِيَ اللهُ لِمَا اَهَمَّنِيْ حَسْبِيَ اللهُ لِمَنْ بَغَاعَلَيَّ حَسْبِيَ اللهُ لِمَنْ كَادَنِيْ بِسُوْءٍ وَلَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ اِلَّابِاللهِ

Hasbiyallahu lidini, hasbiyallahu lidunya, hasbiyallahu lima ahammani. Hasbiyallahi liman bagha ‘alayya, hasbiyallahi liman kadani bisu’in wala hawla quwwata illa billahi.

Artinya: “Cukuplah Allah bagi agamaku, cukuplah Allah bagi duniaku, Allah mencukupi bagi apa yang menyusahkanku, Allah mencukupi bagi yang menganiaya aku, Allah mencukupi bagi yang berniat jahat kepadaku, tidak ada daya upaya dan tidak ada tenaga melainkan pertolongan Allah.”

Baca Juga:   Bolehkah Doa Penglaris Dagangan Diterapkan?

Dari Mu’az Ra Berkata: Saya Diutus Oleh Rasulullah Lalu Dia Melihat Berkata:

Tentunya Anda akan datang kepada orang-orang dari ahli kitab, jadi undanglah mereka untuk bersaksi bahwa tidak ada kekuatan selain Allah dan bahwa saya adalah utusan Allah. Jika mereka taat melakukan itu, maka katakan kepada mereka bahwa Allah telah mewajibkan mereka untuk sholat lima kali sehari setiap malam.

Maka Allah mewajibkan mereka zakat diambil dari orang kaya di antara mereka, lalu diberikan kepada orang miskin. Jika mereka telah mematuhinya, menjauhlah dari harta mereka. Jagalah diri Anda dari shalat orang yang dizalimi, karena pada dasarnya tidak ada halangan antara shalat dan Allah SWT. (Muttafaq ‘alaih)

Dari Abu Hurairah Ra Berkata: Rasulullah Saw. Berkata:

Ada tiga shalat mustajab (dikabulkan) yang tidak diragukan lagi, yaitu: shalat orang yang teraniaya, shalat musafir, dan shalat buruk orang tua kepada anaknya. (HR Abu Daud dan al-Tirmizi. Al-Tirmizi berkata: Hadits hasan).

Kejahatannya adalah mempermalukan dirinya sendiri dan tidak membekas pada doa itu. Hadits hadits diriwayatkan oleh at-Tayalasi

Hadits Dari Ibn Umar R.A, Rasulullah Melihat:

Kamu harus mewaspadai shalat orang-orang yang dizalimi. Sesungguhnya shalat itu akan naik ke langit persis seperti contoh api yang berkobar ke udara. (HR. Hakim – sanad sahih)

Orang Tapi Dizalimi

Hadits di atas juga mengisyaratkan, siapapun kita, untuk selalu bersikap adil dalam segala hal dan tidak berbuat salah, jika seseorang berbuat salah kepada orang lain maka menunggu akibat buruk dari perbuatannya, cepat atau lambat ia akan ‘menikmati’ shalatnya.

Maka, buatlah benteng dalam diri kita dengan tidak berbuat salah kepada orang lain dan berusaha berlaku adil, karena memang doa untuk orang yang dizalimi itu benar-benar ‘makbul’ bagi orang yang salah, maka Nabi Muhammad juga memberikan peringatan kepada kita bahwa orang-orang yang dizalimi itu.

Baca Juga:   Dоа Nаbі Sulaiman untuk Mеndаtаngkаn Uаng уаng Dapat Kita Amаlkаn

yang berzina, maka doanya akan terkabul meskipun sebelumnya ada penyebab doanya tidak terkabul, seperti makanan orang tersebut didapat dengan cara yang haram atau haram. Memang ada hadits Nabi Muhammad SAW yang menyatakan bahwa shalat orang yang pakaian dan makanannya tidak halal tidak akan terkabul.

Dimana misalnya seseorang seperti dia dianiaya oleh seseorang, maka jika dia berdoa maka doanya yang ditujukan kepada pelaku kejahatan akan terkabul. Demikianlah ulasan tentang amalan doa agar orang yang telah menyakiti hati kita agar menyesal semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.