Zona Syariah, Portal Berita Islami – Memancing menjadi hobi yang paling menyenangkan sekaligus menguji kesabaran bagi para pemancing. Berbagai cara dan teknik pun dilakukan untuk bisa memperoleh ikan hasil pancingan yang banyak, termasuk salah satunya adalah doa khusus yakni doa Nabi Sulaiman untuk memancing ikan.

Doa Nabi Sulaiman untuk Memancing Ikan

Sebenarnya doa ini dilafadzkan oleh Nabi Sulaiman untuk meminta kekayaan kepada Allah SWT, namun jika dilihat dari konteksnya, doa ini juga masih relevan jika dijadikan sebagai doa untuk mancing ikan dengan tujuan untuk memberikan nafkah kepada keluarga.

Doa Nabi Sulaiman untuk memancing ikan ini pemancing membaca Al-Qur’an Surat Sad ayat ke 35, berikut isi doanya:

قَالَ رَبِّ ٱغْفِرْ لِى وَهَبْ لِى مُلْكًا لَّا يَنۢبَغِى لِأَحَدٍ مِّنۢ بَعْدِىٓ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ

Qāla rabbigfir lī wa hab lī mulkal lā yambagī li`aḥadim mim ba’dī, innaka antal-wahhāb
Artinya: Ia berkata: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi”. (QS. Sad: 35)

Doa ini diucapkan sebagai bentuk kepasrahan kepada Allah SWT sebagai pemberi rezeki yang halal dan berkah untuk diberikan kepada keluarga dengan usaha.

Doa Memancing Ikan dalam Al-Qur’an

Kitab suci Al-Qur’an memang tidak mengatur secara khusus perihal berdoa yang diucapkan untuk memancing ikan, hanya saja manusia sebagai hamba Allah berupaya ikhtiar dengan mengharap keridhaan Allah SWT saat hendak memancing ikan dan balik lagi semua itu adalah kehendak Allah SWT yang memiliki kekayaan berlimpah.

Baca Juga:   Arti Al-Malik: Dalil, Makna, Keutamaan, dan Cara Mengamalkannya

Doa memancing ikan dalam Al-Qur’an sendiri diambil dari Surat Al-Fathir ayat 2 dan 3. Dan, tidak hanya digunakan untuk memancing ikan saja tapi juga saat memiliki kebutuhan yang sangat mendesak dengan mengharap kepada Allah dan tentunya diiringi juga dengan baiknya tingkat keimanan masing-masing.

مَّا يَفْتَحِ ٱللَّهُ لِلنَّاسِ مِن رَّحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا ۖ وَمَا يُمْسِكْ فَلَا مُرْسِلَ لَهُۥ مِنۢ بَعْدِهِۦ ۚ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ
Mā yaftaḥillāhu lin-nāsi mir raḥmatin fa lā mumsika lahā, wa mā yumsik fa lā mursila lahụ mim ba’dih, wa huwal-‘azīzul-ḥakīm
Artinya, “Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorangpun yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan oleh Allah maka tidak seorangpun yang sanggup melepaskannya sesudah itu. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Fatir: 2)

Doa Melempar Kail Pancing

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱذْكُرُوا۟ نِعْمَتَ ٱللَّهِ عَلَيْكُمْ ۚ هَلْ مِنْ خَٰلِقٍ غَيْرُ ٱللَّهِ يَرْزُقُكُم مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ فَأَنَّىٰ تُؤْفَكُونَيٰ
Yā ayyuhan-nāsużkurụ ni’matallāhi ‘alaikum, hal min khāliqin gairullāhi yarzuqukum minas-samā`i wal-arḍ, lā ilāha illā huwa fa annā tu`fakụn
Artinya, “Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepada kamu dari langit dan bumi? Tidak ada Tuhan selain Dia; maka mengapakah kamu berpaling (dari ketauhidan)?” (QS. Fatir: 3)

Doa Mencari Rizki yang Mudah dan Berkah

Sesungguhnya Allah sangat mencintai dan memudahkan hamba-Nya yang terus berusaha mencari rizki dengan cara yang halal dan berkah untuk menafkahi keluarganya. Sesuai dengan istilah carilah rizki sebanyak-banyaknya seolah-olah engkau akan hidup selama-lamanya, dan beribadahlah dengan khusyu’ seolah-olah engkau akan meninggalkan dunia esok hari.

