ZonaSyariah – Tentu sudah tidak asing dengan tahlil bukan? Hal tersebut dikarenakan tahlil menjadi salah satu tradisi dari umat Islam dalam memanjatkan doa dengan massa yang cukup banyak. Tidak hanya itu, tahlil juga biasanya menjadi salah satu cara untuk mengirimkan doa kepada orang yang telah tiada. Anda dapat melakukan tahlil dengan urutan yang tepat dengan bacaan surat Yasin dan doa sebelum baca surat Yasin yang sering kali terlewatkan. Yuk intip ulasannya di sini!

Urutan Tahlil yang Kamu Wajib Tahu

1. Al-Fatihah

Sebelum membaca al fatihah, biasanya pelafalan pengantar al fatihah yang memiliki arti cukup dalam. Doa ini ditujukan kepada Allah SWT yang memohon segala ampunan untuk pendahulu. Tidak hanya itu, di awal pun menyebutkan untuk Rasul yang terhormat dan para saudaranya serta seluruh muslimin, muslimat, mukminin, dan mukminat di bumi ini. Bahkan untuk para ahli kubur yang menjadi alasan kuat mereka berada dan berkumpul di tempat ini.

Kemudian dilanjutkan dengan bacaan Al-Fatihah yang berisi memohon perlindungan dari setan yang ada di bumi. Tidak hanya itu, seorang manusia pun hanya dapat memohon kepada Allah SWT untuk mohon petunjuk dan pertolongan dalam menjalankan hidup. Petunjuk yang anda harap tentu dapat menuntun ke arah yang lurus, jalan orang yang diberi nikmat, dan bukan jalan yang sesat. Setelah itu, dapat dilanjutkan dengan doa sebelum baca yasin.

2. Doa Tawasul

Doa ini berbunyi Ilana hadrotin nabiyyil mushthofaa. Muhammadin shollallohu ‘alaihi wa sallam. Wa aalihi wa azwaajihii wa aulaadihii wa dzurriyaatih. Wa ilaa arwaahi sayiidinaa abii bakriw wa ‘umar. Wa ‘utsmaana wa ‘ali. Wa alaa baqiyyatish shohaabati ajma’iin. Tsumma liana hadh roti ikhwaanihi minal ambiyaa I wal mursaliin. Wal auliyaa I sawy syuhadaa I wash sholihiin. Wash shohaabati wattaabi’iin wal ‘ulamaa I wal mushonnifiin. Wa jamii’iil malaa ikatil muqorrobiin.

Khushuushin sayyidina syaihkh ‘abadil qoodiri jailaani rodiyallohu ‘anhu tsumma liana jamii’I ahlul qubuur. Minal musliina wal muslimaat. Wal mu miniina wal mu minaat. Min masyaariqil ardhi ilaa maghrooribihaa. Bariihaa wa bahrihaa. Khushuushon abaa anaa wa ummahaatinaa. Wa ajdaadanaa wa jaddaatinaa. Wa hasyaa yikhanaa wa masyayikha masyaa yikhinaa. Wa limanjijtama’naahahuunaa hisababih. Wa khushuushon ilaa ruuhi, lahumul faatihah.

Doa sebelum baca yasin ini diselingi dengan Al-Fatihah di beberapa bagian. Doa ini sering kali dilewatkan dan hanya digantikan dengan membaca surat pengantar al fatihah dan al fatihah. Akan tetapi, menjadi lebih sempurna jika membawa doa Tawasul terlebih dahulu sebelum membaca Surat Yasin. Bacaan ini memang cukup panjang, sehingga anda dapat mencatatnya terlebih dahulu atau membaca sekilas agar saat tahlil tidak terbata bata di hadapan banyak orang.

Baca Juga:   Doa setelah Sholat Tahajud agar Cepat di Kabulkan oleh Allah Swt

3. Susunan Tahlil Setelahnya

Setelah membaca doa tawasul, anda dapat melanjutkan dengan membaca surat yasin. Lalu anda dapat membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 3 kali, Al-Falaq, dan An-Naas. Di antara tiga surat itu dapat diselingi tahlil dan takbir, lalu dilanjut dengan awal surat al baqarah sebanyak 4 ayat dan Al-Baqarah ayat 163. Tahap selanjutnya, anda dapat membaca ayat kursi yang ada di Al-Baqarah dan istighfar 3 kali untuk menutup tahapan setelah doa sebelum baca Yasin.

Sebelum membaca surat yasin, biasanya didahului dengan Al-Fatihah. Padahal terdapat bacaan yang dapat melengkapi prosesi atau susunan tahlil, yaitu doa tawasul. Tidak hanya yang tahu tentang bacaan ini, bahkan cenderung banyak yang melewatkannya. Akan tetapi, keutamaan dari doa ini cukup banyak karena mampu menyempurnakan salah satu tradisi umat muslim yang bertujuan untuk mendoakan orang orang terdahulu.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.