ZonaSyariah – Pada saat orang muslim ada yang sakit atau meninggal baik itu laki laki maupun perempuan, maka sebagai saudara muslim hendaknya berbicara yang baik dan mendoakannya. Dimana anjuran tersebut sesuai dengan hadis shahih yang tercantum dalam kitab Al Adzka An Nawawi. Namun perlu diketahui bahwa bacaan doa untuk orang meninggal perempuan dan laki laki sedikit berbeda. Yuk ketahui bacaan doa tersebut disini.

Doa Kepada Orang Sakit atau Meninggal

Dalam sebuah hadis dari Ummu Salamah r.a., ia berkata bahwa Rasullullah SAW bersabda “Ketika kalian menyaksikan orang sakit atau meninggal maka berkatalah dengan baik. Sesungguhnya malaikat mengamini terhadap apa yang kalian katakan.” (HR Muslim) Dimana bunyi doa tersebut, “Allahummagfirli wa la hu (ha) wa’qibni min hu (ha) ‘uqbaa hasanah” yang artinya “Ya Allah, ampuni diriku dan dia dan berikan kepadaku darinya pengganti yang baik.”

Perlu diketahui bahwa dalam membaca doa tersebut perlu disesuaikan dengan dhamir atau kata ganti orang. Pada saat orang tersebut adalah laki laki maka dibaca “wa la hu”, sedangkan jika orang tersebut adalah perempuan maka dibaca “wa la ha”. Dikisahkan doa tersebut bersumber dari cerita Ummu Salamah ketika mengadu kepada Rasulullah SAW saat mengetahui bahwa Abu Salamah wafat.

Doa Kepada Orang Sakit atau Meninggal Perempuan

Selain doa singkat yang bersumber dari hadis yang sudah dijelaskan sebelumnya, masih ada doa untuk orang meninggal perempuan maupun laki laki yang juga bersumber dari hadits. Doa tersebut juga tidak kalah populer dan sudah banyak dibaca oleh umat muslim. Dimana doa satu ini sudah disesuaikan dengan dhamir atau kata ganti untuk laki laki atau perempuan. Doa orang sakit atau meninggal perempuan berbunyi:

Baca Juga:   Doa Agar Anak Mau Minum Susu Formula dan Tips Membujuknya, Bunda Harus Tahu!

Allahhummagfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha akrim nuzula ha wa wassi’madkhola ha waghsil ha bil maa i wats tsalji wal barodi wa naqqi ha nimal khotooyaa kamaa yunaqoots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoiji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.”

Dimana doa untuk orang meninggal perempuan tersebut memiliki arti “Ya Allah ampunilah, rahmatilah, bebaskan lah dan lepaskan lah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah jalan masuknya, cuci lah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkan lah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan ganti lah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang di tinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang di tinggalkan pula. Masukkan lah dia ke syurga, lindungi lah dari siksa kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.”

Doa Kepada Orang Sakit atau Meninggal Laki Laki

Jika sebelumnya adalah Bacaan doa untuk orang meninggal perempuan, maka untuk laki laki berbunyi “Allahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaa i wats tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooya kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khorion min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adhhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘aidzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.”

Baca Juga:   Inilah Doa yang di Panjatkan Nabi Yunus ketika didalam Perut Ikan

Yang Artinya “Ya Allah ampunilah, rahmatilah, bebaskan lah dan lepaskan lah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah jalan masuknya, cuci lah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkan lah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan ganti lah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang di tinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang di tinggalkan pula. Masukkan lah dia ke syurga, lindungi lah dari siksa kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.”

Demikian beberapa doa yang dapat dipanjatkan untuk mendoakan orang yang sedang sakit atau meninggal. Ada sedikit perbedaan dalam bacaan doa untuk perempuan atau laki laki, yakni terdapat dalam dlamir atau kata ganti untuk perempuan atau laki laki. Semua bacaan doa dalam ulasan ini berdasarkan pada hadis yang shahih dan sudah sering digunakan oleh umat muslim. Wallahu a’lam bis shawab.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.