Manusia diciptakan tidak ada yang luput dari kesalahan. Namun setidaknya menyadari atas kesalahan yang dilakukannya merupakan sikap terpuji yang tidak dimiliki oleh setiap orang. Anda pun mungkin saat ini sedang merasa bersalah, maka dari itu ada satu doa agar orang melupakan kesalahan kita yang bisa diamalkan.

Dengan begitu orang yang sudah Anda sakiti bisa segera memaafkan semua kesalahan. Doa ini tidak hanya bermanfaat untuk orang lain, namun juga kepada keluarga sendiri yang sekiranya pernah bermasalah dengan kita. Untuk memperjelasnya silahkan simak penjelasan yang ada di bawah ini.

Bagaimana Doa Agar Orang Melupakan Kesalahan Kita? 

Allah SWT maha pembolak balik hati manusia, sekalipun ada orang yang membenci kita jika Tuhan menghendaki orang tersebut melupakan kesalahan kita maka tidak ada yang tidak mungkin. Oleh karenanya setidaknya Anda bisa menghafalkan doa agar orang memaafkan kesalahan kita, meskipun tidak sedang bermasalah dengan orang lain.

Adapun doa tersebut adalah sebagai berikut :

Doa Agar Orang Melupakan Kesalahan Kita

Allahumma Innaka antal azizul kabir. Wa ana abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa haula walaa quwwata illa bika. Allahumma sakhkhir lii (sebutlah nama orang yang dikehendaki) kama sakhorta fir’auna lii muusa. Wa layyin lii qolbahu kamaa layantal hadida li dawuda. Fa innahu laa yantiqu illa bi idznika. Nasyatuhu fii qabdhati. Wa qolbuhu fii yadika. Jalla tsanau waj hika. yaa arhamar raahimiin.”

Doa agar orang melupakan kesalahan kita tersebut mempunyai makna :

“Ya Tuhanku sesungguhnya hanyalah engkau yang maha mulia dan maha besar. Sedangkan aku hanyalah seorang hamba yang hina dina, tidak ada daya kecuali karenamu. Ya Tuhanku tundukkanlah dia ( nama yang disebutkan) kepadaku.

Baca Juga:   Sedang Sakit, Yuk Intip Doa Minta Kesembuhan Untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

Sebagaimana engkau menundukkan raja Firaun kepada nabi Musa As, dan luluhkanlah hatinya untuk hambamu ini, sebagaimana engkau meluluhkan besi untuk nabi Daud As. Karena sesungguhnya dia tidak akan berbicara kecuali lewat izin darimu.

Ubun-ubunnya dalam genggamanmu dan hatinya berada dalam tanganmu. Pujian wajahmu telah agung wahai yang lebih sayang daripada penyayang.

Doa agar orang melupakan kesalahan kita tersebut bisa Anda baca selepas melaksanakan sholat wajib dan dzikir. Amalkan baik-baik dan lakukan secara khusyu agar Allah SWT mengabulkan permohonan kita. Namun perlu Anda ingat bahwa doa tersebut untuk tujuan baik seperti meminta maaf kepada orang yang tidak kunjung mau memaafkan kita, orang yang benci kita, dan hal baik lainnya.

Doa Meluluhkan Hati Seseorang yang Marah

Jangan sampai disalahgunakan untuk hal-hal yang merugikan, seperti pelet ataupun sejenisnya karena Allah SWT pun tidak menyukai seorang hamba yang berlebihan kepada sesama makhluk. Selain doa tersebut ada satu doa lagi yang dapat meluluhkan hati seseorang ketika marah. Berikut ini adalah doanya.

Doa Meluluhkan Hati Seseorang yang Marah

Allahu lathiifun bi’ibaadihi yarzuqu mayyasa.  Wahuwal qowiyyul aziz.

“Ya Tuhan yang maha lembut terhadap semua hambanya,  dia memberikan rezeki terhadap siapa yang dikehendakinya dan dia-lah yang maha kuat lagi kuasa”.

Doa tersebut bisa Anda baca sebanyak 19 kali dengan tulus dan khusuk. Setelah itu tiupkan ke dalam air putih dan berikan kepada orang yang dituju, misalnya anak, keluarga dan lain sebagainya. Insyaallah Allah SWT akan meluluhkan hatinya untuk Anda.

Itulah penjelasan terkait doa agar orang melupakan kesalahan kita beserta arti dan penjelasannya. Setiap doa mempunyai makna dan tujuan tersendiri, jadi Anda harus bisa membedakannya supaya tujuan dapat tercapai dengan baik dan sesuai keinginan.

Mustamin
Author

Jika kamu bertaqwa, Allah akan membimbingmu.