Zona Syariah, Portal Berita Islami – Semut dikenal sebagai serangga sosial yang hidup berkelompok dalam koloni dan sarang. Mereka terdiri dari semut per koloni yang teratur. Hal ini kadang-kadang dapat mengganggu manusia, terutama ketika semut mencari makan di sekitar rumah kita, bahkan di dalam rumah. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyingkirkan semut dengan cara yang tidak menyakitkan. Salah satu caranya adalah dengan mengamalkan doa nabi Sulaiman yang dapat mengusir semut dari rumah kita.

Bagaimana Doa Nabi Sulaiman untuk Mengusir Semut

Menolak semut dilakukan tanpa membunuhnya atau merusak sarangnya. Karena dalam Islam, seorang muslim tidak diperbolehkan membunuh semut. Salah satu cara mengusir semut tanpa diserang adalah dengan berdoa. Dengan mengucapkan doa untuk mengusir semut, insya Allah hewan kecil tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Doa Mengusir Semut

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Latin: Rabbana ghfir li wa liwalidayya wa lilmu’minina yawma yaqumu alhisab

Artinya: “Ya Tuhan kami, ampunilah aku, ibu bapakku, dan semua orang yang beriman pada hari hisab (hari pembalasan).”

Doa ini dapat digunakan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT dan untuk mengusir semut serta menjauhkan gangguan semut dari rumah atau tempat lainnya.

Cara Mengusir Semut tanpa Membunuhnya

Semut sangat suka berjalan-jalan di sekitar area rumah, menempatkannya di atas meja, kursi, dan dinding. Islam memang melarang membunuh semut, maka dari itu perlu dilakukan cara mengusir semut dengan doa dan cara-cara yang diamalkan oleh nabi sulaiman seperti berikut ini:

Baca Juga:   Arti Ar Rahim: Dalil, Makna dan Keutamaannya

Rumah-rumah sering dijadikan sarang oleh semut yang suka berjalan-jalan di sekitar area tersebut. Namun, Islam sebagai agama mengajarkan untuk menjaga harmoni dan tidak membunuh makhluk hidup, termasuk semut. Oleh karena itu, ada metode-metode tertentu yang dapat dilakukan untuk mengusirkan semut tanpa membunuh mereka. Salah satunya adalah dengan berdoa kepada Allah SWT, memohon agar semut menjauh dan tidak pergi ke dalam rumah. Cara ini telah diamalkan oleh Nabi Sulaiman dan terbukti efektif dalam mengusir semut dari rumah.

Dengan begitu, kita dapat mengusir semut yang mengganggu tanpa harus membunuh mereka, sehingga kita tetap menjalankan prinsip-prinsip Islam yang melarang membunuh makhluk hidup dan menjaga harmoni dengan alam sekitar kita.

1. Dengan Karet Gelang

Semut menyukai makanan manis. Setelah membuka tutup makanan, Anda harus melilitkan karet gelang di sekitar tutupnya. Hal ini agar aroma manisnya tidak tercium oleh semut. Untuk menjaga kebersihan dapur, pastikan makanan disimpan di tempat penyimpanan yang tepat.

2. Taburan Tepung

Cara mengusir semut secara efektif juga bisa dilakukan dengan menaburkan tepung di tempat berkumpulnya semut. Mereka akan kesulitan mengatasi deretan tepung yang telah ditaburkan, sehingga lebih memilih untuk pergi. Tindakan ini dapat menghilangkan masalah keberadaan semut di rumah Anda. Selain itu, ada beberapa jenis bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk meminimalkan kehadiran semut. Membuat langkah-langkah mencegah dan melindungi rumah Anda dari semut juga perlu dilakukan.

3. Semprotkan Air Lemon

Cara mengusir semut juga bisa dilakukan dengan pengusir semut berbahan dasar air jeruk nipis. Anda dapat menyemprotkan campuran air jeruk nipis ke tempat-tempat yang sering dilalui semut. Sebagai sifat pengusir semut, semut sangat membenci aroma lemon, sehingga mereka memilih untuk pergi.

Baca Juga:   Yuk Simak Doa Orang Meninggal Perempuan Disertai dengan Artinya

4. Gunakan Daun Sirih

Anda juga bisa menaruh daun sirih sebagai cara mengusir semut tanpa membunuhnya. Dan biasanya semut akan menghindari tempat yang terdapat daun sirih.

5. Menggunakan Petroleum Jelly

Cara berikut bisa anda coba dengan Ambil sedikit petroleum jelly dan oleskan pada area yang telah Anda identifikasi sebelumnya. Pastikan untuk meratakan jelly sehingga seluruh permukaan tercakup dengan baik. Anda dapat menggunakan jari atau alat bantu lainnya untuk meratakan jelly secara merata.

Penutup

Demikian doa nabi sulaiman untuk mengusir semut, dengan cara mengusir semut dengan doa yang diajarkan Nabi. Karena semut itu mulia, umat Islam tidak boleh mengusir semut dengan membunuhnya. Namun, lebih baik mengusir semut dengan cara-cara yang disebutkan di atas, atau Anda juga bisa melakukan cara mengusir semut dengan doa.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.

Write A Comment