Sekolah adalah salah satu pendidikan formal yang butuh ujian sebagai bentuk mengukur kemampuan dari seorang siswa. Yang mana digunakan untuk menyeleksi kelayakan seorang siswa, apakah ia layak untuk naik kelas ataukah tidak? Doa agar naik kelas diperlukan untuk seorang siswa agar jauh lebih optimis ketika menghadapi ujian.

Karena ujian kenaikan kelas, memang cukup memunculkan rasa takut dan khawatir dalam diri seorang. Ketika seseorang tersebut mulai melakukan amalan agama, maka insyaallah bisa meningkatkan kecerdasan dan semangat untuk belajar. Oleh karena itu, perlu disimak pula beberapa amalan berikut ini.

Agar bisa meningkatkan kecerdasan serta semangat untuk belajar menuju ujian kenaikan kelas. Jadi tak hanya melakukan doa agar naik kelas saja. Tapi ada aspek upaya lainnya. Seperti apakah amalan – amalan yang dimaksud tersebut? Simak ulasannya!

Amalan Pendukung Doa Agar Lulus Ujian

Mental dan spiritual memang sangat perlu diberikan kesiapan. Agar bisa menambah motivasi diri untuk belajar. Apalagi ketika itu sudah mendekati penghujung kenaikan kelas. Tak hanya sang siswa saja yang akan merasa khawatir dan cemas, para orang tua, pasti juga merasakannya.

Biasanya, orang tua akan cenderung mengirim anak ke tempat les privat. Karena orang tua akan merasa jauh lebih tenang ketika memberikan hal yang relatif praktis ke pada anak – anaknya sebagai bekal menghadapi ujian kenaikan kelas tersebut. Tetapi, alangkah baiknya ketika kita pahami makna dari ujian tersebut.

Yang mana merupakan suatu upaya untuk mengukur tingkat kemampuan dari para siswa. Yang lebih fokus pada bidang kognitifnya selama siswa menjalani proses belajar di sekolah menggunakan standar nasional. Oleh karena itu, doa agar naik kelas sangatlah penting dilakukan, agar persiapan bisa lebih matang dan menenangkan.

Sebuah istighosah atau doa bersama, sangat baik untuk dilakukan sebelum menjalani ujian kenaikan kelas. Mengapa demikian? Agar mental, kesehatan, dan keampuan otak dasar bisa digunakan maksimal sesuai harapan. Yang bisa diberikan dengan melakukan kegiatan spiritual salah satunya.

Baca Juga:   Rezeki Tak Kunjung Datang, Yuk Coba Baca Doa Minta Rezeki Tak Terduga

Selain itu, ada pula beberapa amalan yang bisa dicoba oleh siswa agar meningkatkan rasa percaya diri untuk menghadapi ujian kenaikan kelas selain doa agar naik kelas dan istighosah. Apakah itu? Melakukan puasa Senin – Kamis dengan rutin ialah salah satunya. Dengan itu, siswa akan merasa jauh lebih ikhlas dan sabar menghadapi ujian.

Doa Agar Naik Kelas

Doa Agar Naik Kelas

“Allahumma nawwir quluubanaa kamaa nawwartal ardho bi nuuri syamsika abadan abadaa”

Lafal di atas, merupakan sebuah doa agar naik kelas yang bisa diamalkan setiap hari. Lebih tepatnya setelah selesai menunaikan sholat lima waktu. Dan mengulanginya sebanyak 21 kali setiap selesainya sholat fardhu. Dan yang harus dipahami lagi ialah tak boleh bolong sholatnya. Meskipun itu hanya satu atau dua kali saja.

Selain berdoa dan melakukan amalan – amalan spiritual, siswa juga tak boleh lelah untuk terus belajar dan belajar. Karena doa tanpa usaha sama seperti usaha tanpa doa. Yang tak akan dijabah oleh Allah SWT. Semua harus dilakukan berimbang. Hal lain yang bisa dilakukan ialah meminta doa dari orang tua serta keluarga.

Karena doa tersebut juga sebagai bentuk dukungan yang sangat diperlukan oleh seorang siswa dalam perjuangannya menuju kelulusan di ujian kenaikan kelas. Semoga cara yang ada ini bisa dilakukan dan menghasilkan sebuah hasil terbaik dalam ujian tersebut.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.