Zona Syariah – Sholat Idul Fitiri hukumnya sunnah muakkad dan dilakukan secara berjamaah. Pelaksanaan sholat merupakan bentuk dari perayaan kemenangan, setelah satu bulan menahan hawa nafsu. Tata cara sholatnya pun hampir serupa dengan sholat biasanya, hanya berbeda pada jumlah takbir. Di dalam setiap bacaannya ada makna doa sholat Idul Fitri, yang intinya memohon ampunan kepada Allah SWT. Ingin tahu apa saja artinya? Simak ulasannya disini.

Anjuran Sholat Idul Fitri dalam Islam

Umat Muslim mendapat kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan selama satu bulan penuh. Selanjutnya umat Muslim merayakan kemenangannya dengan Hari Raya Idul Fitri, diawali sholat Idul Fitri. Ibadah pada 1 Syawal ini mempunyai keistimewaan yang dianjurkan oleh Rasullah SAW. Meskipun hukum pelaksanaannya sunnah muakkad tetapi setara dengan hukum wajib. Sehingga diperintahkan untuk kaum laki-laki dan perempuan untuk mengerjakannya.

Allah menjanjikan limpahan nikmat dan ampunan bagi mereka, yang menjalankan sholat Idul Fitri. Allah telah memerintahkan dalam firmanNya,

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah”(QS. Al-Kautsar 1-2).

Bahkan dalam bacaannya terselip doa sholat Idul Fitri yang maknanya sangat dahsyat. Terkait keberuntungan jika melaksanakan sholat Idul Fitri sesuai dengan anjuranNya.

Allah telah membahas dalam Al-Quran tentang keberuntungan seorang hamba, karena mendirikan sholat sesuai perintahNya. Allah berfirman, “Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri. Dan dia ingat nama Tuhannya, lalu dia shalat” (QS. Al-A’la 14-15).

Terbukti bahwa sholat Idul Fitri membawa hadiah bagi yang melaksanakannya. Diantaranya berupa diterimanya segala pengampunan, dan menggugurkan dosa.

Makna Bacaan dalam Sholat Idul Fitri

Setiap bacaan sholat selalu mengandung doa yang mengagungkan asma Allah. Dia sebagai Dzat paling tinggi yang wajib dipuja, dan memohon ampunanNya. Terlihat dari tata cara pelaksanaan sholat yang mengucapkan takbir, sebanyak 7 kali sambil melafalkan doa sholat Idul Fitri.

Baca Juga:   Doa Supaya Pacar Tambah Sayang Sama Kita

“Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar” yang artinya “Maha Suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku”.

Sholat Idul Fitri memang dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah, karena akan mendapatkan pahala yang lebih besar. Hal ini disampaikan dalam surah Al-Baqarah ayat 43 yang menganjurkan sholat berjamaah, “Wa aqiimus-salaata wa aatuz-zakaata warka’u ma’ar raaki’iin”. Surah tersebut memiliki arti “Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang rukuk”.

Dalam pelaksanaannya sholat Idul Fitri dikerjakandua rakaat, dengan 7 takbir pertama dan 5 takbir kedua. Hal ini dijelaskan dalam kitab Majmu’ Juz 5 halaman 15, yang menerangkan tentang jumlah rakaat sholat Id. Terdapat doa sholat Idul Fitri dalam rangka menyambut diri yang kembali fitrah. Sebagaimana yang di jelaskan dalam dua hadits yang sama-sama menyambut kedatangan Hari Raya Idul Fitri.

Berikanlah doa baik untuk orang-orang yang mengucapkan Idul Fitri, yang bisa diambil dari qaul ulama shahih. Bacaannya mengandung arti “Semog Allah menerima amal kita semua dan semoga Allah menjadikan kita orang-orang kembali suci dan bahagia. Semoga setiap tahun kamu dalam kebaikan”.

Sholat Idul Fitri mempunyai sifat hukum sunnah muakkad, yang diajurkan untuk dilaksanakan. Hal ini karena pahala sholat Idul Fitri begitu besar, dan terbuka semua pintu maaf. Dalam setiap bacaan sholatnya terselip beragam doa baik, untuk memohon ampunan bagi umat Muslim. Ada tali silaturahmi yang kuat sebagai pemeluk agama Islam, dengan saling mendoakan perkataan baik.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.