Zona Syariah, Portal Berita Islami – Saat kita berbicara tentang aib atau kekurangan yang kita miliki, salah satu hal yang sering kita lakukan adalah berdoa agar Allah menutupi aib tersebut. Artikel ini membahas doa khusus untuk memohon perlindungan Allah agar aib kita tidak diketahui orang lain. Baca doa ini agar allah selalu melindungi aib kita.

Apa itu Aib dalam Perspektif Islam?

Aib dalam Islam merujuk pada kekurangan atau keburukan yang dimiliki seseorang, baik itu dari segi fisik, akhlak, maupun perbuatan. Tujuan dari mengenal aib adalah agar kita senantiasa berusaha memperbaikinya dan memohon kepada Allah agar aib tersebut tidak terbongkar di hadapan orang lain.

Mengapa Penting Menjaga dan Menutupi Aib?

Menjaga dan menutupi aib bukan berarti menyembunyikannya dan lalu melupakannya. Namun, hal ini lebih kepada menjaga martabat dan harga diri seseorang. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Barangsiapa yang menutupi (aib) seorang muslim, niscaya Allah akan menutup aibnya di dunia dan di akhirat.”

Bagaimana Cara Allah Menutupi Aib Orang Beriman?

Allah memiliki cara-Nya sendiri dalam menutupi aib hamba-Nya. Kita sebagai hamba hanya perlu berusaha memperbaiki diri dan memohon kepada-Nya. Dengan niat yang tulus dan usaha yang maksimal, insya Allah, aib kita akan tetap terjaga.

Baca Juga:   Doa Agar Punya Anak Perempuan Cantik Dan Sholehah!

Apa Saja Keburukan Mengungkap Aib Orang Lain?

Mengungkap aib orang lain bukan hanya menyakiti orang tersebut tetapi juga dapat menyeret pelakunya ke dalam dosa. Sesungguhnya mengungkap aib saudaranya adalah seperti memakan bangkai saudaranya, hal ini tentu sangat dilarang dalam Islam.

Bacaan Doa Agar Allah Menutupi Aib Kita Lengkap dengan Tulisan Arab & Latin

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِينِي، وَدُنْيَايَ، وَأَهْلِي، وَمَالِي، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي، وَآمِنْ رَوْعَاتِي، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِي، وَعَنْ يَمِينِي، وَعَنْ شِمَالِي، وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

Latin: Allahumma inni as’alukal afiyah fid dunya wal akhirah, allahumma inni as ‘alukal afwa wal ‘afiyah fi dini wa dunyaya wa ahli wa mali. Allahummastur ‘aurati wa amin rau‘ati Allahummahfadhni min baini yadayya wa min khalfi wa ‘an yamini wa ‘an syimali wa min fawqi. Wa a’udzu bi ‘adhamatika an ughtala min tahti.

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada mu keselamatan dunia dan akhirat. yaa allah aku memohon ampunan dan keselamatan agama, dunia, keluarga, dan hartaku. Tutupilah segala kekuaranganku, tenangkanlah hatiku,  yaa allah jagalah depan, belakang, kanan, kiri, dan atasku. Aku berlindung pada-Mu dari musibah yang tak terduga.”

Bagaimana Doa Ini Dapat Membantu Kita?

Dengan membaca doa ini, kita memohon perlindungan Allah dari segala macam keburukan yang dapat menimpa kita, termasuk terbongkarnya aib kita. Selain itu, doa ini juga merupakan bentuk tawakkal kita kepada Allah, menyerahkan segala urusan kita kepada-Nya.

Doa Lain yang Diajarkan Rasulullah

Dalam usaha memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah, sangatlah penting bagi kita untuk merutinkan membaca doa-doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam. Salah satu doa yang sangat bermanfaat adalah doa untuk kebaikan dan taubat.

Baca Juga:   Doa Diberi Keteguhan Iman: Arab, Latin & Artinya

Allahummas-tur ‘Awrootii. Artinya: Yaa Allah, tutuplah aib-aibku dan berikanlah aku kebaikan dalam segala hal. (HR Ibnu Majah 3871 dan Ibnu Hibban 957). Dalam redaksi yang panjang, berikut doanya diriwayatkan dari Abdullah bin Umar yang mendengar bahwa Rasulullah selalu membaca doa ini pagi dan sore. Dengan mengucapkan doa ini, kita berharap agar Allah senantiasa meridhai dan memberikan kebaikan pada diri kita serta menerima taubat kita.

Doa Menjaga Perkataan

اللهم اسألك كلمة الحق في الغضب والرضىا

Latin: Allahumma as’aluka kalimatal haq fi ghadab wa ridla.

Artinya: “Yaa Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu perkataan yang benar pada saat marah dan ridha.”

Pentingnya Membaca Doa Ini Secara Rutin

Membaca doa ini setiap pagi dan sore akan memberikan perlindungan ekstra bagi kita. Selain itu, dengan rutin membacanya, kita juga akan selalu mengingat Allah dan berharap agar Dia melindungi kita.

Menjaga Aib Saudara Sebagaimana Menjaga Aib Diri Sendiri

Sebagaimana kita tidak ingin aib kita diketahui banyak orang, kita juga harus menjaga aib saudara kita. Dengan cara ini, insya Allah, Allah juga akan menjaga aib kita.

Kesimpulan: Keutamaan Doa dan Perlindungan Allah

  • Doa adalah senjata bagi orang-orang yang beriman.
  • Allah selalu mendengar doa hamba-Nya.
  • Membaca doa secara rutin dapat meningkatkan keimanan kita.
  • Allah adalah pelindung terbaik bagi hamba-Nya.
  • Menjaga aib adalah salah satu bentuk keimanan.

Semoga kita selalu diberi kekuatan untuk menjaga diri menutup aib kita dari segala macam keburukan. Amin.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.

Write A Comment