ZonaSyariah – Memberikan ASI secara eksklusif kepada sang anak memberi banyak manfaat, baik untuk anak maupun ibu. Si kecil dapat memeroleh nutrisi yang tinggi sejak usia 0 hingga 2 tahun, bahkan terdapat beberapa nutrisi yang hanya ada pada ASI. Salah satu contohnya adalah kandungan yang ada di ASI yang keluar di hari pertama kelahirannya. 

Mengapa Doa Menyapih Anak Penting?

Doa menyapih anak adalah salah satu doa yang dibaca saat proses menyapih anak dari ASI ke makanan padat. Proses menyapih ini penting bagi tumbuh kembang anak, namun seringkali anak menjadi rewel dan manja saat disapih. Untuk itu, ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, sebagaimana dijelaskan dalam surat at-Takwir ayat 20. Melafalkan doa ini tidak sulit, namun membutuhkan kesabaran dan tekad untuk menyapih sang buah hati.

Proses Menyapih Anak: Tips dan Trik

anak mungkin akan sulit lepas dari asi, tapi kita harus coba menyapihnya. Proses menyapih anak bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu tips menyapih anak yang mudah adalah dengan memperkenalkan makanan padat yang disukai anak, seperti buah dan sayur. Selain itu, orang tua harus memiliki kesabaran dan konsistensi dalam usaha menyapih. Berikut adalah beberapa tips menyapih anak yang bisa membantu orang tua dalam proses penyapihan:

  1. Memperkenalkan makanan padat secara bertahap
  2. Mengurangi frekuensi menyusu
  3. Mengganti ASI dengan susu formula atau air putih
  4. Memberikan dukungan dan perhatian ekstra pada si bayi
  5. Melafalkan doa menyapih anak secara rutin
Baca Juga:   Doa Untuk Melupakan Seseorang Dengan Mudah

Bacaan Doa Menyapih Anak: Arab, Latin, dan Artinya

Berikut adalah bacaan doa nyapih anak dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya:

وَالْوَالِدٰتُ يُرْضِعْنَ اَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ اَرَادَ اَنْ يُّتِمَّ الرَّضَاعَةَ ۗ وَعَلَى الْمَوْلُوْدِ لَهٗ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوْفِۗ لَا تُكَلَّفُ نَفْسٌ اِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَا تُضَاۤرَّ وَالِدَةٌ ۢبِوَلَدِهَا وَلَا مَوْلُوْدٌ لَّهٗ بِوَلَدِهٖ وَعَلَى الْوَارِثِ مِثْلُ ذٰلِكَ ۚ فَاِنْ اَرَادَا فِصَالًا عَنْ تَرَاضٍ مِّنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا ۗوَاِنْ اَرَدْتُّمْ اَنْ تَسْتَرْضِعُوْٓا اَوْلَادَكُمْ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ اِذَا سَلَّمْتُمْ مَّآ اٰتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوْفِۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

Bacaan Latin: Wal-wālidātu yurḍi’na aulādahunna ḥaulaini kāmilaini liman arāda ay yutimmar-raḍā’ah, wa ‘alal-maulụdi lahụ rizquhunna wa kiswatuhunna bil-ma’rụf, lā tukallafu nafsun illā wus’ahā, lā tuḍārra wālidatum biwaladihā wa lā maulụdul lahụ biwaladihī wa ‘alal-wāriṡi miṡlu żālik, fa in arādā fiṣālan ‘an tarāḍim min-humā wa tasyāwurin fa lā junāḥa ‘alaihimā, wa in arattum an tastarḍi’ū aulādakum fa lā junāḥa ‘alaikum iżā sallamtum mā ātaitum bil-ma’rụf, wattaqullāha wa’lamū annallāha bimā ta’malụna baṣīr

Artinya:

“Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna. Dan kewajiban ayah menanggung nafkah dan pakaian mereka dengan cara yang patut. Seseorang tidak dibebani lebih dari kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita karena anaknya dan jangan pula seorang ayah (menderita) karena anaknya. Ahli waris pun (berkewajiban) seperti itu pula. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum 2 tahun) dengan persetujuan dan permusyawaratan antara keduanya, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin menyusukan anakmu kepada orang lain, maka tidak ada dosa bagimu memberikan pembayaran dengan cara yang patut. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”

Baca Juga:   Doa agar Mantan Minta Balikan dalam 1 Hari

Keutamaan dan Manfaat Membaca Doa Menyapih Anak

Membaca doa menyapih anak memiliki beberapa keutamaan dan manfaat bagi anak dan orang tua. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari membaca doa menyapih anak:

  1. Membantu anak agar tidak rewel dan mudah beradaptasi dengan makanan baru
  2. Mendekatkan hati anak kepada Allah SWT, sehingga anak menjadi lebih taat dan patuh
  3. Memberikan keberkahan dan perlindungan kepada anak dan orang tua
  4. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan orang tua dalam menjalani proses penyapihan
  5. Memohon pertolongan kepada Allah SWT agar proses menyapih berjalan lancar dan berhasil
  6. Melatih kesabaran dan ketekunan orang tua dalam menghadapi proses menyapih

Tips Agar Anak Tidak Rewel Saat Disapih

Anak yang rewel saat disapih adalah hal yang wajar. Namun, orang tua bisa mencoba beberapa tips berikut untuk membantu anak agar tidak rewel saat proses menyapih:

  1. Perkenalkan makanan padat yang disukai anak secara perlahan dan rutin
  2. Ajak anak bermain dan menghabiskan waktu bersama agar lebih terikat emosional
  3. Berikan dukungan dan perhatian lebih kepada anak agar merasa aman dan nyaman
  4. Jangan terburu-buru dalam menyapih si anak, lakukan secara bertahap dan sesuai dengan usia anak
  5. Berdoa secara rutin agar Allah SWT melancarkan proses menyapih

Kesimpulan

Doa ini merupakan doa yang penting untuk dibaca saat proses menyapih anak dari ASI ke makanan padat. Doa ini memiliki manfaat yang besar dalam membantu anak agar tidak rewel dan mudah beradaptasi dengan makanan baru, serta mendekatkan hati anak dan orang tua kepada Allah SWT. Selain itu, orang tua juga perlu melakukan beberapa tips agar proses menyapih berjalan lancar dan anak tidak rewel, seperti memperkenalkan makanan padat yang disukai anak secara perlahan, memberikan dukungan dan perhatian lebih, serta melafalkan doa menyapih anak secara rutin.

Baca Juga:   Doa agar Pacar makin Sayang dan Takut Kehilangan

Ingatlah bahwa kesabaran dan ketekunan orang tua sangat penting dalam menjalani proses menyapih. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga, serta membantu Anda dalam menjalani proses penyapihan yang lancar dan berhasil.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.