Zona Syariah – Aqiqah adalah salah satu bentuk ibadah yang secara hukum ditolak. Dalam bahasa aqiqah berarti memotong, sedangkan dalam istilah aqiqah berarti menyembelih kambing atau domba untuk anak yang baru lahir. Pengabdian ini dilakukan sebagai sarana syukur kepada Allah SWT atas berbagai kebahagiaan sekaligus keberkahan yang melimpah.

Anak adalah anugerah terbesar dalam hidup, oleh karena itu orang tua hendaknya menunjukkan rasa syukurnya. Salah satu bentuk syukur adalah Melalui Aqiqah. Menurut hadits, aqiqah dilakukan pada hari ketujuh kelahiran bayi.

Aqiqah bukanlah ibadah yang bisa dilakukan sembarangan, karena ada syarat dan rukun aqiqah yang harus dipenuhi. Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat prosesi aqiqah adalah salat. Pada dasarnya doa adalah harapan, permohonan kepada Tuhan agar diberkati dengan hidup dan diberi kebaikan yang melimpah.

Bacaan Doa Aqiqah Dan Artinya

Kami akan merangkum contoh shalat aqiqah mulai dari menyembelih hewan, mencukur rambut bayi hingga proses penamaan sebagai berikut.

Doa Penyembelihan Hewan Aqiqah

 بِسْمِ اللَّهِ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ إِنَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ

bismillah wallah ‘akbar [alilah mink wa’anata] allahum khudhha miniy fihadhih mushkilatun.

Doa di atas ketika menyembelih hewan aqiqah memiliki arti: “Dengan menyebut nama Allah SWT, ya Allah dari Engkau dan untuk Engkau | Ya Allah terimalah dari saya inilah aqiqah (menyebut nama diaqiqahi)

Doa Mencukur Rambut Bayi Saat Aqiqah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ  أَللهم نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَنُوْرُالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ اللهم سِرُّ اللهِ نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Baca Juga:   Doa Jalaludin Rumi Untuk Bumi Pertiwi


Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillhi robbil ‘alamin. Allahumma nurus samawati wa nurusy syamsyi wal qamari. Allahumma sirrullahi nurun nubuwwati rosulullahi shollallahu ‘alaihi wa sallama wal hamdu lillahi robbil ‘alamina.

Artinya: Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasululullah Saw, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Baca Juga:Doa Ketika Mencukur Rambut Bayi dan Meniup Ubun-ubunnya

Doa Untuk Perlindungan Bayi

Sholat untuk perlindungan anak merupakan kebiasaan yang telah dilakukan oleh orang-orang shalih sebelumnya sebelum Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam. Allah ta’ala menceritakan tentang istri Imran (ibu Maryam) yang berdoa untuk perlindungan anaknya, Allah ta’ala berkata:

Ketika istri Imran yang telah melahirkan anaknya, dia pun berkata: ” Ya Tuhanku, sebenarnya aku melahirkannya seorang putri, dan Allah lebih tahu dengan apa dia dilahirkan; dan anak laki-laki tidak seperti anak perempuan. Sungguh, aku telah menamakan Dia Maryam dan aku memohon perlindungan baginya dan keturunannya untuk (merawat) Engkau dari setan terkutuk itu. ”(QS Ali Imran: 36).

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Seputar Doa Aqiqah Disini

Selamat Atas Kelahiran Bayinya

Kelahiran seorang bayi merupakan momen yang sangat membahagiakan bagi kedua orang tuanya. Oleh karena itu, ulama salaf seperti Hasan al-Basri mendoakan orang tua bayi tersebut dan mengucapkan selamat atas kelahiran bayi tersebut sebagai berikut.  ‘’Semoga Allah memberkati kamu karena telah memberikan kepadamu, kamu layak disyukuri, (semoga) anakmu cepat dewasa dan kamu akan diberikan rezeki berupa pengabdiannya kepadamu”.

Baca Juga: Doa Untuk Kelahiran Anak

Memahami Walimah Aqiqah

Seperti dalam hadits dalam kitab Bulughul Marram no 1074 yang menyebutkan dari Shofiyah Binti Syaybah yang mengatakan bahwa Nabi mengadakan perjamuan untuk salah satu istrinya (perjamuan kawin) dengan dua lumpur ayat. Sedangkan arti lengkap dari walimatul aqiqah adalah menyembelih kambing, memotong rambut bayi dan memberi nama. Yang dilanjutkan dengan menjamu tamu yang hadir.

Baca Juga:   Doa Untuk Bayi yang Meninggal

Dalam acara atau yang biasa disebut walimahan, doa yang dibacakan memang agak panjang. Aqiqah dimaksudkan untuk menjauhkan anak dari setan yang ingin mencelakakannya. Untuk itulah, doa aqiqah walimah berikut berisi puji-pujian bagi Allah dan Rasul-Nya serta doa untuk perlindungan. Demikianlah ulasan tentang doa walimatul aqiqah semoga bermanfaat.

 

Jangan lupa untuk LIKE kita di FacebookFollow Instagram ZonaSyarih.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel ZonaSyarih.com

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.