Zona Syariah – Portal Berita Islami. Rezeki adalah anugerah yang diinginkan oleh setiap individu. Namun, rezeki yang berkah dan halal adalah prioritas utama. Banyak umat Muslim berdoa meminta rezeki yang melimpah dan berkah dari Allah SWT. Artikel ini akan membahas doa-doa pembuka pintu rezeki dalam bahasa Arab dan Latin serta keutamaannya. Bagi Anda yang mencari doa meminta rezeki, artikel ini penting dibaca.

Apa itu Rezeki?

Rezeki adalah nikmat dari Allah SWT, baik berupa materi maupun non-materi. Setiap individu memiliki takdir rezeki yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Manusia hanya berusaha untuk mendapatkannya.

Mengapa Rezeki itu Penting?

Rezeki sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan rezeki, seseorang bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dan berbagi dengan orang lain. Rezeki yang halal juga menunjukkan keberkahan hidup seseorang di dunia dan akhirat.

Apakah Doa Meminta Rezeki Berlimpah Dijawab?

Allah SWT adalah dzat yang maha kaya dan maha pemberi. Setiap doa yang diucapkan dengan tulus dan diiringi dengan usaha yang maksimal pasti akan mendapat jawaban. Meski demikian, jawaban tersebut bisa berupa pemberian langsung, penghindaran dari sesuatu yang buruk, atau bahkan ujian.

Adab dalam Berdoa Meminta Rezeki kepada Allah SWT

Berdoa meminta rezeki kepada Allah SWT harus dengan adab yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Ini membantu memperoleh rezeki yang halal, luas, dan baik tanpa kesusahan, kemelaratan, dan kepayahan. Selain berdoa, juga harus bekerja keras untuk mencapai rezeki yang diinginkan.

Kumpulan Doa Meminta Rezeki yang Melimpah dan Halal

Sebagai umat Muslim, memohon rezeki yang halal tentu menjadi prioritas. Beberapa bacaan doa meminta rezeki yang halal antara lain:

Baca Juga:   Doa Sapu Jagat: Kunci Kebaikan dan Keberkahan dalam Hidup

1. Doa di Lancarkan Rezeki dan Usaha yang Halal

Berikut ini bacaan doa di lancarkan rezeki dan usaha yang halal yang dapat anda amalkan setiap hari adalah:

اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Arab Latin: Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

2. Doa Memohon Rezeki yang Halal

Rezeki yang halal merupakan rezeki yang didapat melalui jalan kebaikan yang diridhoi Allah SWT. Hal ini tentu akan membuat kebaikan seorang muslim menjadi bertambah dan hidup semakin berkah. Berikut ini doa yang bisa dibaca untuk mendapatkan rezeki halal:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ أَنْ تَرْزُقَنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَ مَشَقَّةٍ وَلاَ ضَيْرٍ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Latin: Alloohumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghoiri ta’abin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya: “ya allah sesungguhnya aku memohon kepadamu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

3. Doa di Lancarkan Rezeki dan Dijauhkan dari yang Haram

Doa di lancarkan rezeki dan dijauhkan dari yang haram yang bisa diamalkan oleh umat Muslim, yakni:

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Arab Latin: Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “ya allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.)

4. Doa Memperlancar Rezeki Secapat Kilat

Menurut Imam an-Nawawi dalam Al Adzkar, doa ini bisa mendatangkan rezeki dengan cepat. Doanya adalah untuk dijauhkan dari sifat malas sepanjang hari. Bacanya seperti ini:

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Baca Juga:   Arti Al-Malik: Dalil, Makna, Keutamaan, dan Cara Mengamalkannya

Arab Latin: Ashbahnā wa ashbahal mulku lillāhi wal hamdu lillāhi, lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīka lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alā kulli syai’in qadīr. Rabbi, as’aluka khaira mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba’dahā, wa a’ūdzu bika min syarri mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba’dahā. Rabbi, a’ūdzu bika minal kasli wa sū’il kibari. A’ūdzu bika min ‘adzābin fin nāri wa ‘adzābin dil qabri.

Artinya: “Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur.”

5. Doa Memperlancar Rezeki Tanpa Memberatkan

Allahumma innii as aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi’an thayyiban min ghairi ta’bin wa laa masyaqqatin wa laa dhairin wa laa nashabin innaka ‘alaa kulli syaiin qadiir.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas, dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan, dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

6. Doa Meminta Berkah dari Allah SWT

Berikut doa meminta berkah rezeki dari Allah SWT:

اللَّهُمَّأكْثِرْمَالِي،وَوَلَدِي،وَبَارِكْلِيفِيمَاأعْطَيْتَنِيوَأطِلْحَيَاتِيعَلَىطَاعَتِكَ،وَأحْسِنْعَمَلِيوَاغْفِرْلِي

Arab Latin: Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii.

