Zona Syariah, Portal Berita Islami Salah satu pihak yang paling berjasa pada seseorang adalah bapak dan ibu yang dimilikinya. Karena tak dapat dipungkiri bahwa sedari kecil mereka berdualah yang merawat anak anaknya. Mulai dari proses melahirkan hingga membesarkan sang buah hati hingga mereka menjadi dewasa. Hal inilah yang membuat seorang anak harus berbakti kepada ibu dan bapak yang ia miliki. Misalnya ialah dengan memberikan doa untuk kesembuhan orang tua yang sakit. 

Doa bagi Ibu atau Bapak yang Tengah Sakit

Sejak kecil saat si buah hatinya jatuh sakit tentu membuat ibu dan bapaknya menjadi cemas. Mereka akan senantiasa merawat dan berdoa demi kesembuhan sang putra. Dari keadaan inilah yang juga merupakan pengingat diri bagi anak anak mereka yang telah beranjak dewasa. Misalnya ialah pada saat ibu dan bapak tengah menderita penyakit tertentu di usia mereka yang tidak lagi muda.

Salah satu hal yang dapat kamu berikan ialah berupa doa. Dengan doa sendiri merupakan sebuah upaya dari seorang hamba dalam meminta kepada Sang Pencipta. Bacaan dari doa ini sendiri ialah

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

“Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqamaa.” Di dalam doa untuk kesembuhan orang tua ini juga memiliki arti tersendiri di dalamnya.

Artinya: “Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah kesushan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Zat yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.” Tak hanya memiliki arti saja, untuk mengucapkan doa ini kamu juga dapat melakukannya sesuai dengan urutan yang ada.

Urutan dalam Memanjatkan Doa Ini

Urutan yang pertama dalam memanjatkan doa ini ialah dengan memuji Allah Azza Wa Jalla kemudian dilanjutkan dengan bershlolawat kepada Baginda Rasullullah. Meminta ampunan kepada Allah adalah urutan yang ketiga dalam memanjatkan doa ini. Kamu juga bisa menyampaikan kebaikan apa saja dari ibu dan bapak dalam urutan doa untuk kesembuhan orang tua ini. Sertakan pula kesusahan apa saja yang telah mereka alami selama ini.

Baca Juga:   Dzikir dan Doa Ismul Adzom Penarik Rezeki

Barulah kemudian kamu dapat memanjatkan doa bagi ibu atau bapak yang tengah sakit. Minta kepada Allah untuk memberika kesembuhan kepada mereka berdua yang begitu kamu sayangi. Dengan doa tersebut diharapkan akan memberikan dampak yang positif pada penyakit yang tengah mereka derita. Amalan lainnnya juga bisa kamu lakukan sebagai sebuah upaya untuk membuat keadaan ibu dan bapak yang tengah sakit menjadi lebih baik.

Amalan untuk Ibu dan Bapak yang Sedang Sakit

Contoh amalan yang dapat kamu lakukan adalah dengan menjaga tutur kata kepada ibu dan bapak yang tengah sakit tersebut. Karena tak dapat dipungkiri, dari hal hal kecil seperti kata kata dapat mempengaruhi keadaan fisik orang orang di usia tersebut. Tak hanya itu, upayakan untuk membantu pekerjaan rumah yang ada saat ini sambil tetap bersabar dan menahan amarah. Doa untuk kesembuhan orang tua dan amalan inilah yang dapat kamu lakukan saat ini.

Itulah doa yang dapat dipanjatkan untuk meminta sebuah kesembuhan bagi ibu dan bapak yang tengah sakit. Tak hanya saat sedang sakit saja, sebagai anak yang berbakti selayaknya untuk senantiasa memberikan doa yang terbaik kepada mereka sepanjang waktu. Karena mereka pulalah yang mengantarkan anaknya untuk mencapai usia dewasa seperti saat ini. Dengan untaian doa tersebut secara tidak langsung juga dapat memperlancar rezeki yang kamu miliki.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.