Baca Juga:   Doa Tabah Menghadapi Lawan: Arab, Latin & Artinya

Makna ini lebih ditujukan kepada muslim untuk tak semata-mata mencari kenikmatan dunia yang tak ada habisnya tetapi mencari rizki di dunia untuk kepentingan ibadah kepada Allah SWT dengan membelanjakan rizkinya ke jalan yang benar seperti sedekah maupun menyantuni anak yatim yang lebih bermanfaat dan memperoleh pahala.

Berikut beberapa doa untuk memudahkan menjemput rizki yang berkah dan halal:

Doa Agar Diluaskan Rizkinya

Doa ini tujuannya agar dibukakan pintu rizki dari berbagai pintu rizki atau delapan pintu rizki yang Allah sediakan kepada umatnya, melalui cara atau jalan yang halal sehingga layak untuk diberikan sebagai nafkah bagi keluarga sehingga menghasilkan anak-anak yang saleh, taat ibadah serta berbakti kepada orang tua.

“Allaahumma innii as’aluka an tarzuqanii rizqan waasi’an thayyiban min ghairi ta’abin, innaka a’laa kulli sya’in qadiirun, wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihi washahbihi wasallam”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk berkenan memberiku rezeki yang luas serta baik, tanpa payah. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu. Semoga Allah bersholawat dan bersalam kepada tuan kami, Nabi Muhammad, keluarga serta sahabatnya.”

Doa Agar Mendapat Rizki yang Halal

Doa ini bertujuan agar selalu mendapatkan atau memperoleh rizki dari jalan atau cara yang halal serta memohon kepada Sang Pemberi Rizki untuk hanya memberi dan membukakan pintu rizki yang diridhai oleh Allah SWT.

Allaahumma yaa ghaniyyu yaa hamiidu yaa mubdi’u yaa mu’iidu yaa fa’aalun limaa yuriidu, yaa rahiimu yaa waduudu, aghninii bi halaaika ‘an haraamika wa bithaa’atika ‘an ma’shiyatika wa bi fadhlika ‘amman siwaaka

Artinya: “Ya Allah, wahai Yang Maha Kaya, wahai Yang Maha Terpuji, wahai Yang Memulai, wahai Yang Mengembalikan, wahai Yang membuat segala yang dikehendaki, wahai Pemberi rahmat, wahai Yang Maha Penyayang, wahai Yang Maha Pengasih. Mudah-mudahan Engkau berkenan mencukupiku dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu, dengan taat kepada-Mu dari maksiat kepada-Mu, dan dengan anugerah-Mu dari orang-orang yang selain Engkau.”

Baca Juga:   Doa Keselamatan Keluarga dari Marabahaya Disini

Doa Agar Diberi Kekayaan yang Melimpah

Doa ini tidak untuk menjadikan Hamba-Nya menjadi tamak atau serakah, tapi lebih kepada untuk memberikan nafkah yang halal termasuk memberikan sedekah serta berbagi kepada sesama muslim lainnya yang lebih membutuhkan agar terus diberikan kelapangan dan rizki yang melimpah oleh Allah SWT. Ingatlah kekayaan yang melimpah bukan untuk membuat hamba-Nya lupa untuk selalu beribadah menjalankan perintah Allah serta menjauhi larangan-Nya.

اللَّهُمَّ إنِّي أسْألُكَ الهُدَى ، والتُّقَى ، والعَفَافَ ، والغِنَى

Allaahumma innii as’alukal-hudaa wat-tuqaa wal-‘afaafa wal-ghinaa

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu hidayah, ketakwaan, kesucian, dan kekayaan.”

Doa-doa ini idealnya dilafadzkan seusai shalat fardhu dengan niat yang tulus dan bersungguh-sungguh untuk mengharapkan rizki yang berkah dan diridhai oleh Allah hingga halal untuk diberikan kepada keluarga sebagai nafkah lahir. Jangan lupa diamalkan ya

Jangan lupa untuk LIKE kita di FacebookFollow Instagram Zona Syariah. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video ceramah menarik dari kita, jangan lupa Subscribe YouTube Channel Zona Syariah

 

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.

Write A Comment