Artinya: “Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

7. Doa di Lancarkan dalam Berusaha

Selain doa di atas, ada juga doa lain yang bisa digunakan untuk memperlancar rezeki dalam berusaha, yaitu sebagai berikut:

Allaahumma raddhinii biqadhaaika wa baarik lii fiimaa quddira hattaa laa uhibba ta’jiila maa akhkharta wa laa ta’khiira maa ‘ajjalta.

Artinya: “Ya Allah, ridailah aku dengan ketentuan-Mu dan berikanlah aku dalam apa-apa yang telah ditentukan sehingga aku tidak menginginkan dipercepatnya sesuatu yang telah Engkau tangguhkan dan ditangguhkannya sesuatu yang telah Engkau percepat.” (Disarikan dari Kitab Doa Mustajab Terlengkap karya Ustaz Amrin Ali Al Kasyaf)

Baca Juga:   Cara Mengobati dan Doa Sakit Gigi Sesuai Sunnah

8. Doa di Lancarkan Rezeki dari Allah SWT

Berikut doa agar rezeki lancar dari Allah SWT:

Rabbana anzil ‘alaina ma’idatam minas sama’i takunu lana ‘idal li’ awwalina wa akhirina wa ayatam minka warzuqna wa anta khairur raziqin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan-Mu, berikanlah kami rezeki dan Engkaulah Pemberi rezeki yang paling utama.”

9. Doa di Lancarkan Rezeki Secepat Kilat

Bacaan doa di lancarkan rezeki secepat kilat dari kitab Al-Adzkar Nawawi karya Imam Nawawi.

اللَّهُمَّ بِكَ أصْبَحْنَا ، وَبِكَ أمْسَيْنَا ، وَبِكَ نَحْيَا ، وَبِكَ نَمُوتُ ، وَإلَيْكَ النُّشُورُ

Arab Latin: Allahumma Bika Asbahna, Wa Bika Amsayna Wabika Nahya Wabika Namuutu Wailaikannusyuur.

Artinya: “Ya Allah, Berkat-Mu kami bisa menikmati pagi hari, karena berkah-Mu kami bisa berada di sore hari, karena-Mu pula kami bisa hidup, dan dengan-Mu kelak kami wafat. Hanya kepada-Mu kelak kami akan kembali.”

Rezeki Yang Berkah vs Rezeki Halal: Apa Bedanya?

Rezeki yang halal adalah rezeki yang diperoleh dari cara-cara yang sesuai dengan syariat Islam, sedangkan rezeki yang berkah adalah rezeki yang membawa kebaikan dan manfaat, baik dalam jumlah sedikit maupun banyak.

Bagaimana Cara Memohon Kemudahan Rezeki?

Memohon kemudahan rezeki dapat dilakukan dengan cara berdoa dan berusaha dengan sebaik-baiknya. Mengamalkan doa pembuka pintu rezeki dan selalu meminta kepada Allah agar diberikan kemudahan dalam mencari rezeki.

Rezeki Dari Segala Penjuru: Mitos atau Realitas?

Rezeki memang bisa datang dari arah yang tak terduga. Namun, hal ini bukanlah mitos, melainkan realitas yang telah banyak dialami oleh mereka yang tawakkal dan berusaha keras.

Berkah Dari Allah SWT: Apa Saja Bentuknya?

Berkah dari Allah bisa berupa rezeki yang berlimpah, kesehatan yang baik, ketenangan jiwa, ilmu yang bermanfaat, dan lain sebagainya. Setiap nikmat yang diberikan oleh Allah dan membawa manfaat adalah bentuk dari berkah-Nya.

Rezeki Yang Diatur oleh Allah SWT: Bagaimana Cara Mengenalinya?

Rezeki yang diatur oleh Allah memiliki ciri-ciri khusus, seperti datangnya dengan mudah, tidak menyusahkan, dan selalu memberikan keberkahan. Selain itu, rezeki tersebut juga tidak membahayakan dan selalu membawa ketenangan.

Kesimpulan

Rezeki adalah anugerah dari Allah SWT. Doa dan usaha untuk mendapatkan rezeki yang halal dan berkah sangat penting. Membaca doa meminta rezeki adalah salah satu cara memohon kepada Allah. Rezeki yang berkah lebih diutamakan daripada yang melimpah namun tidak halal. Semua rezeki telah diatur oleh Allah dan kita hanya berupaya untuk mendapatkannya.

Dengan memahami dan mengamalkan doa pembuka pintu rezeki, semoga kita semua selalu diberikan rezeki yang halal dan berlimpah oleh Allah SWT. Aamiin.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.

Write A Comment